Kamis, 29 November 2012

'Mangge Mada' Gulai jantung Pisang dari Bima






Dalam rangka mengikuti challenge #7 IDFB yang kali ini bertemai gulai nusantara, aku ingin mengangkat kuliner dari daerah Bima. Indonesia memang kaya akan keanekaragaman kuliner, tapi sayang kurangnya blogger dari daerah terutama Indonesia Timur membuat kita pun awam akan beberapa makanan yang unik dari sana. Nah sayur mangga mada ini adalah sayur gulai jantung pisang. Berbeda dengan gulai dari daerah lain yang syarat dengan bumbu bumbu, sayur ini termasuk simpel baik bahan dan pembuatannya. Walau begitu citarasanya unik dan khas. Suka dengan perpaduan santan, kelapa sangrai, jeruk nipis dan belimbing. Segaar..

Bahan :
- 1 buah jantung pisang kepok
- 1/4 butir kelapa sangrai, haluskan
- 3 buah cabe merah keriting, iris iris
- 7 butir bawang merah, iris iris
- 3 buah belimbing sayur, potong melintang
- 250 gr udang kupas, rebus
- 500 ml santan dari 1 butir kelapa
- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
- garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Kupas bagian luar jantung pisang bagian yang berwarna ungu pekat. Potong potong kasar dan masak dalam air mendidih yang ditambah sedikit garam. Biarkan sekitar 7 menit hingga sayur agak layu. Angkat dan saring. perebusan ini untuk menghilangkan getah dan sepet jantung pisang.
  2. Taruh sayur dalam panci, masukkan santan, udang, potongan bawang merah dan cabe keriting, kelapa sangrai halus, belimbing, jeruk nipis dan garam.
  3. Masak di atas api sedang sampai bumbu meresap dan sayur matang sempurna. Cicipi apabila kurang garam. Matikan api dan siap dihidangkan hangat bersama nasi dan lauk.




Sumber : diadaptasi dari blog Dana Mbojo (Kota Bima)

9 komentar:

Erikasari mengatakan...

kalo jantung pisangnya masih bisa dibela-belain cari nih karena di sini banyak pohon pisang, tapi belimbing sayurnya nggak pernah lihaatt ..hikss....

Haya Najma mengatakan...

suka sekali jantung pisang, biasanya dipecak saja :D

rima rahman mengatakan...

resep yang simple banget mbak,,cara masaknya mirip2 sayur lodeh ya,,boleh dicoba nih bwt variasi lain menu sayuran..thanks ya mbak dah bagi2 resep ini :}

Amie mengatakan...

Assalamualaikum Hesti,
Memang tidak dinafikan hidangan dari sebelah Pulau Jawa enak-enak sekali... Amie pernah ke Pulau Jawa tahun lepas, dari Jakarta ke Bandung sampailah ke Yogyakarta...makan Nasi Gudeg di Jalan Malioboro!

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, padahal justru uniknya rasa dari si belimbing ini...kalo gitu bikin gulai biasa aja mbak tp pake jantung pisang. enak juga tuh ^^

Hesti HH. mengatakan...

Kalau pecak diapain mbak? kalau saya justru penasaran sama gulai gedebong pisangnya. Katanya di kalimantan biasa disajikan kalau kawinan, tapi belum nemu resepnya hiks

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak, simpel dan unik rasanya. Semoga suka...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Wah sudah keliling Jawa dong, saya baru ke Malang saja hehe. Ingin juga main ke Jogja dan coba nasi gudegnya,hmmmmm...

Obat Pemutih Ketiak Herbal mengatakan...

makasih resepnya sangat menarik sekaligus desainnya penuh nilai seni.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails