Friday 18 July 2014

Chocolate Chip Cookies



Hari ini bikin kukis coklat chip. Dulu dulunya sih selalu bikin buat  lebaran tapi versi cokelatnya. Jadi namanya kukis cokelat cokelat chip...bingung nggak?? maksudnya kukis cokelat dengan taburan cokelat chip. Nah  kalo yang sekarang kukis putih dengan taburan cokelat chip. Begitcuuuu...

Resep aku lihat di savourysweetlive. Karena positif reviewnya panjang banget jadi penasaran dong. 99 % puas dengan hasilnya. Yang agak ribet cuman di konversi resepnya. Karena beda dikit aja cara kita mengkonversi dari cup ke gram bisa beda pula hasilnya. Selama ini takaran yang aku pake untuk bahan tepung dan bahan cairan sama saja. Tapi khusus resep ini beda. Antara brown sugar dan gula pasir biasa  beda tuh takarannya. Walaupun dengan ukuran yang sama. Antara timbangan Inggris dan Amerika aja beda beda. Nah lho.

Supaya lebih akurat, resep sudah aku konversikan dengan berpatokan pada takaran yang pernah diberikan oleh empunya resep. InsyaAllah udah pas karena hasilnya alhamdulillah enak. Menurutku beda tipis sama kukis coklat chip kemasan. Beneeer!! Rasa dan teksturnya serupa. Tapi syaratnya, resepnya pake full butter ya jangan dicampur margarin. Resep ini sudah kumodifikasi takaran gulanya karena sangat takjub dengan penggunaan gula yang 400 gram untuk penggunaan butter 226 gram. Apa nggak kemanisan ya. Atau jenis gula mereka beda dengan kita. Selain itu di tempatku nggak ada brown sugar. Jadi aku tukar aja dengan gula palem yang dicampur gula pasir biasa total 330 gram. Teteup enak. Apalagi coklat chipnya banyak bener makanya enak. Aku pake 400 gram. Chocolate chip keluaran Ceres.

Oh iya jangan heran ya kalo penampakannya nggak mirip dengan aslinya. Mungkin pengurangan gula berpengaruh sama hasil akhir. Subtitusi gula palem untuk brown sugar juga mungkin pengaruh. Tapi kalau rasa dan tekstur menurutku enak banget. Semoga seenak aslinya ^^
Takaran baking powder juga aku kurangi menjadi 1 sendok teh saja. Dan untuk menambah aroma aku tambahkan 2 sendok makan kopi 3 in 1 sachet. Hasil akhir nggak terasa kopinya tapi aroma kukisnya jadi wangi abis.






Saran dari yang punya  resep, agar lebih mantap kita boleh menambahkan kacang kacangan di dalam adonannya. Mau almond, macademia, walnut dan lain sebagainya. Coklat chipnya juga boleh diganti yang rasa peanut ataupun yang mint. Pokoknya suka suka deh. 

Sekedar info, adonan kukis ini cenderung lembek. Tidak seperti kukis Indonesia pada umumnya yang kalis adonannya. Sehingga untuk menyendokkannya agak susah. Aslinya pake sendok khusus kukis atau es krim tapi menurutkku hasilnya akan berukuran besar sekali. Aku pake sendok teh aja hasilnya lumayan besar karena banyak bahan pengembangnya. Saranku kalau agak susah membentuknya bisa dimasukkan kulkas dulu adonannya.

Hasilnya sekitar 100 kukis ukuran diameter 3.5cm. Di resepnya tertulis untuk hasil 48 buah. Kok beda jauh ya?? Awal awalnya ngebentuk hasilnya kurang bulat, tapi setelah terkena udara beberapa saat adonan mulai bisa dibentuk bulat. Awalnya ketika dipanggang kukis akan meleber dan mengembang. Ketika keluar akan kempis dengan sendirinya.

Resep aslinya bisa dilihat di sini. Berikut resep otak atik versiku ya...

Bahan :
- 226 gr butter
- 200 gr gula pasir, blender
- 130 gr gula palem, blender
- 2 butir telur
- 350 gr terigu protein rendah
- 1/2 sdt garam halus
- 1/2 sdt vanili bubuk 
- 2 sdm kopi instan (saya pake nescafe 3 in 1)
- 1 sdt soda kue
- 1 1/2 sdt baking powder
- 400 gr cokelat chip (boleh lebih)

Cara membuat :
  1. Panaskan oven 360F atau 180C. Loyang biarkan tanpa dioles.
  2. Kocok butter, gula palem dan gula pasir, vanili sekitar 3 menit dengan mixer kcepatan sedang.
  3. Tambahkan telur, kocok lagi 2 menit.
  4. Masukkan campuran tepung, baking powder dan soda kue yang sudah diayak. Aduk asal rata.
  5. Tambahkan cokelat chip. Aduk rata.
  6. Sendokkan di loyang menggunakan sendok teh. Bantu membentuk bulat dengan tangan. Beri jarak karena kue akan melebar.
  7. Panggang selama 12 sampai 14 menit, asal pinggirannya sudah terlihat mulai kuning keemasan. Kalau kukisnya berukuran kecil cukup 12 menit.
  8. Angkat biarkan sekitar 3 menit di dalam loyang karena kukis masih lembek. Setelah mulai mengeras pindah ke rak pendingin. 
  9. Setelah dingin segera masukkan dalam wadah kedap udara.




Hasilnya adalah kukis yang renyah dan ringan cirik khas kukis yang menggunakan soda kue. Seperti kukis kukis kemasan itu. Makan satu gak berasa...hehe

Kalau mau renyahnya bertahan lama. Kukis bisa dipanggang kembali dengan mode warm selama 1/2 jam.


25 comments:

lina said...

mbak mau tanya kalo ngeblender gula pasir pake apa ya?. trims

Unknown said...

Hello mba, kalau adanya butter yg salted gmn?

Unknown said...

makasih mbak udah sharing resep.
aku maw coba resepnya... :):)

Anonymous said...

Halo, salam kenal dari kami myTaste Indonesia.

Ini adalah kontak kedua kali kami yang kami tujukan kepada Anda, mohon maaf jika kami mengganggu aktivitas Anda!

Di myTasteIndonesia.com Anda bisa "Discover" (menemukan) lebih dari 38 ribu resep masakan nusantara, "Share" (berbagi) resep-resep masakan Anda ke semua teman-teman myTaster di seluruh dunia, dan juga! Anda bisa membuat buku masak pribadi Anda di laman kami dan "Save" (simpan) resep-resep favorit Anda sehingga kita bisa saling bersosialisasi di dalamnya. "Discover, Save and Share Recipes" on myTaste!

Tambahkan blog Anda di link ini: http://www.mytasteindonesia.com/tambahkan_blog_anda

Bila ada pertanyaan jangan sungkan untuk hubungi kami di:
info@mytasteindonesia.com

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya!

Salam myTaste Indonesia,
Immanuel Kabuhung

Unknown said...

mbak,
aku udah coba resepnya. hasilnya keras.
trus kemanisan, krn aku pake coklat cip yg milk harusnya yg dark

Hesti HH. said...

Saya pakai blender biasa mbak merk Philips

Hesti HH. said...

Ngga papa mbak, saya juga pakai yg salted kok

Hesti HH. said...

Apa gak kelamaan diaduk menggunakan tangan mbak....biasanya itu penyebab kue keras. Atau karena adonan lembek kita cenderung tergoda untuk menambahkan tepung. Kalau menurutku manisnya dah pas,,,tapi balik lagi ke selera orang masing masing

Anonymous said...

salam kenal mb hesti,saya penggemar blognya mb hesti.hehe.resep ini dah tak coba.top buanget,enaak,pke choco chip ceres milk&kcg mede cincang,manisnya pas.tapi ko adonane gampang bgt mbleber y mb?ato saya mixernya kelamaan?makasi

Hesti HH. said...

Salam kenal juga mbak,

Alhamdulillah mbak kalau sukses bikinnya dan maknyusss rasanya. Seneng dengarnya. Tentang adonan yg bleber emang kukis luar modelnya banyak yang begitu mbak...tapi semoga tidak mengurangi rasanya yang enak ^^
Makasih ya mbak dah feed back ke aku

Unknown said...

mbak, aku sptnya kelamaan panggang jadi bikin kukis keras, nanti aku coba lagi deh. penasaran blom berhasil "menaklukan" kukis coklat ini.. :)

Hesti HH. said...

Iya mbak...ini cuma 14 menit dan kurang kalau ukurannya lebih kecil. Awalnya pas baru diangkat mmng lembek. Tapi begitu dingin dia mengeras mbak. Kalaupun mau ditambah (krn beda oven beda panasnya) jangan lebih dari 5 menit mbak. Semoga yg berikutnya sukses yaaa

Anonymous said...

hai mbak hesti.. saya kmrn uda coba resepnya enaaak bgt. Jadinya banyak dan abisnya cepet banget. Hahaha.. cuma yg saya bikin kemaren apa mungkin agak kurang matang atau kurang tipis ya? hasil panggangan saya yg awal awal agak empus2 gtu, ga begitu keras. Hhehe.. mau dilamain dkit takut gosong 😭😭

Hesti HH. said...

IYa mbak kalo tebel jadinya agak empuk karena dalamnya kurang garing. Bisa dibikin tipis atau panggangnya ditambah waktunya dikit ^^ aslinya ini renyah banget lho

Anonymous said...

Mbak, aku lisa..kalo pake margarin trus pake resep ini bisa gak ya?

Hesti HH. said...

Bisa aja mbak cuma beda rasa/wangi dan teksturnya lebih renyah yg pake butter ^^

Anonymous said...

mba hesti kalau ga pakai baking powder apakah mempengaruhi hasilnya? pengen coba (rani)

Hesti HH. said...

Ngga terlalu ngembang dan nggak serenyah yg pakai mba.

Unknown said...

Halo mbak,kalo gula pasirnya saya ganti ke gula palem aja pengaruh ke hasil adonannya gak?
Makasih ya

Hesti HH. said...

Boleh mba, malah lebih enak menurutku ^^

Anonymous said...

Mba, kalo baking powder diskip, cuma pk baking soda aja apa renyah jg?

Hesti HH. said...

Sepertinya bisa saja mba....

Anonymous said...

Halo lagi,Mbak Hesti! *belum bosen liat komentar dari aku kan,Mbak?* hihihi :p
mau laporan. hehehe. kemarin siang coba buat cookies ini. Sukaaaa!! :D
sebelumnya pernah nyoba bikin chocochips cookies dengan resep lain, tapi hasilnya kurang memuaskan.
kemarin, dalam rangka nyobain r*y*l p*lmi* margarin-butter yang aku beli pas diskon di mini-market deket rumah, aku coba buat resep ini deeeh.
Suka banget sama wanginya! setelah nginep di toples semalaman, kue masih keliatan kering, tapi pas dimakan ga se-crispy pas baru mateng. mungkin aku ada salah sdikit pas manggang. tapi soal rasa mah juara! :D Thanks a lot ya,Mbak! :)

Hesti HH. said...

Alhamdulillah mba kalau cocok ^^
Kalau mau lebih garing panas oven dikurangi tapi waktu panggang ditambah. Simpannya juga harus dah dingin betul lalu taruh dalam wadah kedap udara

Unknown said...

DItambahin sari kopi dari mesin kopi itu nambah enak gan, kemarin saya nyoba resep ini. Terimakasih >,<

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...