Senin, 05 Maret 2012

Tara'jong (Makassar)


Tara'jong


Beberapa waktu yang lalu aku bikin bura'ngasa/gandasturi...nah kali ini aku bikin juga snack sejenis tapi dengan isian yang berbeda. Kalo di Makassar namanya 'tara'jong', dibuat dari ubi kayu yang dimasak dengan sedikit garam sampai empuk lalu buang airnya dan haluskan dengan cara digilas menggunakan bagian bawah gelas. Setelah itu tambahkan gula merah serut, sesuaikan saja manisnya. Kalau setelah ditambahkan gula merah adonan jadi lembek, bisa diaron dulu di atas kompor sampai kalis. Lalu setelah agak dingin dibentuk bulat pipih dan digoreng dengan larutan tepung seperti kalau membuat pisang goreng.

Kali ini aku buat larutan tepung terigu ditambah tepung beras dengan perbandingan 3:1. Tambahkan air dan sedikit garam dan aduk sampai rata. Celup bahan ubi kayu lalu goreng di dalam minyak panas sedang sampai garing. Hmmmm...enaknya. Menurutku lebih enak daripada bura'ngasa dengan sensasi kriuk kriuk dari tepungnya.




2 komentar:

zhu kon mengatakan...

assalamualaikum.....
wah.....resep mbak hesty....bagus2 semua....jadi kepengen buat.....oh ia mbak kalau aku sih nama kue ini tarajju'(bugis)tapi bahannya pakai ubi jalar.....rasanya mantap banget....

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Terimakasiiih. Iya memang sama saja tara'jong dan tara'ju. Bisa pake ubi kayu bisa jugaji ubi jalar. Enaknyaaa...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails