Sunday 27 June 2010

Brownies

Bahan:
- 200 gr mentega tawar/margarin
- 200 gr dark cooking chocolate
- 4 btr telur
- 1 sdt vanili extract
- 300 gr gula pasir halus
- 170 gr tepung terigu
- 30 gr cokelat bubuk
- 100 gr kacang mete/almond/kenari, sangrai cincang kasar

Cara membuat:
  1. Lelehkan jadi satu mentega/margarin dan dark cooking chocolate, sisihkan.
  2. Kocok telur, vanili extract dan gula pasir dengan kecepatan rendah hingga gula larut saja.
  3. Masukkan campuran coklat, aduk rata, sisihkan.
  4. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk, masukkan ke dalam adonan, aduk rata.
  5. Masukkan kacang mete yang disangrai, aduk lagi hingga rata.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 24x24x4 cm atau 2 loyang loaf yang telah dioles margarin dan ditabur tepung terigu. Tabur kenari irisan kenari atau almond. Panggang 180 C atau 350 F selama kurang lebih 35 menit hingga matang.
  7. Angkat, dinginkan.

Source: Resep dimodifikasi dari buku 'Brownies' Seri Makanan Favorit oleh Ambarini.

3 comments:

Rindy said...

Halo Mba Hesti, browniesnya cantik banget, walau ga pake baking powder gak amblas. aku kalo bikin brownies panggang, suka amblas gitu mba, awalnya mengembung ke atas, tp lama2 amblas. rasanya sih alhamdulillah enak, cuma jadi ga cantik aja tampilannya, hehehe. kira2 kenapa ya mba, mungkin bisa kasih tips, hehe makasih :)

Hesti HH. said...

Makasih mbak Rindy,

Sejujurnya aku kalo bikin brownies untung untungan mbak. Kadang seperti di atas kadang juga flat biasa nggak kayak gunung. Tapi menurutku justru lebih enak yang nggak ngembang karena teksturnya padat dense khas brownies. Kalo ngembang malah lebih mirip cake. Dan kalo mau ngembang yah harus dikasih baking powder mbak dikit aja. Kalau yg diatas nggak tau kenapa juga jd gitu. Mungkin kelamaan ngocok kali ^^

Anonymous said...

Hi Mba Hesty,
saya lagi cari2 brownies panggang yg tekstur nya cakey yang biasa suka di temukan di bakery2 indo. Selama ini brownies yg saya coba selalu jadi Chewy dan fudgy soalnya ikutin resep2 luar. Kalo resep yang ini hasilnya gimana ya mba? dan setalah menginap di room temperature apakah akan mengeras? ada recommend resep brownies panggang yg cakey?
Terima kasih =)

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...