Senin, 28 November 2011

KBB #26 : Panettone



Panettone


Panettone


Waaaaa...mulai panik nih. Secara udah deket deadline KBB #26 aku belum bikin tantangannya. Bulan ini aku lumayan disibukkan dengan nikahan adikku. Alhamdulillah acaranya udah kelar tanggal 19 kemarin sekarang waktunya tuk beraksi...

Tantangan kali ini adalah membuat 'Panettone', yaitu roti khas Itali yang berbentuk seperti bulat besar dan biasa disajikan atau sebagai hantaran saat natal. Terus terang aku senang banget dapat tugas ini karena memang aku senang membuat roti. Panettone ini termasuk ke dalam jenis roti namun dengan tambahan buah kering seperti raisin, sultana, fruit peels serta tak lupa parutan kulit jeruk yang menyumbang aroma khas pada roti ini.
Alhamdulillah bahan-bahan dah lengkap. Marrreeee....!!


Panettone (traditional Italian christmas bread)

Source: The Worldwide Gourmet

Bahan :
- 1 ½ cakes of fresh bakers yeast (ragi)
- 65 ml (1/4 cup) gula
- 6 tbsp air hangat
- 6 kuning telur
- Lemon zest dari 1 buah lemon
- Sejumput garam
- 500-750 ml (2-3 cups) tepung terigu
- 100 ml (6 sdm) potongan candied peel
- 100 gr (6 sdm) + 2 sdm butter/mentega
- 4 sdm sultana
- 4 sdm currant (beri berian :P)
- 1 sdt vanilla

Resep versi aku :
Bahan :
- 1 sachet ragi instant
- 65 ml (1/4 cup) gula
- 6 tbsp air hangat
- 6 kuning telur
- Lemon zest dari 1 buah lemon
- 1 sdt garam
- 500-750 ml (2-3 cups) tepung terigu
- 100 ml (6 sdm) manisan kulit jeruk
- 100 gr (6 sdm) + 2 sdm butter/mentega
- 4 sdm sultana
- 4 sdm kismis
- 1 sdt vanilla

Cara membuat :
  1. Masukan 1 sdm gula dan ragi kedalam susu hangat, diamkan selama 3 menit. Kemudian mix dan istirahatkan ditempat yang kering dan hangat (contoh diatas oven yang sebelumnya telah dipanaskan) sampai volume campuran menjadi 2 kali lipatnya, kurang lebih 5 menit.
  2. Masukan campuran tersebut kedalam mangkuk, tambahkan kuning telur, vanilla, parutan kulit lemon, garam dan sisa gula. Campur 500 ml (2 cup) tepung terigu secara bertahap sampai lembut ditangan dan adonan dapat dibulatkan. Kemudian campurkan potongan butter sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi lebih lembut dan lebih elastis.
  3. Campur 125 hingga 250 ml (1/2 hingga 1 cup) terigu sampai adonan lebih kokoh, lembut dan tidak lengket.
  4. Letakan adonan diatas meja kerja yang telah di taburi sedikit terigu. Uleni adonan kurang lebih 10 menit. Setelah adonan lebih lembut masukan kedalam wadah yang telah di olesi butter, taburi dengan sedikit tepung terigu tutup dengan kain dan letakan ditempat yang kering kurang lebih selama 45 menit sampai adonan bertambah volumenya dua kali lipat.
  5. Kempiskan adonan, tambahkan candied lemon peel, kismis dan sultanas kemudian uleni sampai semuanya tercampur rata.
  6. Taruh kertas roti yang telah di olesi butter dua sisinya dalam loyang besar (aku pake 4 cup panettone diameter 80 mm), masukan adonan dan beri jejak (torehan) diatasnya. Tutup dengan kertas yang telah diolesi butter dan diamkan selama 15 menit di tempat hangat sampai adonan mengembang. Angkat kertas dari atas adonan dan oleskan butter diatas adonan tersebut.
  7. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius (400 derajat F), taruh loyang yang telah berisi adonan dalam oven dan panggang kurang lebih 10 menit, turunkan suhu oven ke 160 derajat celcius (350 derajat F) dan panggang lagi selama 30 sampat 40 menit, oleskan adonan roti dengan lelehan butter, roti akan matang setelah bagian atasnya berubah menjadi keemasan dan krispy.
  8. Angkat dari oven dan biarkan selama 15 menit kemudian keluarkan dari loyang.


Oh ya...aku gak nemu cup panettone yang besar, jadi aku pake aja cup panettone ukuran 80 mm. Lumayan lah...jadi 4 buah panettone ukuran sedang.
Hasil akhir panettone ini beda-beda tipis sama bluder karena memang menggunakan banyak telur...tapi tekstur dan rasanya lebih cenderung ke roti.


Tuk host dan admin KBB...makasiiih banyak tantangan dan logo lulusnya ya. Senang menjadi bagian dari group ini...semoga ke depannya aku bisa lebih baik lagi.

2 komentar:

wulan mengatakan...

cantik sekali panetonenya mbak, jadi pengen nyolek :)

Hesti HH. mengatakan...

Waduuuuh...makasih pujiannya Mbak Wulan, daku jadi berbunga-bunga...hehe

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails