Senin, 26 Maret 2012

Matcha Bubble Drink

IMG_4970-crop


Bubble drink adalah minuman berupa es teh, yang ditambah susu maupun jus buah dan dilengkapi dengan bubble yang terbuat dari biji biji tapioka. Mulai muncul di Taiwan pada tahun 1980an. Sekarang sudah populer di negara negara seperti Amerika, Canada dan Australia serta negara Eropa lainnya dengan banyak varian rasa. Awalnya aku kira nama bubblenya dari biji biji tapiokanya eeeh ternyata bukan. Dinamakan bubble karena minuman ini pembuatannya dengan cara dikocok/diblender hingga tercipta busa busa di permukaannya. NAh busa busa ini yang disebut bubble. Tapi karena tapioca pearlsnya juga berbentuk gelembung bulat maka banyak orang mengartikan bubble sebagai tapioca pearlsnya. Well...cukuplah pembahasan bubblenya, nggak masalah juga. Yang penting bubble ice tea ya begini ini bentuknya hehe. Dan supaya gampang, ya kita sebut saja si tapioca pearlsnya dengan bubble. Setujuuuu??
IMG_4960

Sudah lama antri di waiting listku, akhirnya kebikin juga. Malu sama Mbak Elsa, janjinya diundur undur terus, hihi *hallooo MBak Elsa...peaceee!

Sebenarnya dari kemarin sih bikinnya. Kemarin aku bikin bubble jasmine tea. Langsung habis sama anak anak. Pulang sekolah mereka minum. Sorenya minta lagi, giliran bapaknya pulang kerja eeeh udah habis duluan, hihi. Nggak nyangka kalo mereka suka, padahal bahannya simpel aja. Cuman teh jasmine tambah susu kental manis dan es batu. Tapi mungkin tekstur chewy dari bubblenya yang bikin makannya...eh minumnya seru. Dan yang lucu ternyata bubblenya lebih besar daripada sedotannya, padahal aku usahakan bikin bulat bulatannya sekecil mungkin. Jadi sewaktu disedot gak bisa lolos ke mulut. Terpaksa deh pake sendok. Tapi tetap saja habis...




IMG_4949


Cuman karena nggak puas dengan warna bubblenya, hari ini aku bikin lagi. Di sini kan nggak ada yang jual bubblenya itu jadi aku harus bikin sendiri. Aku penasaran pengen menghasilkan bubble warna hitam kayak yang dijual dalam kemasan itu. Lebih cantik kelihatannya dan lebih dramatis karena kontrasnya. Tapi puyeng karena nggak punya pewarna hitam. Akhirnya aku dapat ide untuk mencampur pasta cokelat dengan sedikit pewarna hijau...dan jadinya warna apa ya...bingung dibilang hitam juga enggak dibilang cokelat juga bukan. Sewaktu masih menjadi adonan mentah warnanya cokelat keabu-abuan, setelah direbus taraaaaaa....!! hitam saudara saudara...hihi berhasil berhasil!! alhamdulillah senangnyaaaa...

Rasa greenteanya juga enak, wanginya juga enak...pokoknya semua enak. Syaratnya pilih greentea bubuk khusus buat bikin kue/minuman...bukan dari teh hijau asli diblender ya ibu-ibu, dijamin pahit!! hehe. Tapi aku juga pernah beli greentea di toko bahan kue, bentuknya persis sama tapi kok nggak wangi dan rasanya agak pahit. Jadi memang harus teliti carinya, jangan sampai salah.

Bahan untuk membuat tapioka pearl atau bubblenya yaitu tepung tapioka dan air mendidih. Tapi karena pengalaman kemaren bikin yang warna merah itu anak anak bilang bubblenya gak ada rasanya, jadi hari ini aku kasih sedikit garam dan setelah matang aku rendam dalam sirup air gula yang sudah didinginkan di kulkas.

Bahan bubble :

- 100 gr tepung tapioka
- 1/4 sdt garam
- air panas mendidih secukupnya

Bahan sirup gula (rebus sampai mendidih, setelah dingin simpan dalam kulkas) :
- 200 gr gula pasir
- 500 ml air

Bahan pelengkap :
- 2 sdm matcha powder (kalau kurang terlalu suka aromanya bisa dikurangi)
- 500 ml susu cair
- simpel sirup/susu kental manis secukupnya
- es serut

Cara membuat :
  1. Taruh tepung dalam wadah. Begitu setelah mendidih, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok dan adonan mulai bergumpal. Lanjutkan mengulen dengan tangan sampai adonan kalis. Kalau masih lengket tambahkan tepung tapioka lagi sampai didapat tekstur seperti plastisin.
  2. Beri pewarna sesuai selera. Bentuk bulat kecil dan letakkan di atas wadah bertabur sedikit tepung tapioka agar tidak saling melengket. Setelah selesai semua, panaskan air hingga mendidih dan rebus bubble sampai mengapung. Angkat dan tiriskan lalu rendam dalam sirup gula dingin. Simpan di suhu ruang, kalau dimasukkan ke dalam kulkas, bubble akan mengeras seperti mentah.
  3. Siapkan bubble dalam gelas saji. Blender campuran matcha bubuk, susu cair, simpel sirup atau susu kental manis dan es serut. Tuang ke dalam gelas saji. Siap disajikan dingin.


Air harus baru mendidih ketika dituang ke dalam tepung. Karena kalau kurang panas, adonan tidak akan jadi dan tidak bisa dibentuk bulat karena akan pecah.



Seperti ini tampangnya. Bener bener kayak plastisin teksturnya. kalau ditarik seperti di atas dia menjulur kayak permen karet...



Bentuk bulat menggunakan telapak tangan kiri dan 3 jari tangan kanan (telunjuk, jari tengah dan jari manis) dengan cara digulung searah spiral untuk membentuk bulat. Dan jadinya di bawah ini setelah jadi...udah mirip kaaaannn...



Ditambah es serut, susu cair, simpel sirup dan greentea bubuk jadi deh...


66 komentar:

Anonim mengatakan...

Duh lgs segar aku mba liat minuman ini apalagi disini lagi panas sekali :-) Nice pic, keep a good work Mba Hesti.

-Ira-

tika hapsari nilmada mengatakan...

Hestiii....aku mau bikin ahhh !!! :D
Nyontek resepnya yaaakkk. Kalo udah jadi dikabarin deh. Eh..rasa bubble-nya mirip kayak HOP HOP gitu ga ?

Hesti HH. mengatakan...

MAkasiiih Mbak Iraaa...

Hesti HH. mengatakan...

Ayo mbak...segera!! hehe

Walaaah mbak, aku nggak pernah makan bubble tea or hop hop seumur umur. Nggak bisa bandingin jadinya *nasib tinggal di daerah terpencil* oh iya tnyata bobanya itu nggak bisa di simpan di kulkas, jadi keras kayak mentah tengahnya. Jadi kalau mau bikin secukupnya saja, buat langsung habis gitu mbak Tika...

ibudirafisa mengatakan...

Dear Hestiiiiiii...
luar biasa ..
eh ternyata kali lebih nikmatnya kalo pake susu yaa..??
aku masih punya tapioca pearlnya .. mau coba pake teh susu ah..
thanks Hes...

Hesti HH. mengatakan...

Haiiii mbak Elsa...

Iya itu aja mbak bisanya di sini. Jadi pake teh susu aja krn nggak ada teh rasa buah buahan. Kalo ada juga aku bikin kayak Mbak Elsa deh, hehe

Ajeng Rani R mengatakan...

Suka banget ama ini mbaa..dulu pernah bikin bubble tapiokanya tapi gagal, terlalu meleber..keenceran kali ya? Mo coba lagi aahh..ngiler liat potonya.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak. AKu tiga kali bikin. Yang kedua gagal...gak bisa dibentuk dan gak pliable. Kalao dibulat-bulatin langsung hancur kering gitu...ternyata air harus benar benar baru mendidih lansung dituang. Sedikit-sedikit aja airnya nanti adonan yg terkena air mendidih jadi kayak lem. Nah lem ini diuleni terus sambil diratakan dengan sisa tepungnya, kalao masih lembek bisa ditambah lagi tepungnya sampai kalis dan seperti di gambar bentuknya.

Vierly mengatakan...

contek.... :) minuman kesukaanku tapi tdk ada di sini kodong... TFS na...

Hesti HH. mengatakan...

Paccena kodong...

Hehe, na lebih parahji saya. Coba satu kalipun belum pernah, eh malah PD bikin sendiri, jadi nda taumi rasanya sesuai apa nda.

yuyun mks mengatakan...

Mba Hesti.... Lam kenal...
Aku penggemar blog mu lho.. Dah ada bbrp yg ku coba, nyammannna Mba.... hehe
Penasaran mau coba yg ini jg... Oiya, greentea bubuk yg dipake merk apa ya Mba ??

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Yun...

Makasih sudah berkunjung ke blog dan mencoba resepnya. Semoga hasilnya tidak mengecewakan, hehe

Greenteanya beli di Vi&Vi tidak ada mereknya. Dalam kemasan plastik bening 100 gr kayaknya. Tapi wanginya khas. Aroma teh tapi beda dengan teh yang biasa...

Rima mengatakan...

Ya ado Hesti.. kamu buat sendiri pearl nya.. i am not a big fan of any bubble tea.. enggak tahu kenapa hehe

Hesti HH. mengatakan...

Hahahaaaaa...sama Kak Rima, aku juga tidak seberapa suka. TApi yang matcha lumayanlah padahal biasanya kalau dibikin kue nggak terlalu suka. Tapi heran...kok anak anak suka sekali. Mungkin juga mereka tidak perduli rasanya, yang penting minuman manis segar dan ada chewy bubblenya...

Anonim mengatakan...

mbak hesti td aq dah nyoba resepnya lho.. tp kok alot banget dimakannya, ga bs lembut, kenapa ya?? apa wkt nuangin airnya itu ya yg buat hasil akhirnya lebut ato mengeras... kl ngrebus hrs lama y???
makasih y

Hesti HH. mengatakan...

Waaahhh kok bisa gitu ya mbak. Beneran pake tepung tapioka kan mbak?? mungkin mbak simpan di kulkas dulu ya mbak setelah matang. Kalo bubble ini gak boleh ditaruh di kulkas karena jadinya akan mengeras. Kalau mau lembut ya bikinnya persis kayak di atas...harus dituangin air mendidih sampai transparan lalu ditambah tepung lagi sampe kalis. Kalo pake cara kayak bikin klepon gak bakalan jadi mbak. Beda hasil akhirnya dan susah mbentuknya pula...

Ngerebus sampe ngapung aja mbak ditambah 2 menitan mbak. Kalo terlalu lama jadi gendut gendut entar karena overcook hehe...

Anonim mengatakan...

Klo dijogja beli mathca nya dimana yah,,,saya kesusahan nyari nya :) mohon info klo ada yg tau

Hesti HH. mengatakan...

Maaf mbak saya jg gak bisa bantu soalnya gak tau Jogja. Seumur hidup di sulawesi hehe

Linda mengatakan...

Mbak, saya coba buat tapi hasilnya kenyal banget. Apa yang salah ya?

Hesti HH. mengatakan...

Memang hasilnya kenyal mbak tapi kenyalnya lembut nggak keras. Bubble ini gak boleh masuk kulkas harus langsung dihabiskan. kalo masuk kulkas jadi keras.

dollydollx mengatakan...

jadi mau coba bikin bubble

Anonim mengatakan...

Stunning story there. What happened after? Good luck!


Also visit my weblog; danger.updateordie.com

Anonim mengatakan...

bubblenya bs tahan smp 1 minggu ga ya tks

Anonim mengatakan...

bubblenya bs tahan smp 1 minggu ga ya, tks mba

Hesti HH. mengatakan...

Ngga bisa mbak karena kalau ditaruh di kulkas dia akan mengeras. Yang bisa tahan lama itu bubble kering pasaran, bukan yg home made.

Anonim mengatakan...

numpang tanya mba, kalau mau beli bubble kering di supermaket mn ya yg ada, makasih mba

Hesti HH. mengatakan...

Saya jg nggak tau mbak...soalnya tinggal di kota kecil nggak pernah lihat yg jualan bubble. makanya bikin sendiri ^^

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti salam kenal dr kota kecil di ujung jawa yaaa....
suka deh intip dan buka blog mbak..
Resep2 nya hebring pisan euy...
izin copas resepnya yaa mbak...
makasih.....

Haniek
Banyuwangi

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak, silahkan dicopas dan makasih ya dah mampir ^^

Anonim mengatakan...

mbak, kalo boleh tau bubble nya pake pewarna apa??

Anonim mengatakan...

thanks for sharing ya mbak..

Hesti HH. mengatakan...

Pake wilton mbak...warna hijau dan cokelat krn waktu itu gak punya hitam ^^

GADIZzzz imOutt mengatakan...








iya mbak ak pernah coba tp airnya dngin trus agak susah krn adonan udah nggumpal tp kok jadi cair lagi,trus kupaksain aja bikin trus setelah dibulatin ak taruh di tapiokanya,trus ak rebus stlah adonan muncul kok tengahnya gk bs mateng ya? apa karna awalnya ngadon pakai air dingin ya? o iya mau tanya tepung tapioka itu apa sama dengan tepung kanji ya? makasih resepnya,ak pasti coba,thank you ya mbak hesti dan mohon di balas?

Hesti HH. mengatakan...

Sama mbak dengan kanji. Memang nggak bisa mbak kalau ake air dingin. Beda tekstur adonannya. kalau pake air mendidih nanti gampang dibentuk. Dicoba ya mbak...

Anonim mengatakan...

mb hesti,.,., susu cair itu susu ultra cair kah??? or susu sapi murni??

Anonim mengatakan...

Salam kenal tante.. makasi ya tante buat resepnya.. baru aja nyoba bikin.. sukses dan laris manis sama papa mama.. cium jauh buat tante dari gresik jawa timur.. :*

Pinpin

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : iya susu cair ultra

@Pinpin : makasih banyak ya Pinpin, seneng deh kalo semua suka. Salam buat mama papa yaa

pinpin alvin mengatakan...

Makasih ya tante..

Hesti HH. mengatakan...

Sama sama Pinpin

risna mengatakan...

salam kenal m hes....aku udah cobain bbrp resep masakannya, alhamdulillah sukses. tp utk roti msh bantet, mungkin krn kurang ulenin, ngga sabaran akunya mau buru2 jadi aja, wkwkwkw, mksh byk ya mba hes inspirasi masakan2nya. Tertarik bgt mau coba si hitam bubble karena aku pernah beli yg kemasan(sudah jadi) mmg dijualnya dlm bentuk keras mba hes, cara penyajiannya direbus dulu dengan air gula sd lembut, yg di mall2 sptnya sama juga. Apa versi mba hes yg keras dikulkas sudah coba direbus kembali...hehehehe...jd penasaran.

Hesti HH. mengatakan...

makasih juga mbak udah feed back ke aku. kalau roti emang harus rajin latihan mbak. Dan emang nguleninnya harus lama biar seratnya terbentuk.

Udah dicoba mbak tp dah gak bagus bentuknya kayak bengkak gitu hehe...

Anonim mengatakan...

thank you yah info resep bubble tea nya. ijin share. minuman praktis wajib coba, kayak yang satu ini http://goo.gl/12bL8d

Anonim mengatakan...

mbakk.. numpang tanya dong di jakarta yang jual greentea bubuknya dimana ya? :) tks

Anonim mengatakan...

Mbak tepung tapioka nya pakai merk apa ya?

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Saya kurang paham mbak, maaf ya. Saya gak pernah ke JAkarta ^^

Hesti HH. mengatakan...

KAlo gak salah rose brand mbak...

maya mengatakan...

mbak, aku udah coba bikin, tapi kok keras bgt ya jadinya
bentuknya sih mudah, tapi adonannya ga selentur itu
ngulen adonannya lama ya mbak?
soalnya aku cuma kasih air panas, lgsung dibentuk aja
udah dua kali nyoba tp tetep keras :((

Hesti HH. mengatakan...

Harus pake air panas mendidih mbak sesuai takaran. Nanti jadinya lembek tapi ditambah tepung lagi sampai adonan seperti play dough. Nggak bisa kalau cuman ditambah air panas kayak bikin adonan onde onde memang bakalan keras mbak...

Mona Shella mengatakan...

bun.. td coba bikin.. anak2 doyan makanin bubble makany kpingin nyoba.. tp sy ngabisin tepung banyak bingitss.. 😭 apa yg salah yah? pertama kali tepung di tuang air panan mndidih, gumpal2 jdnya.. di aduk trus tambah air trus tp ttp nggumpal.. akhirny sy saring.. trus sy panasin di kompor.. dpt hasil bening spt lem tp encer.. tambah tepung brkali2 sampe ampir abis tepung rosebrand nya sebungkus, akhirnya dpt bntuk spt yg d gambar itu.. tp masi lengket2.. sy paksain bntuk, trus di masak di air mndidih.. jadi sih, cuman kenyaaaal skali krn kebanyakan tepung kali yah.. apa yg salah ya bun? trims..

Hesti HH. mengatakan...

Emang gumpal mbak, tapi diulen aja nanti jadinya adonan lembek. nag baru ditambah tepung jadi konsistensinya pas. kalau ditambah air tentu saja pemakaian tepung lebih banyak lagi sehingga hasilnya keras mbak...

suci fitri anggraini mengatakan...

Maaf mbak... kasi tips nya donk. Saya sudah coba membuat tapi gagal 2x. Adonan yg saya buat itu keras tapi tampak cair.. giliran mw di bundari mala meleleh gtu mbak :( saya sampe bingung. Air yang saya gunakan air dispenser yang panas. Sampai saya putus asa saya tambahkan tepung terigu. Kalis sih kalis tp giliran di rebus hasilnya g bening. :'(

Hesti HH. mengatakan...

Bikinnya jangan terdoga untuk nuangin banyak air panas mbak. Dia seharusnya transparan dan cuman dikit aja. nanti adonan transparan itu ditambahkan tepung sampai jadi kalis....

Agen Cappucino Cincau mengatakan...

terima kasih mbak ntar tak coba. salam kenal dari Agen Cappucino Cincau

Shintya Angga Wulan Sari mengatakan...

Bu hesti, saya sudah coba bikin bubble tp dikit aja 30gram tpg tapiokanya soalnya takut gagal tapi alhamdulillah berhasil bu hehehe
Maaf bu mau tanya, kalo bubble yg belum di rebus disimpan di kulkas/freezer bisa tdk? Tahan berapa lama? Terimakasih sebelumnya bu :)

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mba Shintya...senaaaang dengarnya karena beberapa ada jg yg gagal mba. Makasih yaaa

Salfira Hasanah mengatakan...

Boleh izin copy mbaa?

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbaaaa

herlina watanabie mengatakan...

Makasih banyak looh, mba hesty....
Sya kan usaha ice bubble drink , dengan adanya resep dri mba alhamdulillah terbantu, soalnya klo lgi kehabisan stok bubble dri supplyer jdi harus nunggu 7s/d 12 har nunggu orderan diterima, tpi sekarang gak perlu repot2 lgi harus menunggu sya udah bisa berkreasi sendiri dengan warna-warni bubblenya. Dan para pelanggannya banyak yang suka. Makasih ya mba atas resepnya

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mba Herlina, ternyata ada jg manfaatnya. makasih ya sdh feedback ke saya ^^

Tegonyan nTang mengatakan...

Salam Bu Hesti, saya udah cobain bikin bubble-nya. BERHASIL!!! yess..kesulitan ketika mencampur warna. Saya lagi ga punya persediaan pewarna makanan, jadi saya tambahkan coklat bubuk. waduhh..ga mau nyatu jadi kayak zebra. mungkin lain kali kudu dibuat pasta dulu kaliya. Pas direbus air mendidih widihhh aroma coklatnya ngundang banget!
In the end berhasil, ud kecampur green tea lattenya ga kelihatan tuh zebranya. Saya cuma buat sedikit sih kira2 4atau lima sendok makan tapiokanya. Air mendidihnya juga dimasukin perlahan. Pokoknya sukses kalo mau sabar. TERIMA KASIH yaa Bu Hesti buat resep2nya yang INSPIRATIF ^^b

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah senang dengarnya...selamat yaaaa udah berhasiiil

Anonim mengatakan...

Salam kenal kak Hesti.. Kak aq sering buka blognya kak hesti cuman gak prnh praktek. Aq mo cba yg ini deh, kali aja aq berhasil, hehehe...
Oh iya kak aq tgl di malili, tp keliling toko kue gak ketemu matcha nya.

Kak aq bleh tau gak beli matcha nya dimana klw sekitar soroako ??


Lastry

Hesti HH. mengatakan...

Halo salam kenal juga...dekatji kita pale ^^
Matcha belinya kalau saya ke Makssar di toko Vi&Vi atau di sorowako tokonya Mama Hera, tapi nda selalu ada lho

Anonim mengatakan...

Salam mba Hesti... sulawesix dmna mbak? Klo mau beli bubuk Matcha d makassar dtoko apa y mbak? Tena kugappai bela toko na... hehe

Hesti HH. mengatakan...

Saya di Sul Selatan mba. Beli bubuk matcha bisa di Vi&VI atau Toko Coang di Daya

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails