Sabtu, 09 Mei 2015

Es Jeli Rumput Laut





Aku senang sekali. Beberapa waktu yang lalu dapat kiriman dari sahabat mayaku namanya mba Fadlun Fayola. Kami berkenalan lewat facebook. Walaupun baru berteman sebentar beliau mau mengirimkan aku makanan khas dari daerahnya. Setelah sampai segera aku buka. Isinya rumput laut kering dan terasi dari Bontang Kalimantan Timur. Waaaaa... excited bangeeet. Secara aku belum pernah mengolah rumput laut segar maupun kering. Memakannya pun belum pernah dalam bentuk aslinya. Kalau dalam bentuk agar agar bubuk ya pastinya dah sering. Terasinya pun ternyata enaaak dengan citarasa dan aroma yang khas. Makasih banyak ya mba Fadlun, dikau baik sekaliiiii *muaccchhh*

Nah sebelum aku olah aku sudah dibekali beberapa tip dari mba Fadlun. Tentang cara mengolah rumput laut kering menjadi segar kembali. Yaitu dengan merendamnya dengan air beras selama 3 hari. Tiap hari air harus diganti dengan air yang baru. Kenapa air cucian beras?? mungkin ya ini untuk menghilangkan bau khas rumput laut yang kurang enak.

Yang lucu...setelah 3 hari rumput lautnya mengembang berkali kali lipat dari ukuran aslinya. Jadi banyak banget padahal aku cuma menggunakan sedikit saja. Teksturnya pun menjadi kenyal. Nah karena ngga berani dimakan begitu aja aku cari cari di internet cara mengolahnya menjadi manisan terlebih dulu. Akhirnya aku masaklah air gula. Aku beri juga sedikit citrun ya. Aku tunggu sampai air gula dingin baru  aku masukkan rumput lautnya. Awalnya aku coba dikit dimasukkan ke dalam sirup gula panas. Hasilnya??? Meleleh dengan indahnya teman teman >,<

Makanya aku tunggu dulu sampai hampir dingin betul baru dimasukkan rumput lautnya. Setelah 2 hari terendam aromanya jadi wangi khas gula pasir. Ya mirip agar agar bubuk begitu. Siap dipakaiiiii!!


Nah manisan rumput laut ini aku mau campurkan ke dalam es buah kesukaanku. Resep aslinya dapat dari temanku Risma Said. Karena suka sekali dengan rasanya aku minta resepnya. Jadi ini persis resep aslinya ya cuman aku tambahkan rumput lautnya saja. Untuk resep jeli lecinya digunakan paduan agar agar dan jeli untuk mendapatkan tekstur yang kenyal tapi firm ya. Supaya nanti bisa diserut menggunakan parut yang agak besar lobangnya. Susunya untuk membuat es buah atau campuran kuahnya sebaiknya gunakan susu kental yang ringan rasa susunya seperti Carnation. Untuk jeli aku beri pewarna sedikit supaya warnanya gak monoton putih semua ya.


Bahan jeli (masak sampai mendidih lalu tuang ke cetakan) :
- 1 sachet agar agar tanpa warna
- 1 sachet nutrijel rasa leci 
- 900 ml air
- 1/2 kaleng susu kental manis (aku pakai Carnation)
- 2 tetes pewarna merah

 Bahan pelengkap :
- 3 buah kelapa muda, kerok
- manisan rumput laut secukupnya
- 1 buah longan/klengkeng kaleng
- air kelapa dari 3 buah kelapa muda
- sirup leci 1/3 botol
- susu kental manis 1/4 kaleng atau secukupnya sesuai selera

Cara membuat :
  1. Siapkan bahan bahan. Parut bahan jeli. Tiriskan manisan rumput laut dari airnya. Campur dengan longan kaleng dan kelapa muda serta jeli yang sudah diparut kasar.
  2. Tuang air kelapa, sirup dan jeli. Aduk rata. Atau bisa juga ditambahkan es batu atau air es secukupnya. Simpan di kulkas sampai dingin.
  3. Siap disajikan dingin.



Walaupun es ku ini tidak menggunakan es batu tapi rasanya bener bener segar dengan aroma leci yang tipis. Ternyata perpaduan sirup leci dan air kelapa muda serta susu kental manis sangat pas. Sebelumnya kalau bikin es aku biasanya gunakan sirup merah. Kok kayaknya agak aneh kalau pakai sirup leci. tapi beneran asli suer deh teman teman....ini klop banget!! Suka pake banget. Lumayan untuk ide buka puasa kan. Sebentar lagi ramadhan. Apalagi bahan bahan yang digunakan sehat dan kaya gizi. Air kelapanya kaya dengan elektrolit pula. Asliii syegeer...

Untuk variasi bisa tambahkan sesuai selera ya. Bisa diberi selasih, nata de coco maupun buah segar yang lain.






7 komentar:

andriany firdaus mengatakan...

Kalau kami d palu bikin es buah persis spt bu hesti pake sirup leci ditambah dg air kelapa muda dikasi lg susu kental carnation.. hmm cocok sikalii niinung ribambang alloa.. nyamannaaaa hehehe..

Obat Herbal Dispepsia mengatakan...

terimakasih resepnya :)

Beby Rischka mengatakan...

Uh.. Aku langsung jadi aus, Mbak. Keliatannya seger banget! :D

Hesti HH. mengatakan...

@Andriany Firdaus : ooohh ternyata ini resep sudah umum di'? baru tauka....hehe. tapi mentong asli enak gang ^^

@OBat Herbal : sama sama

@Beby Rischka : ayooo dong dibikin ^^

resep puding dan agar-agar busa mengatakan...

waaah, mantab banget tuh gan kayaknya
ntar nyobain deh kalau sempat

Hesti HH. mengatakan...

Siiiio mba...

Cara membuat agar agar mengatakan...

waaah, makasih resepnya bund
siap dipraktekkan nih

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails