Kamis, 01 Desember 2011

Ayam Goreng Crispy

Crispy Fried Chicken


Crispy Fried Chicken

Kriuk...kriuk begitulah bunyinya, kakinya bertanduk hewan apa namanya???
Ayaaaaaam...gorengg!! Hmmm jangan ditanya deh kalo ibunya masak lauk ini. Waduh, anak-anak lahap sekali makannya. Sampe nambah-nambah...

Aku suka bikin dalam potongan-potongan kecil. Bumbunya lebih meresap, dan lebih renyah pula. Dulu...karena menghindari penyedap masakan aku selalu bikin sendiri dari terigu, maizena, baking powder, telur, merica dan garam. Tapi anak-anak selalu komplain. Nggak seenak KFC katanya! Renyahnya sih dapat tapi rasanya tetep beda. Daripada anak-anak makannya malas, yah akhirnya aku bikin tapi dengan tambahan sedikit tepung bumbu. Walaupun mungkin mengandung msg tapi kan kita tahu dan batasi jumlahnya. Dan supaya pake tepung bumbunya gak terlalu banyak, aku olesi dulu ayamnya dengan merica dan garam. Adonan tepungnya juga aku tambahkan garam dan merica.

Lha...daripada beli di luaran...gak tau mereka pake apa aja. Mana sekarang banyak bahan-bahan kimia dicampur ke dalam makanan. Belum lagi minyaknya yang warnanya dah gelap nggak jelas udah dipake menggoreng berapa kali. Hiiii syeeeremm deh pokoknya.

Nah, untuk resepnya aku pake ukuran kira-kira ya...

Bahan :
- daging ayam tanpa tulang (potong kecil-kecil beri sedikit merica & garam)
- 1 bagian tepung bumbu (aku pake Sajiku)
- 1 bagian tepung terigu
- 1 bagian tepung maizena
- garam dan merica secukupnya
- putih telur dingin (dari kulkas) untuk celupan

Cara membuat :
  1. Setelah ayam dibersihkan, bubuhi sedikit garam dan merica dan biarkan beberapa saat sampai bumbu meresap.
  2. Campur 3 bahan tepung, garam dan merica. Aduk rata. BAlurkan potongan ayam dengan bahan tepung lalu celup dalam putih telur. Setelah itu baluri lagi ayam dengan tepung sambil ayamnya ditekan-tekan/dicubit-cubit (untuk membentuk krispian).
  3. Goreng dalam minyak banyak dengan api sedang sampai garing.
  4. Angkat, tiriskan dengan tisu makan.
  5. Sajikan hangat-hangat dengan saos favorit.


Crispy Fried Chicken

1 komentar:

Devin Dwiarta mengatakan...

Bagi yang bingung untuk memulai usaha ayam goreng silahkan klik Sukses Usaha Ayam Goreng Crispy salam sukses :)

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails