Senin, 05 Desember 2011

Pepes Teri Basah

Pepes Teri Basah

Pepes Teri Basah

Udah lama sekali gak bikin pepes ikan...hari ini aku menyiapkan bahan tuk bikin pepes lure/teri basah. Bahan utamanya ya jelas teri basah yang nggak terlalu besar biar tulang-tulangnya gak terlalu kasar. Aku tambahkan sedikit kelapa parut untuk menambah kenikmatan rasa dan wangi bakarannya.

Resepnya aku pake kira-kira ya...

Bahan :
- 1/2 kg teri basah (sudah buang kepala dan ususnya)
- 1/4 btr kelapa setengah tua, parut
- daun kemangi
- daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :
- 6 buah cabe merah besar
- 8 buah bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 3 butir kemiri sangrai
- 1/2 ruas jahe
- 1 ruas lengkuas
- 2 batang sereh, ambil bagian putihnya
- 1 sdm air asam
- 1 sdm minyak
- garam dan gula secukupnya

Cara membuat :

  1. Campur ikan, kelapa dan bumbu halus. Aduk sampai rata.
  2. Letakkan beberapa sendok adonan ikan ke atas daun pisang. Beri daun kemangi. Tutup dan semat dengan lidi.
  3. Kukus sampai matang. Panggang sampai wangi.

5 komentar:

  1. aduhhhhh...liat ini kok yaaa jadi pengen bangettttt.. flu2 gini, makan yang pedes2.. huhahhh.. :D

    mauuu, kirimin yaaa mbak hes.. hehehehe

    BalasHapus
  2. Kaciaaaaaan yg lagi flu...maapkeun ya membuatmu ngiler Bun. Andainya deket, dirimu pasti udah mencicipi lezatnya pepes teri basah...

    BalasHapus
  3. mba salam kenal ya,hari ini aku bikin soto udang,brownis kukus,bakso bola semua resep mba dan enakkk bgtttt kt suamiku..makasih ya ilmunya aku ijin ambil resepnya...makasih ya mba dah bagi ilmunya..btw mba pernah buat risoles gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak, kalau suka ma resepnya. Makasih ya udah singgah dan kasih komen.
      Kalau risoles udah pernah, silahkan cari di label snack gurih.

      Hapus

Related Posts with Thumbnails