Rabu, 07 Desember 2011

Soto Udang


Soto Udang

Naaah...ini dia yang udah bikin aku udah berhari-hari ngeces membayangkannya. Soto udang...
Pertama aku lihat pas lagi buka FB...MBak Lucie Breton ngupload foto soto udangnya. Haaaa...menggoda buanget, aku juga harus segera buat pokoknya!!

Akhirnya aku goodling dan mendapatkan resep di blognya Ricke bunda Nadifa. Kayaknya bahan yang digunakan gak terlalu banyak pula. Simpel...!! Apalagi aku baru beli udang-udang yang ukurannya besar. Cucoook deh...

Makasih tuk Mbak Ricke udah sharing resepnya. Di bawah ini resep dari beliau dengan penyesuaian bahan berhubung ada beberapa yang gak ada.

Soto Udang
Source: Ricke ‘Bunda Nadhifa’

Bahan:
- 500 gram udang ukuran sedang/besar (sudah bersih dari kepala)
- 1500 ml air
- 500 ml santan kental (aku pake yg gak terlalu kental)
- garam secukupnya
- 2 sdt kaldu bubuk
- 2 sdt gula pasir
- 1 sdt merica bubuk
- 3 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- 2 batang serai, memarkan
- 3 cm lengkuas, memarkan
- minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
- 10 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar
- 3 cm kunyit, bakar
- 2 cm jahe
- 1 sdm ebi (gak ada, aku pake terasi)

Pelengkap:
- tauge, siangi dan rendam air panas sebentar saja (aku skip)
- daun bawang dan seledri, iris tipis
- tomat merah, belah atau potong-potong (aku skip)
- telur rebus, masingmasing belah 4 bagian
- kentang, digoreng, dipotong-potong
- emping goreng
- bawang goreng
- jeruk nipis
- sambal merah

Cara membuat:

  1. Cuci bersih udang, buang kepalanya, kerat punggungnya dan buang kotorannya kalo ada.
  2. Didihkan air. Masukkan santan kental. Kecilkan api.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk hingga mendidih.
  4. Beri garam, kaldu bubuk, gula pasir dan merica bubuk. Aduk rata dan cicipi.
  5. Sajikan soto bersama bahan pelengkapnya.

2 komentar:

bunbun mengatakan...

*gleg*

gyaaa... baruu kemaren nyari resep2 soto daging.. akhirnya jatuh ke soto betawi..
tapi ngeliat ini, pengen soto lagiiii..

dingin2 makan soto panas.. beuhh.. mantabb..

kalo diliat2 bumbu2nya mirip yaa sm soto betawi.. heheheh..
apa dicemplungin udang aja tuh soto betawinya.. :D

Hesti HH. mengatakan...

Mmmmmm sedapnya Bun...gampang lagi bikinnya karena udang bentar aja masaknya.

Kalo soto Betawi pake jeroan kan??? Beda rasa kaldu jeroan and udang. KAlo dicemplungin ke kaldu jeroan...waduuuh Bun kolesterolnya lipat2!! hehe *khawatir*

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails