Rabu, 07 Maret 2012

Pomelo Salad

Pomelo Salad


Pomelo Salad


Tetanggaku panen buah jeruk Bali atau Pomelo. Tapi buahnya banyak sekali sedangkan tetanggaku itu nggak ada orangnya. Di sini kan perumahan kompleks karyawan, nah karyawan yang lama udah resign. Jadi rumahnya kosong deh. Tinggallah pohon jeruk Bali itu berbuah banyak tapi nggak ada yang panen. Akhirnya aku ambil tadi 2 biji. Lumayan...buah ini kan banyak juga khasiatnya tuk kesehatan.

Tadi aku bingung...mau dibikin apa jeruk Bali alias Pomelo ini. Dimakan seger gitu aja sudah, dirujak ama kecap udah, apa lagi ya...kalau dibikin rujak buah lha... buah buahanku nggak lengkap. Di kulkas cuman ada timun...kan gak seru tuh. Akhirnya googling dan ketemu salad Thailand dan salad Vietnam. Dua duanya hampir sama dengan menggunakan bahan dasar yang sama yaitu pomelo. Tapi pada salad Vietnam ada tambahan timun dan wortel yang diiris julienne. Akhirnya aku putuskan tuk bikin versiku sendiri. Dengan menggabungkan kedua resep di atas.

Bahan :

- 1/2 buah jeruk bali/Pomelo, kupas suwir suwir dagingnya
- 1/2 buah ketimun, kupas potong julienne
- 1/2 buah wortel, kupas potong julienne
- daun mint (berhubung nggak punya daun ketumbar)
- kacang sangrai, tumbuk kasar
- 250 gr udang, kupas lalu rebus, tiriskan
- cabe kering, remuk kasar

Saus :

- kecap ikan
- air jeruk nipis
- gula
- garam

Cara membuat :

  1. Campur jeruk bali, wortel dan ketimun. Tambahkan udang, aduk rata.
  2. Beri perasan jeruk nipis, gula, garam dan kecap ikan secukupnya. Aduk rata. Cicipi kalau kurang bumbu. Nanti gula akan larut dengan sendirinya seperti kalau bikin acar.
  3. Pada saat akan dihidangkan beri taburan kacang tanah dan cabe kering serta daun ketumbar kalau ada. Aku menggunakan daun mint aja.
  4. Siap disajikan. Paling enak dingin dingin dari kulkas.

7 komentar:

tika hapsari nilmada mengatakan...

Lovely photos, Hesti :)
Rada2 bingung pas lihat fotonya karena yang terlihat jelas cuma udangnya. kirain yang putih itu sari kelapa. Eh ternyataaa jeruk bali. Tapi kok putih ya warnanya.

Hesti HH. mengatakan...

Hehe makasih Mbak Tika. IYa ya...harusnya namanya salad udang pomelo, tadi juga pas dah jadi fotonya mo diedit lha kok mostly udang ni yang terlihat(padahal aku sendiri yang atur begitu)...tapi mau motret lagi udah males, hihi dasaaar.

Ini jenis yang warnanya krem mbak bukan yang pink, tapi ya rasanya sih sama aja...

Anonim mengatakan...

mbak hesti..salam kenaaal...

resepny oke2..aku sebenernya udah lama ngikutin blog ini,tapi baru komen sekarang..padahal resepnya udah banyak yang aku contek..hehehe..

btw,aku punya kk lho di perumahan INCO..namax rosna vidya islamika..kenal gag yaa?hehehe..

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak dan makasih tuk komen manisnya.

Ooooh Rosna istrinya Iqbal kah?? iya kenal dong...udah pernah main ke sini?

Anonim mengatakan...

oia,namaku itah..iyah bener..istrinya mas iqbal..terkenal jg ternyata yaa,,hehehe,,kak rosna itu kakaknya suamiku..

belum pernah kesana..pengeeeen banget..kemaren abah ibu yang barusan lama disana nemenin kak rosna melahirkan..apalagi sama ibu di liatkan foto2 danau yang keren disana..ntar klo ada rejeki kesana pengen ketemu mbak hesti aaah,,kursus singkat..hehe..

Hesti HH. mengatakan...

Memang kenal karena sering ketemu di mesjid dan rumah kita lumayan dekat kok.

Ayooo ke sini, ditungguuu!!

Anonim mengatakan...

insyaAllah..sip..sip..hehehe...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails