Kamis, 21 Mei 2015

Tiramisu


Sudah lamaaaaaa banget ngga bikin tiramisu. Berapa kali lebaran juga sudah ngga bikin tiramisu. Lebih pilih bikin cheese pie dan kue besar yang lainnya. Tiba tiba ngidam...apalagi di kulkas masih ada creamcheese dan krim kental Anchor. Aslinya tiramisu kan pake mascarpone. Kalau menggunakan mascarpone maka perbandingan dengan krimnya 1 : 1 ya. Tapi berhubung ngga ada...di toko memang dah lama ngga pernah ada, jadi aku pake cream cheese saja. Cuma perbandingan dengan krim kentalnya aja yang disesuaikan. Kalau mascarpone kan cenderung tawar dan light rasanya sedangkan creamcheese lebih asin. Jadi aku gunakan krimnya lebih banyak daripada creamcheese supaya bisa dapat rasanya. Pokoknya sesuaikan selera aja. Tapi kalau teman teman suka terasa cheesenya silahkan dibanyakin takaran cream cheesenya ya. Tapi nanti jadi cheesecake lho hehe. Tapi aku ngga recommend pake whippy bubuk lho ya karena akan beda rasanya. Kalau tetep mau pake silahkan mungkin perbandingan creamcheese dan whip creamnya jadi 1 : 1. Aslinya juga tiramisu pake alkohol/rum...tapi yang satu ini versi non alkoholnya ya. Halalan thoyyiban....hehe

Oh iya untuk membuat tiramisu versi ini ngga perlu pake loyang bongkar pasang ya. Aku gunakan loyang biasa. Dan dialasi cling wrap. Setelah semua set cake akan dibalik, bagian atas akan menjadi paling bawah dan tadaaaaaaa....!! teteup cantik dan rapi kan ?? Jadi ngga ada alasan ngga bisa bikin tiramisu karena ngga punya loyang bongpas ataupun mika. Cara ini dapat belajar dari blognya Phong's Kitchen Journal.

Sudah lama juga aku pingin bikin lady's finger karena di sini ngga ada yang jual. Nah karena ada moment bikin tiramisu ini akhirnya aku jadi juga bikin sendiri lady's fingernya. Ini adalah sponge cake yang berbentuk potongan panjang panjang kecil seperti lidah kucing cuman lebih berisi. Malah menurutku mirip eclair ketika dipanggang ^^. Tapi teksturnya beda. Yang ini sama sekali nggak kopong dalemnya. Seperti sponge cake pada umumnya tapi lebih airy/ringan dan agak garing luarnya ketika masih panas. Di bawah ini penampakannya dari atas dan waktu di dalam oven.




Alhamdulillah bisa lumayan cantik lady's fingernya walaupun bentuknya gak seragam seperti buatan pabrik lho ya. Yang lucu Hanif lebih senang ngemilin lady's fingernya plain tanpa apa apa. Enak dan garing katanya. Padahal kalau rasa menurutku biasa saja ya. Namanya juga sponge cake tanpa mentega jadi rasanya ngga terlalu rich. Memang ngga perlu rich sih  karena nanti dia akan dikelilingi krim yang udah rich.






Untuk resep krim tiramisuku ini rasanya ngga terlalu manis ya. Tapi kalau suka manis boleh ditambah lagi gula halusnya. Nanti diicip saja dan sesuaikan dengan selera. Sedangkan lady's krimya aku lihat di Nasi Lemak Lover yang ambil juga dari blognya DailyDelicious. Berikut bahannya ya...

Bahan Cake :
- 3 butir kuning telur ukuran besar sedang kocok lepas
- 90 gr tepung terigu protein sedang
- 3 putih telur
- 75 gula pasir
- 1 sdm tepung maizena
- 50 gr gula halus untuk taburan

Cara membuat : 
  1. Panaskan oven 180 C. Alasi loyang dengan kertas anti lengket. Aku pakai silpat.
  2. Kocok putih telur sampai berbusa. Masukkan sedikit sedikit gula pasir dan maizena sambil dikocok terus sampai kaku mengkilat.
  3. Masukkan kuning telur, aduk asal rata perlahan. Tambahkan tepung sambil diayak aduk balik asal rata. Jangan overmix karena adonan akan turun kembali.
  4. Masukkan dalam piping plastik. Gunting ujungnya selebar 1,5 cm. Semprotkan memanjang seperti membuat eclair. Dengan ukuran panjang sekitar 6 cm. Beri jarak sedikit untuk mengembang. Taburi dengan gula halus permukaannya. Tunggu selama 5 menit. Taburi lagi sisa gula. Ini untuk membuat bagian luarnya menjadi krispi.
  5. Panggang selama 10-15 menit atau terlihat garing kecoklatan. Hasil jadinya sekitar 45 buah. Angkat. Dinginkan dan simpan dalam wadah kedap udara.
Sirup (masak sampai mendidih) :
- 1 sdm kopi instan (yang kuat dan wangi aroma kopinya)
- 100 gr gula pasir
- 250 ml air

Krim Tiramisu :
- 250 gr mascarpone cheese, suhu ruang, kocok
- 400 ml krim kental/dairy whip cream, kocok
- 3 sdt gelatin bubuk (tambahkan 3 sdm air matang lalu ditim)
- 4 btr kuning telur
- 85 gr gula pasir halus (atau sesuai selera)

Cara membuat :
  1. Kocok kuning telur dan gula dalam wadah tahan panas sambil dipanaskan di atas panci yang berisi air yang mendidih sampai kental (dikocok sambil ditim). Campurkan kocokan telur dengan semua bahan krim, kocok asal rata jangan sampai terlalu lama karena krim akan pecah. Tim gelatin dengan air setelah lumer masukkan ke dalam kocokan krim tadi. Kocok asal rata.
  2. Siapkan loyang ukuran 11x22x5 cm. Alasi dengan cling wrap sekeliling dalamnya dan lebihkan sampai melebihi besar loyang. Bagi 3 krim sama banyak. Tuang 1/3 ke dalam loyang. Ratakan. Celup lady's finger dalam larutuan kopi sebentar saja. Susun ladys finger posisi terbalik (karena nanti setelah dingin dan set kue akan dibalik sehingga bagian bawah menjadi di atas). Tuang lagi 1/3 bagian krim. Ratakan. Susun lagi lady's fingernya yang sudah dicelup di kopi. Tuang 1/3 bagian krim, ratakan dan terakhir susun lady's finger yang sudah dicelup kopi sambil sedikit ditekan. Tutupkan sisa plastik clingwrap tadi ke atas kue agar kue tidak beraroma kulkas. Dinginkan di kulkas semalaman.
  3. Buka plastik penutupnya dan balikkan kue di atas wadah saji. Lepaskan plastik yang menyelimutinya. Taburi dengan cokelat bubuk. Hias sesuai selera.


17 komentar:

Nia Adinda mengatakan...

Cantik bgt tiramisu nya mba hehe.
Mau bikin tapi lagi kanker ( kantong kering) ya sudah jadi resep ini hanya bisa kusimpan sampai saatnya tiba. * saat punya uang lhooo... Hehe

Ida Hariyanti mengatakan...

mbak hesti, gelatine nya beli online atau di TBK? lagi nyari gelatin yg halal soalnya. ada infokah?makasih :D

Hesti HH. mengatakan...

@Nia Adinda : makasiiih mba. Semoga kesampaian bikinnya yaaa

@Ida Hariyanti : saya beli sama teman mba yg jualan kue. Gelatin halal dijamin krn yg jual akhwat. Tp sudah dikemas ulang jd ngga tau merknya saya, maaf ya mba

fia ummu zidan mengatakan...

Mbak hesti boleh minta info kontak yg jualan gelatin halalnya, dari dulu nyari susah, japri juga boleh, makasih sebelumnya mbak:)

resep kue lebaran mengatakan...

Mbak, sejarah tiramisu kenapa nggak disebut. mungkin mbak hesti tau ? Mampir ya di blog lia :)

Widya mengatakan...

klo tidak pakai gelatin bisa gk mba hesti?? suka banget sm hasil karyanya mba Hesti, cantik2

Hesti HH. mengatakan...

@Resep mKue Lebaran : kan udah diterangkan sama blog blog yang lain mba...saya resepnya aja yaaaa hehe

@Widya : bisa mba tapi hasilnya kurang kokoh

Anonim mengatakan...

ini dia resep lady finger yang aku tunggu-tunggu.. makasih mba hesti salam kenal dari saya (yanti)

yanti mengatakan...

Btw. saya sering intip-intip blog mba hesti.. Keren-keren dan enak-enak kuenya..

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama mba Yanti makasih juga yaaaaa, happy baking ^^

Tarrie Z. Irfani mengatakan...

Assalamu'alaykum mba hesti.. Boleh minta contact yg jual gelatin halal mba? Dr kmrn2 ga jadi buat tiramissu krn ga tau dmn cari gelatin yg halal.. Makasi sebelumnya mba

Joanna Shop mengatakan...

Gelatin halal biasanya lembaran mbak. Aku beli di jakarta, online. Titan baking misalnya. Cb aj searching. Atau di tokopedia jg ada.

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah makasih infonya mba Joanna, itu udah dijawab pertanyaanya mba Tarrie ^^

LIANA LIANA mengatakan...

Mbak hesti,kalo gelatin diganti dengan nutrijel yang plain bisa gak ya?

Hesti HH. mengatakan...

Beda juga mba kekokohannya. Silahkan mba coba nanti kabari ke saya ya hasilnya (lhaaa ngga kasih solusi >,<)

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum
mbak mau nanya, saya kebetulan tinggal di makassar, pengen buat cheesecake yang new york style gitu. tapi bingung dimana bisa beli creamcheese, udah ke supermarket di makassar keliling-keliling ga nemu juga. mbak beli dimana? mohon bantuannya mbak :)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, Saya beli di Soroako mba. Kalau di Makassar bisa cari di mall besar ada biasanya seperti carrefour dan semacamnya. Di Vi and Vi dan toko Coang Daya juga sepertinya ada.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails