Kamis, 19 Juni 2014

Talam Rebon




Aslinya kue talam ini adalah talam ebi. berhubung di sini gak ada ebi, aku pake rebon saja. Enak juga, wangi juga. Cuma kata Hanif  "Kok baunya kayak terasi bu?" ya jelaslah...lha terasi kan dari udang jadi wanginya mirip...hehe

Berbeda dengan resep yang sudah pernah aku bikin, kali ini bikin versi mamaku. Menggunakan terigu dan meniru metode pembuatan kue nona manis. Hasilnya lembut dengan bagian tengah yang gurih. Bagian tengahnya sangat lembut sehingga pas buat diberi taburan. Taburannya bakal lengkeeeet ^^

Takarannya pake cangkir teh aja ya. Bukan mug.


Bahan I :
- 1 butir telur ayam
- 1 sdm gula pasir
- 1 cangkir santan
- 1 cangkir terigu
 
Bahan II :
- 1 cangkir santan
- 1/2 cangkir maizena
- 1/2 sdt garam
 

Bahan III :
- 1 cangkir santan kental
- 1 sdm gula pasir
- 2 sdm tepung beras
- 1/4 sdt garam



Taburan :
- 1 buah cabe merah
- 3 buah cabe rawit, potong-potong
- 30 gr rebon, rendam air panas, tiriskan lalu sangrai hingga kering
- 2 siung bawang putih
- 1 cm kencur
- 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya lalu iris halus
- 1/2 sdt gula pasir
- garam secukupnya
- 2 sdm minyak
- 1 sdm bawang goreng, remas-remas
- daun seledri, cincang halus


Cara membuat :
  1. Bahan taburan : blender semua bahan kecuali cabe rawit, bawang goreng dan seledri. Tumis semua bahan yang telah diblender sampai harum. Tambahkan cabe rawit, aduk sampai layu. Matikan api. Sisihkan.
  2. Bahan I : kocok telur dan gula sampai mengembang (tidak kental berjejak). Turunkan kecepatan mixer, masukkan terigu, kocok rata. Tuang santan lalu aduk sampai rata.
  3. Bahan II : campur santan, garam dan maizena. Masak di atas kompor sambil diaduk terus sampai meletup-letup. Angkat.
  4. Campurkan adonan I dan II. Gunakan mixer hingga tercampur rata. Sisihkan.
  5. Panaskan dandang unuk mengukus.
  6. Bahan III : campur santan kental, gula, tepung beras dan garam. Aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Masak sambil diaduk terus agar santan tidak pecah. Setelah mendidih angkat segera dari kompor.
  7. Siapkan cetakan cucing yang sudah diolesi minyak. Tuang adonan telur hingga hampir penuh. Beri tengahnya adonan santan menggunakan sendok. Kukus selama kurang lebih 7 - 10 menit (tergantung besar kecilnya cucing) dengan panas sedang.
  8. Angkat dari kukusan. Rendam di dalam talam berisi air biasa agar mudah dilepaskan. Biarkan sebentar.
  9. Kikis sedikit sekeliling cucing menggunakan sendok atau pisau lalu balikkan kue di atas telapak tangan. Segera letakkan di piring. Semua dilakukan dalam keadaan cepat agar adonan santan yang di tengah tidak beleber di tangan.
  10. Beri taburan rebon, daun seledri dan bawang goreng.
  11. Talam siap disajikan.

2 komentar:

mimie mengatakan...

mbak...cantik piring tingkatnya.... #salah fokus #kedapkedip ..eheheh

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak Mimie...ini dapatnya di toko Kedaung mbak...produk dalam negeri. Murah meriah. Aslinya cantolannya kuningan, tp berhubung ada yg gak lengkap cantolannya aku pake cantolan tier yg lain.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails