Senin, 05 Maret 2012

Kue Lumpur Gurih

Kue Lumpur Ayam



Kue lumpur gurih ini adalah salah satu kue alternatif kalo udah bosan sama yang manis manis. Ini adalah salah satu kesukaanku dan suka beli di penjual kue kalau lagi ketemu. Di sini jarang yang jual. Seringnya kalau lagi ke Makassar aja baru ketemu.

Udah lama pengen bikin, ditambah lagi Mbak Alice menggoda dengan lumpur manisnya...halo Mbak Aliceee ^^

Aku dapat resep dari "Dapur Anayank" dan langsung bikin karena bahan-bahannya udah siap semua. Isiannya juga udah aku bikin dari 2 hari yang lalu dan taruh di kulkas. Tapi karena takut kebanyakan aku bikinnya setengah resep aja. Di bawah ini resepnya Dapur Anayank dengan sedikit modifikasi.

Bahan kue lumpur :- 250 gr tepung terigu protein sedang
- 150 gr kentang kukus, haluskan panas panas
- 2 butir telur
- 2 sdm susu kental manis
- 150 ml santan kental
- 250 ml air
- 50 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam

Bahan ragout :
- 1 dada ayam, cincang halus
- 1 btg wortel, cincang halus
- 1 batang daun bawang, potong potong
- minyak untuk menumis bumbu

Bumbu halus :
- 5 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica bubuk
- garam secukupnya
- gula secukupnya

Cara membuat :
  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai wangi. Tambahkan daging ayam cincang. Tumis sampai berubah warna
  2. Tambahkan air sedikit lalu masukkan wortel. Aduk rata. Tambahkan daun bawang. Tumis sampai air terserap habis. Sisihkan.
Bahan Larutan Santan :
- 125 ml santan
- 2 sdm adonan kue lumpur
- 1/2 sdt garam

Cara membuat :

Campur semua bahan jadi satu, jerang sampai mendidih sambil diaduk aduk. Jangan sampai santan pecah.

Penyelesaian :

  1. Aduk rata kentang kukus halus dengan tepung, tambahkan santan sedikit demi sedikit.
  2. Masukkan gula pasir, garam, susu kental manis, sambil terus diuleni (jangan diremas-remas)
  3. Masukkan 125 ml air sedikit-demi sedikit sampai adonan tercampur rata.
  4. Di mangkuk terpisah, kocok telur sampai rata, masukkan dalam adonan. Uleni lagi
  5. Terakhir tambahkan sisa 125 ml air sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata.
  6. Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan margarin.
  7. Cetak kue lumpur sampai 1/2 matang, beri ragout di atasnya, dan tutup dgn larutan santan, lalu masak sampai matang.
  8. Setelah matang, angkat lalu hias dengan wortel rebus yang dibentuk bunga dan daun seledri.

10 komentar:

Melly Octaviana mengatakan...

Hey mba hesti..salam kenal yah. Kue lumpur enak banget keliatan nya jadi ngecess, photo nya juga cakep banget.. ;)

Hesti HH. mengatakan...

Makasih udah mampir Mbak Melly...iya ini enak banget lho mbak ^^

Amy Iljas mengatakan...

Hi mbak, ijin follow ya!
Keliatannya sih gampang, tp deg2an jg bikinnya nih hehehe..
Btw cetakan kuenya bisa pake cetakan muffin kan ya?

Hesti HH. mengatakan...

Dengan senang hati Mbak Amy...
Emang mudah kok, yang penting sih apinya. KAlo pake cetakan muffin, maksudnya dipanggang di oven?? bisa aja kali mbak tapi mungkin waktu panggangnya yang beda ^^

Amy Iljas mengatakan...

Cetakan muffin kan sm bundernya hehehe dan sama kecilnya jg, tp ketebalannya beda. Mbak Hesti beli cetakan kue lumpur dimana ya? Mumpung mamaku mau kesini, sekalian aku titipin :)

Hesti HH. mengatakan...

Hehe iya...betul. Saya beli di sini aja mbak Amy, di pasar tradisional (Sorowako Sulsel, red)

Anonim mengatakan...

Mb itu harus stengah matang ngasinya ya?jd nanti isinya kedalam gt kah..

Hesti HH. mengatakan...

Iya mba tp ngga terlalu dalam kok kan dah setengah matang.

Unknown mengatakan...

Salam kenal mb hesti, itu maksudnya dalam lakukan santana ada bahan 2sdm adonan kue lumpur gimana maksudnya yha?maaf mb, gagal paham ini. Makasih mb hesti

Hesti HH. mengatakan...

Maksudnya ambil dari bahan kue lumpurya mba. Disisihkan lalu ditambah santan dan garam

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails