Sabtu, 05 Mei 2012

Bakpia Basah


Masih demam bakpiaaaaa...semoga nggak pada bosen ya. Kali ini cobain bikin bakpia basah. Pertama kali makan aku beli di pasar. Lho kok bakpianya aneh...lembut tapi enak. Nggak kayak bakpia dengan kulit renyah berlapis lapis. Setelah browsing sana sini akhirnya aku tau kalo bakpia ini namanya bakpia basah aka roti pia isi kacang ijo. Huahahaaaaa...ternyata! Resep yang paling oke menurutku dari blognya Mbak Nien Ing dan Mbak Diah Didi lagi...hehe *halo mbak Diah, jangan bosan ya* kedua resep ini sama. Jadi aku tulis aja resepnya Mbak Nien ya. Aslinya dia dapat juga dari temannya yang udah terbukti enaknya, Liu Nomiaty Cake. Aku bikin setengah resep dari resep asli dengan sedikit modifikasi. Izin share ya mbak...

Bahan :
- 250 gr tepung terigu protein sedang
- 35 gr margarin
- 125 ml air hangat
- 1/2 bungkus ragi instan
- 50 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam

Bahan isi :
- 150 gr kacang hijau
- 70 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 1/2 sdm minyak goreng
- 1 lembar daun pandan
Cara membuat :
  1. Isi : rebus kacang hijau sampai empuk, angkat dan tiriskan, kemudian haluskan. Masak/aron bersama gula pasir (aku pake gula merah sebagian), garam dan pandan. Aduk terus sampai kacang hijau menjadi kering dan kalis. Dinginkan. Bentuk bulat bulat.
  2. Kulit : campur tepung, ragi dan gula pasir. Aduk rata.
  3. Masukkan air hangat, uleni hingga rata adonannya (aku pakai mixer).
  4. Masukkan margarin dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
  5. Bulatkan adonan, tutup dengan kain lembab lalu fermentasikan 45 menit (aku 30 menit).
  6. Kempiskan adonan dan timbang masing-masing 30 gr (aku 15 gr), beri isian kacang ijo lalu tutup bentuk bulat dan pipihkan. Letakkan di loyang tanpa olesan. Beri jarak karena roti ini akan mengembang sedikit.
  7. Diankan 15 menit. Panggang dengan oven suhu 200 C selama 10 menit.
  8. Keluarkan dari oven dan balik. Masukkan ke dalam oven lagi  alu panggang selama 5 menit. Angkat.


Bakpia ini walaupun bukan bakpia asli tapi sama enaknya. Rotinya tetap lembut dan udah pasti kalau dimakan...nggak perlu beresin remah remahnya, karena emang sama sekali nggak beremah...hehe *lirik Mbak Ira R*

34 komentar:

  1. wow ijin praktek ya mbak...makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak, semoga berhasil ya...ditunggu kabarnya ^^

      Hapus
  2. oalaaaahhh...ini namanya bakpia basah to ? Selama 5 tahun (pernah) tinggal di daerah Ungaran ( Kab. Semarang ) nggak tau kalo ini bakpia, hehehehe....Hampir tiap hari saya beli buat anak saya. Nyebutnya ya Roti Kacang Ijo.
    Jadi pingin nostalgia lagi sama roti ini alias Bakpia basah. Kalo longgar, kapan kapan mau praktek ah. Ijin nyontek ya mbak Hesti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Rina, beneeeer bakpia basah aka roti kacang ijo. Lumayankan gizinya kalo buat bekal anak anak. Ada kacang ijonya. Apalagi kalo bikin sendiri dijamin deh bebas bahan kimia. Hayuuuu...dibikin yaaa...

      Hapus
  3. Seneng bgt makan kue ini, waktu SD qta bilangnya ini kue oshin..ga tau kenapa disebut begitu tp msh kebayang rasanya yg empuk n manis. Mau cobain bikin sendiri nanti :-)

    -Ira-

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena bentuknya bulat kayak dorayaki kali, hehe. Kalau di sini aku kenalnya baru baru aja. Ternyata udah lama ngetrendnya ya mbak.

      Hapus
  4. Satu resep di atas kira kira bisa jadi berapa biji bakpia mbak Hesti ? Loyang buat manggang bakpia nggak dioles margarin/minyak, tapi nggak lengket kan mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya hampir 30 bijian ukuran sedang mbak. Oh ini saya oles margarin mbak, kayak kalau bikin roti. Kalau bakpia kering nggak dioles karena banyak kandungan lemaknya.

      Hapus
  5. Wah enak nih, thanks yah resepnya, bentuknya seperti kue Tiong cu pia, agak mirip rasanya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama mbak, makasih juga udah mampir. Aku belum pernah makan/dengar kue Tiong cu pia, jadi nggak bisa kasih reviewnya mbak. Maaf ya...

      Hapus
  6. Yipiii, saya dah cuba resepi bapia ini. Memang enak. Tiga jempol, cukup ngak Hesti?Hehe..Thanks yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau sukses mbak...waaaah sampai tiga jempol artinya enak sekali dong *semoga, hihi*

      Makasih ya sudah mencoba resepnya...

      Hapus
  7. indahsuhesti@yahoo.com7 Mei 2012 19.26

    mbak..resepnya udah aku coba. alhamdulillah..enak dan hubbby suka.thanks yah. suamiku suka makanan yg minim or sama sekali gak pake telur jadi cocok nih..mengurangi kolesterol gitu. ditunggu resep resep kue sehat selanjutnya dari mbak hesti.Barokaullah...ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak...ikutan senang. Syukurlah kalo suka.
      Makasih ya mbak sdh info ke aku. Barokalloh juga...

      Hapus
  8. Alo mbak, numpang mampir dr fb. Ini kaya roti isi yg suka di warung rokok aku dulu sering beli roti kaya gini.Ada yg kacang ijo ada yg kelapa, murmer. sama ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya iya mbak, karena roti ini kayaknya ada dimana mana...terutama di warung warung. Dicoba aja bikin mbak, supaya tau sama apa enggak, hehe

      Hapus
    2. oia mbak, 1/2 bungkus ragi itu kira2 berapa sendok teh ya? thanks mbak

      Hapus
    3. sekitar 1 sdt munjung kayaknya mbak...

      Hapus
  9. mbak hesti,pengin nyobain juga nih resep bakpianya cuma aku msh bingung di bagian isi,kapan ya minyak goreng yg 1 1/2 sdm itu masuknya?

    -Lia-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minyaknya masuk terakhir terakhir mbak. Diaduk sampai nyampur minyaknya lalu matikan apinya. Makasih diingatin ya mbak ^^

      Hapus
  10. Bakpia 01- Song Jie
    Pusat Oleh Oleh Bumi Jawa
    Jalan Gedong Kuning no 13
    Yogyakarta

    www.bakpia01.blogspot.com

    Silahkan mampir

    BalasHapus
  11. Trims buat resepnya mbak Hesti..
    Jadi pengin makan bakpia nya nih abis liat foto2 nya.. hehehe

    BalasHapus
  12. wah aq mo nyobain resepnya ya mba,oh ya itu terigunya pake segitiga biru ya bukan cakra kembar?

    BalasHapus
  13. Iya mbak, kalo pake cakra takutnya nanti jadinya ndut ndut, kayak roti manis.

    BalasHapus
  14. mau tanyk mbak hesti.klau buat bakpia ini d jdkan usaha kecil2 kira2 rugi nggk sama bahan2.

    BalasHapus
  15. @Joko Susilo : terus terang saya kurang mengerti dunia bisnis mas karena memang nggak pernah jualan. Tapi saya rasa bahan yang digunakan tidak terlalu mahal dan bisa disesuaikan dengan harga jualnya.

    BalasHapus
  16. terima pesanan piaku semarang hub.088802409585.khusus area semarang aja ya..harga @1000,-

    BalasHapus
  17. Wah bakpia kok pakai santan dan gula merah sih mbak..??? bisa ditebak makan 1 aja dah eneg,hehehe

    BalasHapus
  18. Wah bakpia kok pakai santan dan gula merah sih mbak..??? bisa ditebak makan 1 aja dah eneg,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bakpia basah mas...beda sama bakpia lainnya. Karena rotinya agak plain rasanya diharapkan santan menambah rasa guruh pada isiannya...

      Hapus
  19. wah,,aq seneng banget makan bakpia ini,,habis browsing2 di internet jadi kepingin buat sendiri,,thanks resepx y mba'

    BalasHapus
  20. Ada yang bilang,bakpia basah,roti kacang ijo,kue oshin,kue Tiong cu pia, . . Klw daerah tempat sy tinggal dulu,tepatnya di pacet mojokerto jatim namanya roti gepeng . .

    BalasHapus
  21. Mbak Hesti, saya sdh coba resep ini, dan berhasil. Hanya penampilannya kurang cantik, tapi rasanya enak. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
  22. Mbak hesti saya produksi pia di ngawi..kalau boleh nanya di campur apalagi ya mbak supaya kulit luarnya
    Gurih Dan lembek masalahnya ada satu prodak saingan saya tekstur kulit luarnya gurih Dan lembut...terimakasih mohon sarannya

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails