Senin, 07 Mei 2012

Halo Halo...sweet dessert from Philipines


Halo halo nama yang lucu ya buat sebuah dessert. Tapi ini adalah halo halo Philipina bukan Indonesia, kalau di Philipina halo halo berarti mix mix atau campur campur. Yaaaaa...mirip mirip es campur kita lah.

Karena keseringan posting kue dari ubi jalar, aku dapat tantangan dari Mbak Pepy "Indo Eats" tuk bikin dessert khas Philipina ini. Awalnya aku agak kurang tertarik...lihat bahannya yang super duper kompleks *waduuuuh bahasane* hihi. Memang sih bahannya lebih banyak dari es campur khas Indonesia, dan bukan hanya itu, kalo melihat bahan bahannya dan membayangkan rasanya kok kayak campur aduk ya...? Kalau cuman  es serut plus nangka plus agar/jelly plus tapioca pearls plus kacang merah plus kelapa muda sih menurutku masih masuk akal ya. Tapi ini...lhaaa ada tambahan potongan ubi rebusnya, ada juga es krimnya ditambah lagi pisang yang kayak kolak itu...waaaaaah puyeng duluan.

Tapi ternyata aku kepikiran juga. Resep ini lumayan menantang menurutku. Penasaran !! Karena ada beberapa bahan yang memang harus dibikin lebih dahulu seperti caramelized banana, tapioca pearls dan es krim ubinya. Akhirnya aku bulatkan tekad...harus bisa bikin. Hayoooo...semangat!




Bahan yang harus aku bikin terlebih dulu jelas harus es krim ubi ungu. Resep aku lihat dari blog Wati Cookery, tengkyuuuu Mbak Wati... . Nah itu aku bikin dari 2 hari yang lalu. Rasanya enaaaak tapi agak berat. Benar kata Mbak Wati satu scoop udah cukup. Kebanyakan bisa blenger, hihi. Ubi kan agak berat tuh jadi es krim ini lumayan mengenyangkan. 

Tadi aku bikin pisang yang dimasak bersama karamel dan juga tak lupa bikin tapioca pearlsnya. Setelah itu tinggal menyiapkan bahan bahan pendukung lainnya yang tentu saja mudah didapatkan. Kelapa muda, kacang merah (aku masak sampai empuk lalu ditambahkan gula pasir), nangka, agar agar (aku masak dengan tambahan jelly supaya teksturnya asyik),  Ada satu yang aku nggak ketemu, kolang kaling. Secara kalau di tempatku kolang kaling adanya pas ramadhan aja. Jadi sekarang nggak mungkin ketemu. Biasanya juga di supermarket ada yang kalengan, tapi kali ini aku betul betul nggak nemu. Sebenarnya malah banyak bahan bahan tambahan lainnya. Di sana tiap daerah berbeda juga resepnya. Ada yang pake jagung manis, nata de coco, ada juga yang pake aneka kacang kacang lain. Malah sebenarnya harus juga ada puding karamelnya. tapi aku skip aja. Begitu juga dengan susu evaporatednya aku ganti dengan susu kental manis.

Yah...pokoknya bahan bahan intinya sudah ada. Untuk kuahnya dari es serut dan susu kental manis. Cara bikinnya susun es serut di dasar gelas. Setelah itu tata bahan-bahan lainnya di atas es serut. Tuangi susu kental manis dan terakhir beri es krim ubi ungu. Waaaaaaah....kalau dari tampangnya udah kelihatan mirip halo halo ya. Tapi pas diicip enaaaak sih tapi menurutku 'to much going on'...hahaha. Mungkin karena kita nggak biasa aja ya. Buktinya es ini sangat populer di sana. 

Akhirnya gelas berikut untuk anak anak dan hubby hanya aku bikinkan es campur biasa. Minus pisang, ubi rebus, dan es krim. Itu nanti aja dimakan sendiri. Mereka pun menghabiskannya dengan semangat.

Tuk Mbak Pepy...makasih banyak motivasinya. Walaupun belum jadi makanan favorit...tapi senang juga bisa mencoba dan mencicipi makanan dari negara lain.

9 komentar:

dapurCikWan mengatakan...

heaven! nampak sedap.. =)

CT Delima mengatakan...

As'salam Hesti

Aduhhh pagi2 udah dijamu mata dengan hidangan yang sangat enak, tapi bila baca dari mula hingga akhir memang payah mahu k.ct buat. bukan enggak bole buat tapi malas deh hahaha. Mula2 baca tajuknya aje Halo Halo maybe ada sejarah disebaliknya kan. Rupanya dessert yang sememangnya enak dilihat tambah lagi kalau dapat merasa aduhhh asik sekali. ngences k.ct dirumah hehehe

rajin ya Hesti mencuba menu2 yang baru, hasil godek2 didapur Hesti memang kebanyakkan nya k.ct suka banget. banyak yang sudah di bookmarks, mahu coba aje yang belum kesempatan, mohon halal ya Hesti sayang :D

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih Cik Wan...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam Kak CT,

Betul itu Kak, memang agak payah buatnya. Inipun saya cuma buat sekali saja hanya untuk melepaskan rasa penasaran akan rasanya. Enaaak... tapi kalau ada yang jual saya beli aja lah, hahaha. Silahkan Kak CT dicoba resepnya kalau suka...

mui mui mengatakan...

Hi Hesti,
Wow!! This dessert is so colour and full of surprising ingredients.
Like to try this out in future.

rahel mengatakan...

Selamat malam Kak Hesti...
wah cepat banget bkin halo halo yah..dulu pernah liat di tv aja..dibawakan oleh Chef Bruce Lim..ternyata udah nyampe di sini..pengen sih..hehe..kapan-kapan mampir di dapur Rahel yah..

Hesti HH. mengatakan...

Thanks Miu Miu. It's true! this dessert has different flavor and texture all in one. Great experience making this as well as eating it!

Hesti HH. mengatakan...

HAlo...salam kenal Rahel...

Iya, udah lama penasaran akhirnya disempatkan bikin. Rasanya sangat *mix mix* sesuai namanya, hehe. Iya nanti aku mampir ya, dan makasih udah mampir di blogku ^^

Pepy | Indonesia Eats mengatakan...

LOL aku malah lupa soal ini

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails