Senin, 18 Mei 2015

Matcha Pound Cake


Hari ini aku bikin cake yang beraroma matcha. Waktu ke toko bahan kue nemu matcha yang agak berbeda dari matcha yang pernah aku beli sebelumnya. Sebelumnya aku sudah dua kali membeli matcha dengan aroma yang berbeda. Ngga tau beda merk beda perusahaan atau beda bahan baku...yang jelas aroma dan rasa keduanya beda. Yang pertama warnanya hijau pucat dengan aroma teh hijau yang agak pahit. Yang kedua lebih intense warna hijaunya dengan aroma matcha yang lebih wangi malah cenderung kayak parfum menurutku. Nah yang terkahir ini menarik...karena baik warna dan aromanya seperti matcha yang memang selayaknya review teman teman blogger. Wangi greentea yang alami dan warnanya pun cantik. Tidak terlalu hijau dan tidak terlalu pucat. Resep aku lihat di blognya "If in Doubt Bake a Cake" kayaknya punya orang Rusia tapi ada translate resepnya dalam bahasa inggris. Penampakannya cantik makanya aku tertarik tuk bikin.

Hasilnya alhamdulillah memuaskan. Walaupun punyaku tidak secantik resep aslinya. Itu akibat tidak sabar...pingin cepat cepat dipotong dan diicip kuenya walaupun masihpanas...jadinya agak beremah ketika dipotong >,<



Bahan : 
- 120 gr butter (aku setengah setengah dengan margarin)
- 120 gr gula pasir halus
- 120 gr terigu
- 120 gr telur (atau setara dengan 2 butir telur ukuran besar)
- 1 sdt baking powder
- 1 sdm bubuk matcha/greentea

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 325 F atau 165C. Olesi loyang loaf ukuran 18x10cm dengan margarin dan tabur tepung.
  2. Dalam wadah kocok butter/margarin dan gula sampai pucat dan mengembang. Masukkan telur satu persatu dan kocok hingga rata.
  3. Kecilkan kecepatan mixer, masukkan terigu+balking powder yang sudah diayak dalam 3 tahap. Bagi dua adonan. Yang satu tambahkan greentea (greentea yang sudah dicampur dengan 2 sdm air panas dan diaduk menjadi pasta). tuang berselang seling dalam loyang. terkahir tarik garis dengan menggunakan lidi untuk membentuk marble.
  4. Panggang selama kurang lebih 50-60 menit sampai ketika ditusuk keluar dalam keadaan kering.

13 komentar:

Ridha Asri Gusniar mengatakan...

Izin bookmark yah mba hesti... Lg ada stok matcha bubuk... Btw, mksh yah udh pernah posting resep bolu peca.. Aku dr dulu kalau mau makan itu mesti beli dulu, skg bikin sndiri pake resep mba... Salam kenal,mba :))

Anonim mengatakan...

Pake matcha merek apa mba?

Hesti HH. mengatakan...

@Ridha : alhamdulillah mba senang sengarnya....ditunggu kabar praktek matcha pound cakenya ^^

@Anonim : ini ngga ada merknya mba sudah dikemas ulang sama penjualnya

kang arif setiawan mengatakan...

ternyata gampang ya cara membuatnya, terima kasih sudah berbagi :)

Mega Nanda mengatakan...

hahahhahha.... hanya karena tidak sabar jadinya beremah... tapi keren kok mbak penampakannya... berhasil banget bikin aku ngiler... kutunggu terus resep2 unik berikutnya mbak.

Hesti HH. mengatakan...

@Kang Arief Setiawan : sama sama , makasih jugaa

@Mega Nanda : makasih mba....semangaaattt!!

Obat Herbal Penyakit Radang Pankreas mengatakan...

terimakasih banyak, sangat membantu sekali...

Mega Nanda mengatakan...

Mbak.... lok misal matcha nya aku ganti dengan pwarna dan perisa pandan, takarannya apa sama harus 1sdm?? ini aku punya stock yg rasa pandan liquid. Aku tunggu bantuan jawabannya mbak Hesti... thanks.

Mega Nanda mengatakan...

Mbak.... lok misal matcha nya aku ganti dengan pwarna dan perisa pandan, takarannya apa sama harus 1sdm?? ini aku punya stock yg rasa pandan liquid. Aku tunggu bantuan jawabannya mbak Hesti... thanks.

Mega Nanda mengatakan...

Mbak Hesti.... aku udah nyoba nih resep, top markotop deh rasanya... tapi hijaunya aku pakai pasta pandan dikit. Penampakannya emang tidak secantik milikmu mbak, tapi rasanya bikin nagih diperut... jadi semangat nih pengen nyoba resep yang lain...

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mba baru balas, iya alhamdulillah kalau cocok sama resepnya ditunggu resep berikutnya

Eka Pratiwi Ilham mengatakan...

Mba hesti, TBK yg agak lengkap di soroako dmana ya?

Hesti HH. mengatakan...

Di Mama Hera biasanya

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails