Rabu, 20 Mei 2015

Bakpia Basah Isi Keju (eggless)



Tiga hari yang lalu aku merebus kacang hijau. Niatnya memang mau dibikin isian bakpia. Entah bakpia krispi atau bakpia basah juga belum jelas. Tapi aku sudah ambil 200 gram buat dibikin puding kacang hijau. Sisanya masih banyak lagi. Mungkin sekitar 300-400 gram. Aku masak bersama gula pasir, sedikit garam, pandan dan minyak sampai kalis. Setelah dingin dibentuk bola bola.

Nah berhubung rumah lagi kinclong ya...habis beberes beres sayang dong kalo berantakan lagi karena remah remah bakpia. Semut semut juga bakalan pada berdatangan. Jadinya aku putuskan untuk bikin bakpia basah aja. Kayaknya ini roti versi sehat deh. Karena ngga pake telur dan dan isinya pake kacang hijau yang kita tau pasti banyak kandungan gizinya. Tapi selain kacang hijau aku coba juga beri isian keju dan cokelat. Bukan hanya keju parut saja seperti yang aku bikin kalau bikin isian roti keju. Kali ini aku bikian isian keju versi streusel. Maksudnya bikinnya dari campuran terigu, margarin, susu bubuk, gula halus dan keju parut yang diaduk jadi satu menjadi. Jadi keju parutnya gak perlu banyak. Tapi rasanya tetap gurih dan ngeju lho. Mungkin untuk versi ekonomis resep isian keju ini cocok deh. Cokelatnya pun demikin bukan hanya dari mises atau dark cokelat tapi bener bener ada campuran cokelat bubuknya. Enak rasanya. Malah nggak sempat kefoto cokelatnya karena dah habis duluan >,<

Resep kulit bakpianya masih pake resep yang dulu dari mba Nien Ing. Isian keju dan cokelatnya aku lihat di Mba Isna yang beliau lihat juga dari mba Diah Didi. Supaya banyak aku bikin resep rotinya 2 adonan. Menggunakan 500 gram terigu protein sedang. Separuh isi kacang ijo, 1/4 nya isi cokelat dan 1/4 lagi isi keju.


Bahan :
- 500 gr tepung terigu protein sedang
- 70 gr margarin
- 250 ml air hangat
- 1 bungkus ragi instan
- 100 gr gula pasir
- 1 sdt garam

Bahan isi :
- 150 gr kacang hijau
- 70 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 1/2 sdm minyak goreng
- 1 lembar daun pandan

Bahan isian cokelat/keju :
- 100 gr terigu protein sedang disangrai api sedang sekitar 7 menit, dinginkan
- 25 gr susu bubuk
- 2 sdm air es
- 100 gr gula halus
- 50 gr margarin


- 15 gr cokelat bubuk
- 30 gr keju parut

 Cara membuat :
  1. Isian kacang hijau : rebus kacang hijau sampai empuk, angkat dan tiriskan, kemudian haluskan. Masak/aron bersama gula pasir, garam dan pandan. Tambahkan minyak. Aduk terus sampai kacang hijau menjadi kering dan kalis. Dinginkan. Bentuk bulat bulat.
  2. Isian keju/cokelat : campur terigu, susu bubuk, gula halus dan margarin. Aduk hingga berbutir butir. Tambahkan air es aduk lagi hingga rata. Bagi dua. Satu ditambahkan cokelat bubuk satu lagi tambahkan keju parut. Bulat bulatkan sambil dikepal (masing masing 10 buah)
  3. Kulit bakpia : campur tepung, ragi dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan air hangat, uleni hingga rata adonannya (aku pakai mixer). Masukkan margarin dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  4. Bulatkan adonan, tutup dengan kain lembab lalu fermentasikan 45 menit 30 menit.
  5. Kempiskan adonan dan timbang masing-masing 15 gr, beri isian kacang ijo lalu tutup bentuk bulat dan pipihkan. Letakkan di loyang tanpa olesan. Beri jarak karena roti ini akan mengembang sedikit.
  6. Diamkan 15 menit. Panggang dengan oven suhu 200 C selama 5 menit.
  7. Keluarkan dari oven dan balik. Masukkan ke dalam oven lagi lalu panggang selama 5 menit. Angkat.



13 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbak hesty, isian kacang hijau ini cocok juga untuk isian roti manis? Terima kasih. Suka sama resep mbak Hesty, selalu sukses. Oh ya Mbak, saya juga lagi belajar jahit, terinspirasi dengan mbak hesty nih.... Doakan saya bisa ya Mbak? Mila

Hesti HH. mengatakan...

Iya mba cocok. Kalau tuk manisnya sesuaikan saja dengan selera.
Waaaaaa ayooooo mbaaaaa semangaaaat...insyaAllah bisaaaaa

jony mengatakan...

maknyoss,,

naomi wandira mengatakan...

Mba hesti,itu loyangnya tanpa olesan bisa? Tidak lengket di loyang mba adonannya?

Maryati Pratiwi mengatakan...

bunda hesti, mau tanya..1 bungkus ragi yg dipakai 11 gram kah? terima kasih banyak :)

Hesti HH. mengatakan...

@Naomi : iya mba ngga lengket kok saya ngga oles.

@Maryati : betul 11 gram

I Rani mom Kanza mengatakan...

Mbak hesty, adonan nya tidak di rendam di minyak yah?

Hesti HH. mengatakan...

Ini versi roti mba ngga pake rendam merendam. Lebih simpel malah...

ineka yulistiyani mengatakan...

Mbak hesti...aku sdh coba tp kulitnya pake resep yg bakpia patok keringnya mbak hesti juga...enak bgt ya...ga nyangka bisa berhasil dan seenak itu..suami suka sekali secara suami sendiri yg minta dibuatkan bakpia kering. Cuma untuk yg isi keju n coklat kulitnya kenapa jadi kering bgt ya...apa isinya kurang air ya mbak? Karna yg isi kacang hijau kandungan airnya lebih banyak dr yg isi coklat n keju. Terima kasih

naomi wandira mengatakan...

Terima kasih jawabannya,Mba Hesti. Saya akan praktekkan

Hesti HH. mengatakan...

@Ineke : iya mba memang begitu supaya gak gampang basi mba. Kalau mau ditambah margarin dikit boleh sih

emine shares mengatakan...

mbak, kacang hijaunya tidak perlu di rendam dulu kah? langsung direbus gitu aja?
terimakasih.

Hesti HH. mengatakan...

Direndam mba minimal 2 jam atau lebih supaya cepat empuknya.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails