Jumat, 13 Juni 2014

Puding Kentang Gula Merah




Dulu aku sering bikin puding kentang ini dengan lapisan cokelat seperti resep aslinya. Tapi sejak lihat postingannya Ci Shirley yang membuat puding ini dengan lapisan gula merah jadi tertarik tuk mencoba juga. Apalagi review beliau enak...alias cocok banget apabila kentang dan gula merah disandingkan.

Hari ini kesampaian juga bikinnya. Aku bikin dengan sedikit penyesuaian karena menurut teman teman bagian puding kentangnya agak kemanisan. Aku kurangi sedikit gulanya. Pas rasanya. Untuk lapisan gula merah juga aku bikin tiga perempat dari resep Ci Shirley. Resep asli puding gula merah ini dari mba Ricke "Ordinary Kitchen".

Hasilnya?? emang betul kata Ci Shirley, kedua puding ini berjodoh sehingga ketika disatukan pas banget menurutku. Malahan lebih enak dari resep mamaku yang menggunakan cokelat untuk lapisan atasnya. Lumayan dapat resep baru lagi yang enak.

Warna puding gula merahku lebih gelap dari punya Ci Shirley, mungkin jenis gula merahnya agak berbeda. Berikut resepnya ya...


Bahan puding kentang  :
- 200 gr kentang kukus, diblender 
- 175 gr gula pasir
- 1 butir telur utuh + 2 kuning telur
- 1½ sdm  margarin, dilelehkan
- 150 ml susu kental manis diencerkan dengan 150 ml air
- 25 gr tepung terigu
- 25 gr maizena
- ½ sdt vanili
- margarin secukupnya untuk polesan loyang


Bahan puding gula merah :
- 225 gr  gula merah, sisir halus, rebus dengan 50 ml air hingga mencair, lalu saring
- 600 ml  santan kental (bisa dibuat dari 300 ml santan kental instan + 300 ml air)
- 1/4 sdt  garam

- 1 butir telur, dikocok lepas
- 1 sachet (7 gr) agar-agar bubuk warna putih
- ¼ sdt  vanili bubuk
- 3 lembar  daun pandan, cuci bersih, sobek sobek lalu simpulkan
 

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang bulat diameter 22 cm (atau loyang kotak 20 x 20 x 7 cm) , polesi dasarnya dengan margarin agak tebal.
  2. Puding kukus kentang : kocok telur, gula dan vanili sampai kental dan putih. Masukkan berturut-turut sambil tetap dikocok dengan kecepatan rendah: kentang, larutan susu dan margarin cair. Kocok pelan sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu dan maizena, kocok rata. Tuang di dalam loyang.
  4. Kukus selama 30 menit api panas sedang agar puding tidak menggembung. Angkat.
  5. Puding gula merah : masukkan santan ke dalam panci, tambahkan larutan gula merah dan garam, aduk rata. Masukkan telur, agar-agar dan vanili bubuk, aduk rata. Kalau perlu saring agar putih telurnya bisa halus. Masukkan daun pandan yang telah disimpul.
  6. Masak cairan agar-agar dengan api kecil, aduk searah secara perlahan dan konstan. Jika ada buih atau gelembung udara, sisihkan dengan menggunakan saringan. Ketika mendidih pertama, langsung matikan api (agar lapisan santan tidak pecah). Aduk-aduk sampai uap panasnya berkurang.
  7. Tuang sedikit sedikit di atas puding kentang. Setelah hilang uap panasnya, masukkan ke dalam kulkas.
  8. Setelah dingin dan mengeras, puding siap dipotong.

 
 

24 komentar:

Nisa-mom mengatakan...

aduuuh.... mau.. mau...langsung print resep :)))

Jual Oil Cooler Murah mengatakan...

wihh enak banget tuh puding kentang gula merah mantapp

dhewi putriani mengatakan...

Mba kocok sampai kental itu mksdnya sampai berjejak gitu kah adonannya???

Hesti HH. mengatakan...

Gak perlu mbak, sampai putih ngembang aja nggak usah sampai berjejak karena ini bukan cake.

Hesti HH. mengatakan...

Ayo mbak, cocok buat buka puasa niy ^^

mus'idah hasan mengatakan...

Hmmmmm keliatanx nyummy banget...harus kucoba nih mba hesty...

mus'idah hasan mengatakan...

Mba klo pk tepung kentang bisa gak yah...aku punya tepung kentang soalx

sribudi utami mengatakan...

Salam Mbak Hesti
Mbak kalau maizena di ganti tapioka bisa?

Hesti HH. mengatakan...

Yuuuuuk dicobaaaa....

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak saya sendiri blm pernah coba jd gak berani jawab...hehe

Hesti HH. mengatakan...

Saya ragu mbak, takut beda di hasil. Kalau tapioka dan sagu bisa saling menggantikan tapi kalau maizena beda lagi mbak

mus'idah hasan mengatakan...

Sudah aku bikin mba, pk tepung kentang yg disiram air panas dulu sampai teksturx persis sprti kentang yg dihaluskan, enak sih,cm penampakanx koq gak nyambung yah antara kentang sm pudingx, cake kentangx lengket di loyangx,pdhal sdh dioolesi mentega. Oh yah mba ini cake kentangx teksturx keras apa lembek yah.hihihi, sy khilaf nambah2 terigu sm maizenax, 20gr itu brp sendok makan sih mba? Thanks

Yulia Stevie mengatakan...

Hallo mba hesti, slm kenal sy yulia..
Sy udah coba resepnya mba, memang betul gula merah dan kentang cocok banget jadi pasangan ya hihihihi..

Oh iya mba,klo boleh tau cake stand ny cari dimana ya, sy gak pernah dapet keramik putih polos gitu, selalu dapet yg motif / berukiran..kali2 aj beli di olshop, boleh kasi tau sy gitu..hehehe

Hesti HH. mengatakan...

@Mus'idah Hasan : saya juga kurang ngerti mbak karena belum pernah pake tepung kentang. Munggkin beda konsistensinya. Tapi kalau puding ini bagian kentangnya sangat lembut tidak padat sama sekali...

Hesti HH. mengatakan...

@Yulia Stevie : Halo mbak Yulia...nah kaaaaan kita sepakat *tossss dulu*
Kalau cake standnya beli di informa mbak...harganya 130rb untuk diameter 30 cm 2 tahun lalu

novalind johan mengatakan...

Mbak Hesty, saya nanya doong.. Seperti juga komen diatas, koq puding saya lengket ya yg bagian kentangnya.. Trus y bagian coklat nya malah ga mau nempel sama si kentang, ada tips ga mbak gmn supaya si coklat nempel ke kentang dan si kentang nya yg ga perlu nempel sama si loyang.. Sebelumnya, makasih ya mbak Hesty.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Mungkin olesannya kurang banyak mbak atau kukusnya kurang lama sehingga kentang masih mentah mbak, Tipsnya kentang nya digaruk menggunakan garpu permukaannya sebelum dituang pudingnya

novalind johan mengatakan...

Mbak Hesty, saya udah bikin kemarin, berhasil. Saya udah tau kesalhan saya waktu pertama bikin. Sekarang loyang nya saya oles minyak, pas kentang sudah masak saya dinginkan dulu, lalu sya pindahkan ke loyang lebih besar. Atas nya saya tusuk2 pakai pisau baru saya tuangkan puding gula merah nya. Yang ada kentang nya jadi ngambang ditengah2. Mirip kayak puding cake pandan mbak Hesty. Btw, makasih mbak yang selalu mengajarkan saya. *peluuukk erattt*

Hesti HH. mengatakan...

Alohamdulillaaaaahhh....sekarang udah tau selanya di mana. Emang harus kreatif sih ya tukang kue itu...hehehe. LAin kali mau coba versi mbak yg ngambang di tengah kentangnya. Koyoe cantiiikkk...tengkiu yaaa *peluuuk*

Anonim mengatakan...

mba itu kan telur nya di masak dgn agar2 apa gak bermasalh kalau telur d masak

Hesti HH. mengatakan...

InsyaAllah ngga mba asalkan begitu mendidih langsung diangkat

Tanti Rachmad Hartanto mengatakan...

Mba hesti itu susu kental manis 150ml sesudah czmpur air atau 150ml susu kentalnya saja?

agus mengatakan...

Mbak... ada lagi ga resep untuk gula merah nya??? nih mertuaku ngasih gula merah lumayan banyak... bingung mau di buat apa...

Hesti HH. mengatakan...

@Tanti : 300 dgn air mba

@Agus : Banyak banget mas...silahkan lihat di label jajanan tradisional. Ada juga cake bolu rampah atau puding santan gula merah

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails