Sabtu, 10 Desember 2011

Kolak Bola-bola Sukun

IMG_2541

Lagi musim sukun nih...biasanya olahannya ya itu-itu melulu...kalo nggak dikolak ya digoreng. Nah...kalo di Makassar ada makanan namanya siri manis, yaitu terbuat dari sukun kukus yang dihaluskan ditambah garem dikit, dibentuk bulat pipih habis itu dicelupin ke dalam telor lalu digoreng. Pas mau disajikan disiram kuah gula merah or gula merah campur duren...enaaaaaak deh *duh ampe ngeces niy* hihihi


Tapi hari ini topiknya bukan itu...aku mau mencoba resep baru asal-asalan aku aja. Biasanya kan kalo kolak biji salak itu dari ubi jalar ya...kali ini aku mau coba dari daging sukun. Daging sukun dari sananya udah kenyal pasti kalo dibikin kolak mantep tuh.

Yah resepnya seperti bikin biji salak ya, cuman ubinya diganti sukun. Berikut resepnya...

Bahan :

- 500 gr sukun kukus, haluskan
- 50 gr tepung tapioka/kanji
- 1/2 sdt garam
- 200 gr gula merah
- 50 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
- 500 ml air
- 2 lembar daun pandan
- tepung kanji secukupnya untuk pengental

Bahan kuah (masak sampai mendidih) :
- 300 santan kental
- 1/2 sdt garam
- 2 lembar daun pandan

Cara membuat :
  1. Campur sukun kukus, kanji, dan garam. Aduk hingga rata. Bentuk bulat kecil seperti biji salak, letakkan di loyang besar yang sudah dioles minyak tipis. Selesaikan sampai semua adonan habis.
  2. Didihkan air dalam panci. Masukkan adonan sukun secara bertahap. Angkat, tiriskan.
  3. Masak gula merah, gula pasir dan daun pandan. Setelah mendidih saring. Masak lagi di atas kompor, tambahkan larutan tepung kanji (tepung kanji + sedikit air). Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan biji sukunnya. Biarkan sebentar lalu matikan api.
  5. Sajikan dengan guyuran santan gurih.

IMG_2542

Rasanya...ternyata enak sodara-sodara!! lembut dan kenyal kenyil. Kalo tekstur lebih enak ini ketimbang ubi jalar. Rasanya ya...berasa makan kolak sukun. Ya iyalah...dari sukun ya rasa sukun, masa rasa pisang...hehehe. Suami aja nggak nyangka, tternyata sukun enak juga dibuat biji salak. Sampe tambah dua kali...weleh...weleh!!




10 komentar:

nickeJJ mengatakan...

yang Teteh intip tatakan tekstur kayunya...????
hayo itu dapet darimana ???

indah mengatakan...

salam kenal mbak hesti
resep resepnya ok banget, terutama roti manisnya. yang ini juga inspiring banget...
thanks ya...mudah mudahan jadi amal baik ya dengan membagi ilmu memasak.

Hesti HH. mengatakan...

Teh...pasti nggak nyangka kalo aku kasih tau asalnya.

Kemarin kan ada tetangga pindahan rumah...waah banyak kayu-kayu berserakan di halaman rumahnya, tapi hanya satu ini yang menarik hatiku *waktu itu masih dekil* aku bolak balik...lha kok teksturnya beda beda. Yg satu kayak gambar di atas...yg satunya lagi motif di brownies kukus. Pas udah dicuci...waaah tnyata cantiiikkk...gak nyangka eui, lucky me!!

Begitu teh ceritana...

Hesti HH. mengatakan...

Makasih Mbak Indah udah berkunjung dan kasih komen manis. Makasih jg doanya yaaa...amin amin amin YRA.

Ambitious Food Lover mengatakan...

Hi Hesti, You're really a passionate baker and I would love to invite you to join World Homebakers Alliance. :)

My mission is to
- Unite every passionate homebakers in this planet.
- Improve the standard of homebaking.

Please join us and revolutionize the baking industry.

http://homebakers-alliance.com/

Hesti HH. mengatakan...

Thanks for the invitation. I would love to!!
But how???

nickeJJ mengatakan...

Nah....aku juga pikir dari sesuatu yang berserakan...biasanya teteh nemu yang gitu kalo di Solo atau Jogja...kayanya ga pernah liat di jakarta....emang bener2 yaa...!
dulu waktu belum tau gunanya, tekstur kayu ini cuma teteh liat cantik aja..apalagi kalo di yogya, ada rumah lama, kayu nya kuat dan udah bolak balik di cover cat....justru bekas2 nya itu yang lucu..kusam berwarna...

Hesti HH. mengatakan...

Iya teh, justru yang kelihatan udah berumur itu makin cantik dan unik. Teteh harus berburu niy kayaknya kalo ke Jogja or Solo...happy hunting!!

obat mata herbal mengatakan...

thanks infonya..

obat mata herbal mengatakan...

mksih ilmunya gan.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails