Selasa, 06 November 2012

Ka'do Bo'dong





Ka'do Bo'dong adalah jajanan khas dari daerah Sulawesi Selatan. Semacam kue dadar dari ketan. Rasanya khas legit ketan dan manis dari isian kelapanya. Hubby dan anak anak suka sekali, tapi sayangnya jarang yang menjual. Makanya aku mencoba tuk bikin sendiri. Tapi kue ini betul betul bikin penasaran. Bayangkan...sudah tiga kali bikin gagal terus. Sebenarnya sudah hampir menyerah. Tapi tak disangka-sangka bala bantuan datang, hihi. Aku diperkenalkan dengan adiknya teman yang pintar bikin kue ini namanya Rahmi dari Bone. Sehari hari memang Rahmi jualan kue. Nggak heran jadinya. Segera aku konsultasi, walaupun hanya lewat telepon. Semua pertanyaanku dijawab dengan jelas. Aku jadi tau selama ini aku salahnya di mana. Aku selalu pake ayakan biasa yang notabene terlalu halus. Jadinya adonan susah keluar dan kalaupun keluar lama baru bisa menutupi permukaan teflon. Adonan yang sudah turun duluan keburu mengering sementara aku belum selesai mengayak.
Alhamdulillah setelah ilmunya dipraktekkan berhasil juga. Walaupun tidak secantik punya adik Rahmi. Tuk Rahmi, makasih banyak ilmunya ya. Semoga barokah. Jangan kapok lain kali aku masih mau tanya resep lain lagi ya *hwaaaa ngelunjak deh*

Untuk resep, maaf aku tidak punya takaran yang pas karena yang punya resep juga pake ilmu kira kira. Pokoknya pake feeling saja. Tepung ketan ditambahkan air (yang sudah diberi sedikit garam) dan diaduk hingga berbutir butir. Kalau adonannya kalis seperti adonan klepon artinya adonan kelembekan. Jadi ukurannya, adonan itu teksturnya berbutir kayak pasir kasar tapi berasa lembab di tangan.

Cara bikinnya sebaiknya menggunakan tampah dari bambu dengan lubang lubang agak besar. Atau kalau nggak punya bisa pake tempat nasi yang berlubang lubang. Udah aku coba tapi susah sekali karena butuh waktu lama sampai adonan memenuhi teflon. Akhirnya aku pake aja cetakan cendol. Dan ternyata bisa, walaupun teksturnya lebih kasar karena lubangnya besar. Caranya adonan kasar tadi digosok gosok menggunakan ayak berlubang di atas teflon sampai memenuhi permukaan teflon. Setelah itu supaya tetap lembab bisa diperciki sedikit air. Tutup dan biarkan matang yang ditandai dengan warnanya yang transparan.

Cairan tuk kulitnya bisa menggunakan air putih biasa, tapi supaya cantik dan wangi pandan aku tambahkan air pandan. Tapi perlu diingat pandannya secukupnya saja, kalau kebanyakan adonan akan terasa pahit.




Untuk isian, menggunakan kelapa setengah tua parut. Dikukus dulu lalu panas panas ditambahi gula dan sedikit garam, aduk rata dan rasa apakah manisnya sudah pas atau belum.

Yang di bawah ini versi ketan hitam. Walaupun judulnya ketan hitam tetap harus dicampur dengan ketan putih biar lebih legit dan nggak kering. Teksturnya memang agak beda.





13 komentar:

rima rahman mengatakan...

mbak,,klo' d daerahku jawa barat ini nmnya putu,isinya gula merah,,bedanya putu itu diku2s didlm potongn bmbu,,
patut dicoba nih,,izin ya copas resepnya,,

Hesti HH. mengatakan...

Iya sama mbak, di sini juga ada kue putu yang dikukus namanya putu menangis isinya gula merah. Kalau yang isi kelapa dan dikukus namanya putu cangkir dari campuran ketan dan tepung beras yang diberi air gula merah.

Marsita yahya mengatakan...

Beautiful photo...like it very much.

rima rahman mengatakan...

mbak pake tepung rosebrand bisa g?atau harus bikin sendiri...

mimie mengatakan...

pernah baca kue yang cara bikinnya sama dangan kue ini mb...
di majalah saji mungkin....
namanya bujang selimut....hihihi....lucu ya namanya,...^_^

Hesti HH. mengatakan...

Bener mbak, bujang selimut tapi nggak tau itu dari daerah mana. Apa sumatra kah??

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih Marsita...

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mbak,aku jg pake itu. Dibanding tepung giling yg segar tepung rosebrand butuh lebih banyak air.

Qfah Adza mengatakan...

huaaa....salah satu kesukaanku lagi...
kyknya mw menetap d blog ini sja dech...
oh y lupa, mohon izin tok copas resep2nya y bu... thanks before..^_^

Maria Magdalena mengatakan...

Slam kenal Mbak Hesti. Kalau mau buat kue ini, kira2 takaran bahannya gimana ya ?. Thanks

Hesti HH. mengatakan...

@Qfah : ahahaha bisa aja mbak, silahkan dicopas mbak..

@Maria : salam kenal jg mbak, maaf blm bisa kasih takaran yang pas karena mmng resep ini pake feeling aja. Bahannya kan simple cuman tepung ketan dan garam. garamnya dikit aja mbak kira kira seperempat sdt kalau adonan sedikit. Tapi kue ini termasuk salah satu yang sangat susah pembuatannya...saya aja gak pernah bikin lagi hehehe

Artikel Bermanfaat mengatakan...

mbak apasih kandungan dari ka'do bo'dong, tugas dari guruku, boleh bantu enggak ?..

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya kandungan apa? nilai gizinya kah? kalau kandungannya ya ada di bahan di atas. Tapi kalau kandungan gizinya bisa dicek di internet search tepung ketan putih dan hitam serta kelapa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails