Senin, 12 Desember 2011

Kue Labu (kukus VS panggang)

Pumpkin Bars with Kenari Nut & Raisins

Pumpkin Cake

Resep kue ini aku ambil dari buku resep mamaku. Di situ tertulis kue labu, dan cara mematangkannya dengan dikukus. Hari ini ketika aku membuat 1 resep...ternyata adonannya banyak sekali hingga aku mengambil inisiatif tuk memanggang sebagian dalam oven. Seingatku kue ini enak dan gurih. Teksturnya seperti kue lumpur.

Dalam 2 resep ini ada dua bahan yang membingungkan aku. Pertama maizena...di situ tertulis satu bungkus maizena, nah maizena kan kemasannya banyak. Ada yang kecil, sedang dan besar. Seingatku dulu mama menggunakan maizena bungkus kecil. Tapi gak yakin juga 100 %. Akhirnya aku gunakan 200 gr aja. Mentega juga. 2 sendok makan itu peres atau munjung??? karena bisa saja perbedaan yang sedikit menyebabkan gagalnya kue ini. Aku udah nelpon-nelpon mama tapi jaringan sibuk, sementara aku niy udah siap beraksi. JAdi aku pake kira-kira aja. Di bawah resep aslinya menggunakan ukuran gelas duralex ringgi:

Bahan :

- 600 ml santan kental (aku pake 300 ml santan 300 ml susu evaporated)
- 325 gr gula pasir
- 1 1/2 gelas labu kuning kukus yang dihaluskan
- 200 gr tepung maizena (kalau labu lembek dengan kadar air tinggi, terigu bisa ditambah)
- 2 sdm terigu
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 5 butir telur
- 2 sdm mentega cair

Taburan (campur dengan sedikit tepung dan susu bubuk):
- kenari
- kismis

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula dan vanili hingga mengembang. Kecilkan kecepatan mixer. MAsukkan labu kukus halus. Kocok asal rata.
  2. Masukkan maizena dan terigu, aduk sampai rata. Tuangi susu dan santan, setelah itu mentega cair. Aduk asal rata.
  3. Tuang dalam loyang beroles margarin. Taburi kenari dan kismis. Kukus selama 45 menit sampai matang (lama waktu mengukus tergantung besar loyang, kalo loyangnya kecil bisa dikurangi waktunya). Cat : untuk yang dipanggang aku tuang ke dalam loyang bersemir margarin dan ditabur tepung terigu. Panggang dengan panas oven 175 C selama sekitar 45 menit sampai kecoklatan permukaannya. Pada waktu 30 menit pertama aku keluarkan, olesi telur dan ditaburi kenari dan kismis. lalu lanjutkan memanggang.

Ternyata setelah jadi...soal rasa jangan ditanya. Enaaak, gurih dan manis. Wangi kue yang dipanggang tercium ke seluruh ruangan. Dalam sekejap satu loyang habis oleh aku dan anak-anak. Total jadinya adalah 3 loyang ukuran kecil. Dua aku panggang, satu dikukus.

Tapi kayaknya *kayaknya sih* ada yang salah sama teksturnya. Adonan jadi terbagi 2. Bagian yang kental, banyak mengandung labu berada dibawah dan bagian yang lebih ringan berada di atas. Jadi kelihatan lapisan kuenya. Cantik juga...unik juga teksturnya. Yang bawah kayak kue lumpur, yang atas kayak cake...lucu deh pokoknya. But aku nggak tau...apa ini disebabkan kue yang seharusnya dikukus malah aku panggang, atau memang dah begitu teksturnya. Aku udah lupa, dulu mama bikinnya dah lama banget.


Tapi intinya, ini kue gagal ataupun berhasil tetap enaaaaaak deh!!




11 komentar:

hardness tester mengatakan...

mantap gan resepnya bikin ngilerr

Tuty mengatakan...

Dear Hesti,
1 1/2 gelas labu = volume ml nya berapa ya? Apa gelasnya standard? Maksudku, 1 gelas = 240 ml?
Aku ada sisa labu yang udah jadi puree nih.

Hesti HH. mengatakan...

HAi mbak Tuty...

Kalo saya pake gelasnya takaran 300 ml tuk air. Belum sempat ditimbang pake gram. JAdi kalo pake gelas mbak tambahin aja dikit labunya.

Happy baking, n ditunggu kabar jadinya.

Salina Narawi mengatakan...

Salam, maaf. Kenari itu apa mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Salam juga Salina...

Kenari itu sejenis kacang kacangan. Mirip almond tapi permukaannya bertekstur dan rasanya lembut. Rasanya khas dan enak menurutku. Kalau bikin brownies lebih enak pake kenari. GAmbarnya bisa dilihat di http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2011/05/hedgehog-kenari.html

hera mengatakan...

Mbak Hesti, apa susu evaporatednya bisa diganti dengan susu creamer atau skm? Terima kasih sebelumnya

Hesti HH. mengatakan...

Mending susu cair aja mbak, kalo skm ada gulanya takut kemanisan. Atau bisa jg full santan...

hera mengatakan...

Ass. Mbak Hesti, saya sdh buat ke ini dua hari yang lalu tapi yg panggang n waktu dipanggang harap harap cemas takutnya meluap soalnya sy pakai satu loyang bulat saja n penuh sampai batasnya tapi ternyata tidak meluap. Saya pakai full santan dengan taburan kismis dan kenari, enaaak banget mbak Hesti. Sekali lagi terima kasih mbak Hesti untuk resepnya, tambah lagi pengetahuan saya tentang labuuu

dhewi putriani mengatakan...

Poppysead itu ap ya mha

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

WEaaaaah alhamdulillah mbak kalau suka. makasih yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Poppyseed itu biji bunga poppy mbak, import dari luar. Bentuknya kayak selasih lebih halus lagi dan bentuknya bulat dgn tekstur kayak pasir

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails