Minggu, 06 November 2011

Sus Cokelat Lapis

Chocolate choux with vanilla custard

Chocolate choux


Chocolate choux

Untuk resep sus ini aku modifikasi dari resep susku yang biasa. Aku ganti sebagian tepung dengan cokelat dan cairannya aku ganti dengan susu cair. Membentuknya aja yang beda-beda. Sebagian aku spuit bintang di loyang kotak secara memanjang dan rapat, nanti setelah dingin aku bagi 3 bagian aku isi vla dan ditumpuk dan setelah dingin dipotong-potong.
Sebagian lagi aku bentuk eclair dan bulat biasa aja.

Bahan kulit:
- 150 gr margarine
- 120 gr tepung terigu protein sedang
- 30 gr cokelat bubuk
- 250 ml susu cair
- 2 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 4 butir telur (5 butir kalau kecil)

Vla Vanila :
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 600 ml air
- 6 sdm gula pasir (atau sesuaikan selera berdasarkan derajat kemanisan)
- 35 gr tepung custard/maizena
- 35 gr tepung terigu
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 2 kuning telur
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm butter

Cara membuat:
  1. Masak susu cair, margarine, gula dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Masukkan terigu dan aduk cepat hingga kalis. Matikan api. Dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok sampai rata.
  3. Masukkan dalam kantong segitiga, gunting ujungnya sekitar 1 1/2 cm lalu semprotkan memanjang di atas talam bersemir margarin.
  4. Panggang dengan panas oven 200 C atau 400 F selama kurang lebih 25 menit atau sampai kuning kecoklatan. Oven tidak boleh dibuka selama memanggang, akan berakibat turunnya kue.
  5. Sementara itu, untuk filling campur semua bahan kecuali butter lalu saring dan masak sambil diaduk terus. Ketika vla sudah mulai mengental (agak bergerindil) dan sudah mau mendidih aduk memutar dengan kecepatan tinggi dengan sendok kayu agar adonan tetap licin. Ketika vla mendidih meletup-letup matikan api. Masukkan butter, aduk sampai butter lumer dan adonan vla licin. Angkat dari api, tuang di wadah dan tutup dengan cling wrap.Usahakan wadah pas ukurannya dengan jumlah vla sehingga tidak ada ruang antara vla dan cling wrap, supaya tidak terbentuk lapisan di atasnya. Dinginkan.
  6. Setelah matang, isikan vla ke dalam kulit sus. Hias sesuai selera.

6 komentar:

Alice mengatakan...

enak euy!
itu resep kulitnya, air diganti susu, mempengaruhi rasa dan tekstur gak Hes?
bau susu kah?

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiiih mbak...

Menurutku teksturnya sama aja cuman pemakaian susu tuk sus supaya adonan cokelat nggak terlalu kering (biasanya adonan cokelat lebih berat dan seret) banyak kok mbak resep susu yang pake susu walaupun bukan sus cokelat. Rasanya juga nggak kentara, sama sekali gak bau susu karena bau cokelat...menurutku lhoooo...hehe

Hesti HH. mengatakan...

Oh iya...mungkin yang bau susu itu kalo adonan sus pake butter instead of margarine...ditambah lagi cairannya susu...*kali ajaaa*

eve chan mengatakan...

Mba hesti,klo kulit sus vanilanya air diganti susu,boleh juga kan??

eve chan mengatakan...

Mba hesti,klo kulit sus vanilanya air diganti susu,boleh juga kan??

eve chan mengatakan...

Mba,aku mau buat kulitnya yang putih aja.cairan diganti susu juga boleh kan??trus klo filling vla ditambain krim kental,takarannya brp banyak ya?? Thanx :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails