Rabu, 09 Juli 2014

Dendeng Ragi



Ini dia olahan daging yang sudah lama masuk dalam "to make" listku tapi baru kesampaian sekarang bikinnya. Suka sekali kalau mamaku yang bikin. Gurih daging bercampur kelapa gorengnya... . Resepnya aku ambil dari buku "Lauk Kering" oleh Yasaboga. Berikut resepnya...

Bahan : 
- 350 gr daging sapi has dalam
- 1 butir kelapa yang agak muda, kupas, parut memanjang
- 1 lembar daun salam
 
Bumbu halus :
- 2 sdt ketumbar, sangrai
- 1/4 sdt jintan, sangrai
- 3 siung bawang putih
- 5 butir bawang merah
- 1 potong lengkuas
- 1 sdm garam
- 2 sdm irisan gula merah (kalau suka manis boleh ditambah)
- 1 sdm air asam 

Cara membuat :
  1. Potong daging tipis tipis melintang serat. Campur irisan daging dengan bumbu. Biarkan meresap selama 15 menit.
  2. Masukkan ke dalam wajan tanpa air, lalu tutup. Masak dengan api kecil sampai air daging habis.
  3. Masukkan kelapa parut, lalu sangrai dengan api kecil sampai kuning kecokelatan.
  4. Bubuhkan 3-5 sdm minyak goreng, sangrai kembali.
  5. Setelah warnanya kecokelatan dan rasanya sesuai selera, angkat.
Hasilnya alhamdulillah enak. Tapi dagingnya agak alot dikit. Kayaknya potongan dagingku kebesaran deh. Setelah konsultasi dengan mamaku katanya agar dagingnya tidak keras atau alot potongnya kecil kecil dan tipis aja dan agak dicincang (tidak hancur). Cincangan yang demikian itu membuat serat daging hancur namun ketika terkena panas dia akan menyatu kembali namun menjadi lembut. Ini ajaran emak beliau dulu. Kalau sekarang bisa juga potongan daging itu kita pukul dengan pemukul daging. Kelapa juga harus disangrai dengan api kecil agar kuning kecokelatannya rata. Kalau apinya besar maka kelapa tidak akan sama warnanya. Ada beberapa bagian yang terlihat lebih gelap (gosong) dibanding yang lainnya. Kelapa juga tidak disangrai sampai kering sekali. Cukup kering saja tapi masih agak lembab biar rasanya masih enak dimakan. Satu lagi tipnya mama...daging bumbu dan kelapa semuanya sebaiknya langsung diaduk bersamaan, panaskan minyak lalu tumis daging bersama bumbu dan kelapa dengan api kecil sambil diaduk terus sampai kering dan harum.

Lain kali kalau bikin lagi aku mau coba tips mamaku. Semoga sukses hasilnya ^^

4 komentar:

Rima Rahman mengatakan...

mbak hesti,jadi sangrai kelapa dulu atw masak daging dl baru masukin kelapanya sambil disangrai?
rada2 lemot nih baca resepnya ^^

Hesti HH. mengatakan...

MAsak daging baru masuk kelapanya mbak...hehe

nur trask mengatakan...

Salam kenal mba Hesti, resep kelapa Nya ini bisa di jadi kan ketan serondeng juga kah?
Terimakasih .

Hesti HH. mengatakan...

Bisa banget mbak,,,,

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails