Jumat, 23 Maret 2012

Waje'

Waje'


Berbekal ingatan aja, aku beranikan diri membuat kue waje' ini. Sebenarnya kalau resep wajik sih banyak di internet, tapi yang aku taunya mama bikinnya agak beda karena menggunakan kelapa parut dalam campuran ketannya. Mungkin di sinilah letak perbedaan waje' Sulawesi dan wajik Jawa. Malah kalau di Sulawesi ada yang namanya Baje Kotu yaitu waje yang dibikin lebih kering dan manis supaya bertahan lama dan dibungkus kecil kecil menggunakan kulit jagung.


Resepnya nggak aku tulis, karena aku main cemplang cemplung aja dengan ilmu kira kira. Akhirnya hasilnya memang tidak memuaskan, hihi. Tekstur sudah bagus, legit santannya dapat, cuman rasanya agak kurang manis. Kelihatan kok dari gambarnya...warna cokelatnya agak pucat. Tapi insyaAllah lain kali pengen nyoba lagi dengan menambahkan gula. Yang jelas bahan bahan yang aku pakai adalah ketan, gula merah, kelapa parut, sedikit garam, santan dan pandan.

6 komentar:

Mom's the little one mengatakan...

citakan nya keren mba.. *foto2 nya cakep looh

Hesti HH. mengatakan...

aiiih, makasih MBak Fitri...daku jadi berbunga bunga ^^

Cetakan murah ini mbak. Dapat 5000 perak sebiji...pasti banyak di pasar tradisional. Tapi di sana ada nggak pasar tradisional? hehe

Rina Audie mengatakan...

Mba, cara mengeluarkan waje' dari cetakannya gimana tuh ? Kan loyangnya berlekuk lekuk gitu ? Sulit ga ngeluarinnya ? Kok bisa keliatan mulus gitu waje'nya ?

Rina Audie

Hesti HH. mengatakan...

Loyangnya dioles tipis minyak mbak Rina sampai ke sisi sisinya. Ngeluarinnya pas udah dingin, insyaAllah gampang kok, tinggal diketuk ketuk aja. Lagian nggak melengket juga karena bawahnya dialas daun pisang...kalau seumpama agak lengket juga, pinggirannya bisa dibantu pake pisau...

Anonim mengatakan...

minta resepx donk mbak

Hesti HH. mengatakan...

Ini asal cemplang cemplung mbak, nggak ingat jg takarannya. yang penting dah berasa manis aja ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails