Minggu, 22 Juni 2014

Fruit Cocktail



Masih dalam rangka sharing menu takjil, hari ini aku bikin cocktail buah. Dulu udah pernah dishare tapi sekarang diupdate lagi ya. Yang ini insyaallah semua pada suka karena manis dan syeger. Cocok banget tuk buka puasa. Cocok juga buat lebaran. Kalau lebaran yang duluan habis ya es buah ini. Isinya pepaya, nanas dan labu siam. Biar banyak variasinya aku tambahkan longan kaleng, nata de coco, jelly siap pakai dan potongan agar agar. Sekali bikin bisa buat 3-4 hari. Buah buahan segar yang dimasak dengan air gula nantinya jangan langsung dicampur dengan buah kaleng. Kalau mau disajikan baru dicampur. Caraku sih begitu, untuk mempertahankan kesegaran masing masing buah. Kalau tidak ingin menggunakan buah kaleng bisa ditambahkan selasih atau melon. Intinya buah apa saja yang teksturnya tidak terlalu lembek bisa ditambahkan ke dalam cocktail ini. Sesuaikan selera saja.

Untuk pepaya aku suka dibikin manis karena nanti penyajiannya akan ditambah es batu. Penggunaan gula yang banyak juga membuat pepaya bertahan lama/awet di kulkas.

Bahan :
- 1 buah pepaya yang berukuran sedang (yang baru matang dan masih keras)
- 1 buah labu siam, kupas, bersihkan getahnya lalu potong dadu
- 1/2 buah nenas, kupas, buang tengahnya lalu potong potong
- 1/2 kg gula pasir
- 1/2 sdt citrun
- 1 sdm kapur sirih
- 2 liter air
- 1 bks nata de coco
- 1 kaleng longan

- 1 bks agar agar,  masak bersama 100 gr gula
- 1 bks jelly siap pakai
- 1 kaleng minuman soda rasa lime (mis : sprite)

Cara membuat :
  1. Setelah pepaya dicuci dan dipotong potong rendam dengan setengah liter air dan kapur sirih (yang sudah disaring) sampai mengeras sekitar 4 jam. Cuci bersih sampai tidak ada jejak bau kapur sirih. Sisihkan. Kukus labu siam sebentar saja (sekitar 5 menit). Sisihkan. Cuci nanas dengan air garam lalu potong potong.
  2. Rebus air sampai mendidih dan tambahkan gula pasir, aduk sampai gula larut dan mendidih lagi. Kalau ada kotorannya bisa disaring. 
  3. Masukkan pepaya, menyusul labu siam. Masak beberapa saat. Begitu akan mendidih langsung matikan api. Jangan tunggu kelamaan mendidih karena buah akan menjadi lembek. Masukkan nanas. Aduk rata. Matikan api segera. Beri 1/2 sdt citrun, aduk rata. Hilangkan uap panasnya dan dinginkan di kulkas.
  4. Cara penyajian : Campur pepaya secukupnya dengan longan, nata de coco, agar-agar dan jeli.
  5. Tuang minuman soda, aduk rata dan tambahkan es batu agar lebih segar.

2 komentar:

Oma Msy mengatakan...

Assalamualikum....
Trims banget resepnya, saya ingin sekali buat koktail ini, resep asli pengalaman sendiri....and two thumb for your picture, nice job!

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Makasih mbak semoga sukses hasilnya yaaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails