Senin, 12 Maret 2012

Kue Kanji Keju

Kue Kanji Keju

Kukis ini adalah salah satu kue favorit lebaran mama. Sudah lama aku nggak bikin, ngga tau sudah berapa kali lebaran...terlewat resepnya padahal biasanya kalau bikin ini yang paling duluan habis. Soale uueeenak sih, bukan hanya gurih tapi manis juga. Dan tekstur khas kue kanji/sagu yang melt in your mouth. Tapi tetap kerasa renyah dari parutan kejunya, syaratnya dipanggang sampai benar-benar garing dan tengahnya sudah kering. Kalau bentuk kue dibikin pipih maka akan lebih cepat matangnya. Punyaku agak tebal jadi membutuhkan waktu lebih lama.



Bahan :
- 325 tepung kanji, sangrai lalu dinginkan

- 125 gr keju cheddar parut

- 1 kuning telur

- 125 gr gula halus

- 185 gr margarin (aku pake butter separuh)

- 1/2 sdt vanili bubuk


Cara membuat :
  1. Dalam wadah, kocok margarine, butter, vanili dan gula halus sampai rata. Tambahkan kuning telur, kocok asal rata.
  2. Masukkan keju parut, aduk rata.
  3. Tambahkan bahan tepung aduk hingga rata.
  4. Bentuk bulat atau love lalu letakkan di loyang tanpa polesan.
  5. Panggang dengan panas oven 125C atau 250F sampai agak kekuningan, bawahnya kalau dibali sudah berwarna cokelat keabu-abuan dan kelihatan bercak keju di permukaan kukis. Sekitar 15-20 menit (tergantung panas oven masing-masing)
  6. Angkat, dinginkan dan simpan dalam toples kedap udara.

26 komentar:

indah mengatakan...

assalamualaikum mbak hesti, resep resepnya jadi panduan utama kalo aku pengen bikin kue. Thanks ya. rajin banget,hampir tiap hari selalu ada menu baru,tapi kayaknya mbak hesti nggak jadi ndut yah...anak dan suami pasti seneng banget..

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam.

Aku ketawa cengengesan sendiri baca komen mbak Indah. Emang akunya alhamdulillah nggak gendut, tapi anak sulung dan bapaknya yang gendut, hihi. Sama sama mbak, makasih juga udah mau mencoba resepku.

Julia mengatakan...

Wah, nampak renyah. Belum pernah buat cookies yang bahannya dari tepung kanji. Tulis dulu resepnya, kapan - kapan di cuba, ya..

Hesti HH. mengatakan...

Kalau tidak ada kanji tepung sagupun bisa Julia. Dijamin anak anak pada suka ^^ sangat beda teksturnya dengan kukis biasa. Yang ini renyah tapi juga lembut...

AZLITA AZIZ mengatakan...

Assalamualaikum Hesti,
kuenya nampak sedap ya.. nanti boleh akak coba!

lama tak singah sini Hesti, banyak yang akak dah ketinggalan.. Sekarang akak lagi sibuk anak2 sudah cuti sekolah..

pic Hesti cantik! akak suka banget!!

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam akak...

IYa, enak kak...aku bikin kemarin sekarang sudah tinggal 1/3 toples hahaha...

Makasih kak, iya di sini juga anak anak sedang ujian midsemester. Tapi nampaknya tidak ada libur lagi...

Ira Rodrigues mengatakan...

Indonesian melting momment! i just love it too bit! pernah bikin yg rasa jahe, makan-nya gak bisa berhenti haha

Hesti HH. mengatakan...

Iya mbak Ira,teksturnya yang bikin nagih. Ngunyahnya tanpa perlawanan...hehe

Hazhira Qudsyi mengatakan...

Assalamu'alaikum mbak hesti.. Sekian lama ngikutin blog mbak,tp kayaknya br skrg ksh komen. Pdhl dah pake resep mbak di byk masakan jg lho.. Resep ini sdh aku coba mbak.. Alhamdulillah bisa jadi.. *scr ga pinter2 amat baking. Hehe*. Baru keluar dr oven aja lgsg dicomotin anakku smp 8 pcs non stop *anakku 3Y*. Hehe.. Blm pernah bikin cookies dr kanji mbak,tyt rapuh jg ya.. Tp emang enak,ga perlu ribet ngunyah. Hehehe

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam mbak...

Alhamdulillah kalo si kecil suka. Semoga resep lainnya juga nggak mengecewakan ya ^^
Kalo tekstur kue ini memang rapuh kalau udah masuk mulut. Tapi kalau dipegang dia harusnya gak gampang hancur alias rapuh. Kalau masih panas memang iya. Jadi kalau mau simpan di toples harus benar benar dingin baru ditutup mbak, insyaAllah nggak hancur.

Makasih ya udah nyobain resep resepnya...

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mb , hmmm aku dah nyoba bener2 tanpa perlawanan makannya mb hehehee.... ditambah sensasi krezzzz keju nya yg bikin nagih ....enakkkk...thanks ya mb udah share
Shelly

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Makasih juga mbak. Iya emang bener tanpa perlawanan mbak. Sama kayak kue sagu.

hera mengatakan...

Mbak Hesti sy sdh lama cari resep ini, biasa liat di majalah resepnya tapi ndak yakin soalnya hasilnya biasa beda dengan resepnya. Kalau tdk pake keju bisa tidak mbak Hesti n diganti dengan apa dan apa gulanya juga mesti ditambah? kira kira berapa gram mbak Hesti? terima kasih sebelumnya



Ike Nuryani mengatakan...

Mba.. u kejunya bisa ng ya diganti dengan keju edamer?

Hesti HH. mengatakan...

@ Hera : maaf mbak saya belum pernah coba yg lain jadi nggak bisa kasih review

@ Ike : bisa aja...

reina mengatakan...

mbak ...lgi bingung banget cz punya tepung kanji buanyak...nich ketemu sama resep ini ...wach jdi seneng dech ...top pokoknya mbak hesti...tp aku panggangnya kok lama banget yach mbak....smpe 50 menit belum coklat jg bawahnya pdhl klo g salah oven kita sama nich ..selama itu jg msh belum secoklat hasilnya mbak hesti ...mksh yaa mbak resep2 nya

Hesti HH. mengatakan...

Walah kok lama banget mbak? apa loyangnya kebanyakan kali mbak? atau kuenya ketebalan? atau jarak loyang dari dasar oven terlalu jauh? nggak ngerti jg saya dimana masalahnya >,<

Kalau kue sagu nggak harus cokelat kok mbak mawahnya. Coba aja aangkat di waktu yg ditentukan. Kalau teksturnya dah garing dan renyah ketika dingin artinya ah matang itu mbak.

Anonim mengatakan...

mbak hesti, ada yg copas resep ini tanpa izin mbak http://resepmasakanminumancara.blogspot.com/2012/03/kue-kanji-keju.html?m=1
-nadia

Ririn Limpo mengatakan...

Mbak hesti, ini membentuk kuenya pake tangan aja apa cetakan?

Hesti HH. mengatakan...

@Nadia : iya mbak makasih infonya...memang orang ini mindahin isi blogku. Udah lama mbak >,<

@Ririn : tangan aja mba

Anonim mengatakan...

Mbak klo margarin, butter gula dan kuning telurnya dikocok apa harus smp putih ya? maklum Mbak, msh pemula........... :D makasih resep nya ya Mbak.

Hesti HH. mengatakan...

Jangan sampai putih mbak, cukup sampai rata. Kalau kelamaan ngocoknya kuenya jadi lembek dan ketika dipanggang jadi bleber mbak...

Anonim mengatakan...

Suka banget sama blog nya bu hesty

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiihhh...

amelia mengatakan...

Mba Hesti, aku sudah coba kuenya.. Enak banget Mba.. ngeju bangeett.. melt in mouth gtu.. juara kue sagu keju nya Mba Hesti..!! 👍👍
trima kasih sudah sharing resep2nya Mba.. :))

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mba Amelia, makasih ya udah info ke saya, ditunggu percobaan kue lainnya ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails