Jumat, 11 November 2011

Kue Biji Nangka

Kue Biji Nangka

Kue Biji Nangka


Kue ini adalah jajanan khas dari daerah Sulawesi Selatan tepatnya Makassar. Disebut biji nangka karena bentuknya yang memang seperti biji nangka. Jarang ditemukan di toko kue ataupun di tempat jajanan khas karena kue ini hanya disajikan apabila ada acara adat. Contohnya adalah acara perkawinan. Syarat kue yang disajikan pada acara ini adalah rasa yang super manis dan mengandung banyak telur. Adapun filosofi kue yang berasa manis adalah diharapkan kehidupan perkawinan yang akan dijalani berbuah manis pula. Ciiieeee...ternyata kue juga bisa sarat makna yaaa...

Kue ini aku ikutkan dalam Indonesian Food Blogger Challenge #2 dengan tema Indonesian Snack. Nah teman-teman...mari kita populerkan kembali jajanan tradisional Indonesia yang beragam jenisnya...



Resepnya di bawah ini yaaa...

Bahan biji nangka :
- 250 gr kentang kukus yang dihaluskan menggunakan ulek atau bawah gelas (jangan pake blender)
- 50 gr kenari cincang halus

- 100 gr gula pasir

- 1/8 sdt garam


Bahan baluran :
- 3 butir kuning telur, aduk asal rata


Bahan kuah :
- 500 ml air

- 400 gr gula pasir

- 1 sdt air jeruk nipis


Cara membuat :
  1. Campur kentang, kenari, gula dan garam. Aduk rata. Masak di atas kompor sampai adonan benar-benar kalis agar pada saat dipulung tidak gampang hancur. Dinginkan.
  2. Pulung (sambil dipadatkan) adonan sebesar biji nangka. Selesaikan semua hingga adonan habis.
  3. Masak air dan gula sampai mendidih. Kecilkan api, air gula tidak boleh mendidih ketika dimasukkan. Tambahkan air jeruk nipis. Masak terus hingga air gula agak kental. Ambil sebagian air gula, sisihkan untuk siraman kue nanti.
  4. Masukkan biji nangka dalam kuning telur. Balur dengan kuning telur hingga rata. Masukkan perlahan ke dalam air gula (menggunakan tusuk gigi agar telur tetap menempel). Siram perlahan adonan kentang dengan air gula panas sampai kuning telur melekat pada biji nangka. Angkat. Catatan: jangan terlalu lama di dalam air gula karena adonan kentang akan hancur.
  5. Setelah semua adonan kentang selesai, beri air gula yang disisihkan tadi. Simpan dalam lemari pendingin.
  6. Biji nangka siap disajikan.

13 komentar:

Miss 'U mengatakan...

slluuurrrppp...
kue kesukaanku neh mbak...
apalagi kalo acara Bugis, pasti ada.... :D

Anonim mengatakan...

kayaknya gampang gampang susah ya... :)
-ainur-

bunbun mengatakan...

i miss your blog :)

ini masuknya ke kue basah ya, mbak hes?

aku juga png nyetor untuk idfb, blom kesampean bikinnya. hihi.

pengen bikin es potong, tapi gak nemu plastiknya adanya yang 1 liter.. hihihi.. itu es potongnya dibagi berapa yaa.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Bunbun: Miss u too dear...
iya say...masuk kue basah. Asyik tuh kayaknya kalo es potong, unik...khas dan belom ada yang pernah bikin. Tapi ngebayangin pake plastik 1 liter hwaaaa...bisa gak dipotong tuh?? hihihi

Andrie Anne mengatakan...

Kereeennn...

Hesti HH. mengatakan...

Makasiihh Mbak An...

Melly mengatakan...

Mbak Hesty,

Makasih yach resepnya, saya dah coba tapi kurang berhasil ... ^_^
Mau nanya Mbak. kalo kentang yang dipakai kentang apa yach trus gimana caranya supaya bau amis kuning telur hilang ?, soalnya yg semalam sy buat masih tercium bau amis kuning telur,,
Mohon sarannya Mbak ... ^_^

Hesti HH. mengatakan...

Wah maaf ya mbak kalo belum sukses...

Kayaknya kentangnya jenis apa aja mbak. Syarat kuning telur gak amis...ya telurnya harus segar. DAn kalau mau, air gulanya bisa dikasih sedikit vanila bubuk, sedikit aja biar nggak pahit. Memang ciri khas kue tradisional ya gitu mbak. Nggak bisa hilang sama sekali bau telurnya...seperti kue sarikaya, dan lain lain yang menggunakan banyak kuning telur. Malah aslinya orang suka menggunakan kuning telur bebek untuk bikin kue tradisional...karena kuning telurnya berukuran besar dan warnanya cantik ^^

Melly mengatakan...

Makasih yach Mbak sarannya ...
sudah saya coba ulang lagi dan Alhamdulillah sukses ... ^_^
Mbak Hesty ada gak resep cucuru bayao dan sikaporo-nya ... ?

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillaaaah...ikutan senang. Kalau kue yang mbak sebutkan sebenarnya dari dulu mau bikin cuma tunggu ada acara khusus atau tamu khusus. Hubby dan anak anak 'termasuk saya juga' gak terlalu suka kue super sweet dan banyak telur gitu ^^ insyaAllah suatu saat. Bagaimanapun cita2ku adalah mempromosikan jajanan khas Sulawesi...

Btw mbak melly orang apa?? kok tau kue Sulawesi? Ini ada beberapa kue yg masuk daftar to do listku :
- putu cangkir
- putu beras
- putu menangis
- sikaporo
- cucuru bayao
- didara belanda
- ka'do bo'dong
- bolu peca'
- dange pulu bolong

dan masih banyak lagi yang kayaknya gak akan bisa dibikin krn menggunakan teknik dan alat khusus...

nismawati basri nisma mengatakan...

Bagi dong resep kaddoboddong...dari dulu penasaran cara bikinx gaya gimana ? Trus saran ntk resep jalangkote yah :)

Hesti HH. mengatakan...

Sebenarnya mau sharing...tapi sudah beberapa kali mencoba tidak pernah berhasil >,<
Harus berguru ke ahlinya niy...

coretan muslimah mengatakan...

mw coba buat ya bu, kira2 jdinya brapa buah untk 1 resep di atas?

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails