Thursday, 19 June 2014

Pisang Hijau



Karena dapat resep pisang hijau dari mbak Atyk Murtiningsih yang kayaknya dari segi tekstur lebih enak, penasaran langsung bikin hari ini. Cara bikin mirip aja kayak resepku terdahulu. Dari segi bahan beda karena yang ini menggunakan tepung terigu plus tapioka. Udah kebayangkan teksturnya pasti agak kenyal kenyal. Dari segi efisien tentu saja karena tidak perlu dikukus lagi. Setelah dibentuk bisa disimpan dalam lemari es.

Setelah nyobain aku puas sama hasilnya. Walaupun bikinnya belum bisa semulus mbak Atyk...sudah lumayanlah. Rasanya maksnyusss...itung itung latihan buat persiapan takjil  ramadhan nanti. Tengkiuu mbak Atyk tuk resep resep inspiratifnyaaa...muaaachh
Untuk vla aku tetap menggunakan resepku ya.

Bahan pisang hijau :
- 250 gr tepung terigu
- 100 gr tepung tapioka
- 1 sdt garam
- 3 sdt gula
- 700 ml santan
- 50 ml air pandan suji
- 3 sdm minyak
- 1 sisir pisang raja yang matang sekali (kulit sudah berbintik hitam), kukus

Saus (larutkan dan masak semua bahan sampai meletup-letup) :
- 1200 ml santan dari 1 butir kelapa
- 150 gr tepung beras
- 1/2 sdt garam
- 200 gr gula pasir (or sesuai selera)
- 2 lmbr daun pandan

Cara membuat :
  1. Larutkan tepung terigu, tepung tapioka, gula, garam, minyak, air pandan dan santan sampai halus tidak bergerindil. Kalau perlu disaring.
  2. Tuang di talam lalu kukus sekitar 15 menit sampai matang.
  3. Panas-panas pipihkan menggunakan plastik agar tidak melengket. Supaya lebih mudah gunakan sendok plastik (sendok nasi rice cooker) untuk membantu. Beri isi pisang lalu tutup dan bentuk seperti pisang.
  4. Siap disajikan bersama vla, sirop merah dan es serut.

21 comments:

Anonymous said...

cocok untuk buka puasa di hari pertama mbak.idah

Lina IbunyaAzRaf said...

Membentuk adonan kulitnya suliy ga mba? Kan panas dan lengket?

Sebenarnya resep pisang ijo mba hesti ini uda ngantri dr tahun lalu, tp blm smpet d praktekkan... hehehe... jadi makin pengen bikin... hihi...

^_.°

Anonymous said...

hai mbak, aku pemula dalam memasak. ak mau tanyak, santannya itu cair atau kental? kalau diganti pake santan instan / kara diperbolehkab ga?☺️

Anonymous said...

hi kak. ak pemula dlm memasak. hehe aku mau tanya, santan yang digunakan adalah santan kental atau cair? kalo aku ganti pke santan instan/ kara diperbolehkan ga? 😊

Anonymous said...

hi kak. ak pemula dlm memasak. hehe aku mau tanya, santan yang digunakan adalah santan kental atau cair? kalo aku ganti pke santan instan/ kara diperbolehkan ga? 😊

Anonymous said...

mbak hesty...sy fans blognya mbak...mo nanya neh....enakan mana kl es pisang ijonya pke tepung beras ato yg pke tepung terigu...tq ya mbak...

Hesti HH. said...

Betuuullll...

Hesti HH. said...

Susah susah gampang sih mbak, nggak terlalu panas kalo udah dibikin satu satu kok ^^
Ditunggu buatan mbak Lina yaaa

Hesti HH. said...

Santan cair aja mbak biar gak blenek karena kuahnya santan juga. kalau pake kara bisa diencerkan. Beda rasa emang tapi bisa menggantikan...tetep enak kok

Hesti HH. said...

Untuk kullit santan cair mbak, yang bagian agak kentalnya buat kuahnya.

Hesti HH. said...

Kalau menurutku enak dua duanya, tapi kalau dingin yang terigu cenderung lebih lembut dibanding tepung beras. tapi berpulang ke selara masing masing orang

Anonymous said...

Mba hesty aku pake resep ini jualan dibulan puasa wah الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ laris manis mbak...tq ya resepnya.ina

Anonymous said...

pisau hijaunya enak mbak tp blm bs mulus seperti bikinan mbak..makasih resepnya.."idah"

Anonymous said...

mba hesti....satu resep ini kira2 jd brp porsi ya?
-Rista,Balikpapan-

Hesti HH. said...

Alhamdulillah, barokallah ya mbak. Laris terus ^^

Hesti HH. said...

MAkasih mbak, memang mulus itu butuh jam terbang tinggi mbak jd jangan kawatir, Lama kelamaan mulus juga...hehe

Hesti HH. said...

10-12 buah mbak tergantung ukuran pisangnya.

Anonymous said...

mbak mao tanya donk terigunya merk apa?protein sedang apa tinggi gitu?

Hesti HH. said...

Protein sedang aja mbak...

Hesti HH. said...

Contohnya segitiga biru atau kompas

AR Amelia said...

mbak Hesti, aq kemaren coba buat es pisang hijau pakai resep ini, puas bgt sm hasilnya. enak mbak dan simpel. monggo mampir ke blog ku mbak kalau berkenan :) http://blogaramelia.blogspot.com/

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails