Selasa, 15 Juli 2014

Lapis Kanji Pandan




Masih ada stok pandan paste home made di kulkas. Sayang kalau nggak dipake karena cuman tahan sekitar 5 hari di kulkas. Sebelum rusak aku berdayakan hari ini dengan membuat kue lapis pandan. Resepnya mirip dengan lapis kanji versi cokelat yang dulu tapi sekarang cokelat bubuknya aku ganti pasta pandan. Resepnya resep temanku Mbak Siti...eh ternyata setelah dibandingin dengan resepku beda tipis aja. Tepungnya beliau lebih 10 gram dan gulanya beliau lebih 100 gram. Rasanya sama sama enak. Nggak kemanisan juga.

Kalau dilihat dari penampakannya ada bagian putih yang tebal ya. Sebenarnya itu bukan tebel tapi aku dua kali melapis adonan putih. Lagi error kayaknya sampe matapun udah gak melihat jelas >,<
Berikut resepnya ya...


 Bahan :
- 300 gr tepung kanji
- 160 gr tepung terigu
- 500 gr gula pasir
- 1200 cc santan kanil dari 2 butir kelapa
- 1 sdm peres garam
- 3 sdm pasta pandan home-made

Cara membuat :
  1. Campur tepung kanji, tepung terigu, garam dan gula. Aduk rata.
  2. Tuang santan kanil sedikit-sedikit sambil diaduk menggunakan whisk hingga rata dan gula larut.
  3. Bagi 2 adonan. Satu bagian ditambahkan dengan pasta pandan. 
  4. Siapkan loyang 18cm yang sudah dioles minyak. Tuang 100 ml selapis demi selapis bergantian warna. Kalau ingin hasil lapisannya tipis-tipis, kurangi jumlah adonan yang dituang. Tapi ukurannya harus sama lapis demi lapis. Kukus masing-masing selama 5 menit atau lebih kalau lapisannya tebal.
  5. Angkat. Dinginkan.
  6. Potong-potong menggunakan benang atau pisau yang diolesi minyak. Bisa juga menggunakan pisau plastik.


12 komentar:

Maya mengatakan...

Wah, menggoda sekali lapisnya Mbak,. Bagaimana cara membuat pasta pandan sendiri mbak Hesti? Saya kalau membuat kue lapis gini kenapa lapisannya menggembung waktu masih dikukus Mbak? Terus ngirisnya nggak bisa mulus begitu, belepotan. Trimakasih atas pencerahannya Mbak Hesti....:)

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak Maya,

Caranya dengan membelender pandan dengan air. LAlu taruh di kulkas selama 3-4 hari nanti bagian yg kental akan turun mengendap di bawah. Itu yg jadi pastanya mbak.

Kalau menggembung bisa karena kepanasan api kokpornya, atau kukusan yg digunakan lobangnya terlalu besar sehingga kepanasan/kebanyakan uapnya.

Potpngnya supaya cantik tunggu sampai dingin betul mbak. Kalau saya biasanya saya biarkan semalaman di kulkas baru dikeluarkan dan dipotong. Pisaunya bungkus dengan cling wrap. InsyaAllah rapi mbak.

Maya mengatakan...

Oalah, jadi begitu ya Mbak. Bbrp bulan lalu saya mencoba buat lapis ubi ungunya mbak Hesti. Krn udh nggak sabar, baru mateng saya taruh depan kipas angin, trs langsung diiris2, jadinya amburadul. Tapi rasanya enak lho Mbak..
Wah, pasti sedep kalau pakai pandan asli, kalau pasta pandan yg dijual di pasaran saya kurang suka wanginya.
Btw, trimakasih banyak atas jawabannya Mbak Hesti, smg sehat selalu & update terus resep2nya :)

Hesti HH. mengatakan...

Hihihi iya mbak emang agak susah motongnya krn mleyot mleyot ^^
Makasih banyak doanya mbak, isyaAllah rajin update...

bunda imazt mengatakan...

Santanya dimasak dulu apa idak mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Kalau resep ini gak perlu dimasak mba santannya...

Diana Puspita mengatakan...

Salam...Izin copy resepnya mba Hesti...terima kasih...

Cara membuat kue lapis mengatakan...

wow.. thanks atas sharingnya .sangat bermanfaat untuk sumber tulisan saya yang membahas tentang cara membuat kue lapis

jangan lupa kunjungi website aku yah tutorial lengkap cara membuat segala jenis ku lapis dilengkapi dengan gambar dan juga video klik disini

Herlia Sandra mengatakan...

Alhamdulillaah senangnya hatiku bisa bikin lapis kanji pandan, meskipun cuma pake pasta pandan cap ikan p***.

Tadi pake resep nya mbak hesti yang lapis coklat, berhubung gak punya coklat bubuk, berati terigu nya harus nya di+ 10 gram yaa..
Tapi tetep ennaaak bangeet mbak..
Masih anget dipotong glenyer2 hihihi, anakku keburu pengen icip2..

Terimakasih resep nya yaa mbak hesti.
Jazaakillahu khoyron mbak hesti.

tutik sundari mengatakan...

Mnk hesti izin copas resep nya ya☺

tutik sundari mengatakan...

Mbk hesti izin copas resep nya ya

Hesti HH. mengatakan...

@Herlia : alhamdulillah mba senang dengarnya. makasih yaaa

@Tutik : silahkan mbaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails