Senin, 04 Mei 2015

Samosa



Samosa adalah salah satu snack gurih yang populer di Asia Tengah dan Asia Selatan. Ia berupa pastry goreng yang berbentuk sehitiga. Umumnya menggunakan kentang, wortel dan sayuran lain untuk isiannya namun biasa ditambahkan daging sapi atau ayam bagi yang bukan vegetarian. Ini sebenarnya mirip mirip pastel dari Indonesia...yang beda adalah pengunaan bumbu kari dalam adonan fillingnya. Nah kali ini aku menggabungkan beberapa resep dari internet. Dari blog Just Try & Taste untuk fillingnya, food NDTV untuk kulit pastrynya, dan WikiHow untuk cara membentuk kulitnya. Pinggirnya aku bentuk seperti pastel biar lebih cantik. Kan samosa versi Indonesia...hehe.

Untuk isiannya karena aku tidak mempunyai bubuk kari aku menggunakan rempah kari atau garam masala yang aku buat sendiri. Kebetulan beberapa waktu yang lalu aku sudah stok bumbu bubuk sewaktu membuat spekkuk. Jadi masih ada cengkeh, pala, kayu manis dan cardamon/kapulaga bubuknya. Yang aku tambahkan adalah  jintan dan ketumbar serta bubuk cabe. Penggunakaannya tidak perlu terlalu banyak supaya tidak blenger sama aromanya yang kuat. Untuk masing masing cengkeh, pala, kayu manis dan cardamon aku gunakan seperempat sendok teh. Cuman ketumbar yang satu sendok teh dan jintan setengah sendok teh.Tapi buat teman teman yang ingin mencoba silahkan sesuaikan dengan selera ya. Karena aku ada stok ayam suwir aku gunakan sekitar 150 gram untuk campuran isiannya. Modifikasiku di tambahan jagung, kacang polong dan ayam.


Bahan kulit :
- 2 cup tepung protein sedang
- 1 sdt garam
- 1 sdm minyak + 1 sdm margarin, panaskan
- air dingin secukupnya untuk mengulen

Bahan Isi :
- 2 butir kentang, rebus dan haluskan (jangan terlalu halus)
- 2 wortel, potong kotak kecil, rebus sebentar lalu tiriskan
- 50 gr kacang polong
- 150 gr ayam suwir
- 2 batang daun bawang, rajang halus 
- minyak untuk menggoreng



Bumbu halus :
- 1 butir bawang bombay, rajang halus
- 6 siung bawang putih, cincang halus
- 1 1/2 sdt bubuk kari
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt bubuk cabe
- 1 sdt gula pasir
- garam secukupnya
- minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Bahan isi : tumis bawang bombay sampai wangi dan berwarna agak transparan. Masukkan bawang putih tumis lagi hingga wangi. MAsukkan bumbu kari, aduk rata. Tambahkan wortel, bumbu lain, sedikit air dan daun bawang, masak hingga empuk. Tambahkan kentang tumbuk masak hingga kering. Dinginkan.
  2. Kulit : Campur tepung terigu dan garam. Aduk rata. Masukkan campuran minyak margarin. Aduk aduk menggunakan garpu. Bila sudah tidak panas lanjutkan mengaduk dengan ujung jari sambil dogosok gosok sampai menjadi butir butiran halus.
  3. Tambahkan air es sesendok sesendok sambil diulen sampai adonan menyatu dan menggumpal. Jangan terlalu banyak menambahkan air. Adonan teksturnya sedikit keras ya. Supaya hasil kulitnya renyah ketika digoreng.
  4. Tutup dan istirahatkan 15 menit.
  5. Ambil sedikit adonan lalu giling tipis sekali. Cetak dengan cutter bulat diameter 15cm. Potong dua. Ambil satu bagianb entuk kerucut dan sambung ujung ujungnya dengan air. Beri isi lalu rapatkan. Kerjakan semua adonan sampai habis.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng samosa sampai kecoklatan sambil disiram siram minyak agar muncul gelembungnya. Angkat lalu tiriskan minyaknya.



3 komentar:

resep bolu kukus mengatakan...

samosa ini kayak di film kartun di indo*iar ya kak

Hesti HH. mengatakan...

Maaf saya ngga pernah nonton >,<

Ace Maxs mengatakan...

terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

http://landongobatherbal.com/obat-herbal-penyakit-radang-pankreas/

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails