Kamis, 22 Januari 2015

Mango Panna Cotta



Beberapa hari yang lalu aku panen mangga harum manisku. Mangganya dah pada tua jadi diturunkan dan diperam sampai matang. Kalau dibiarkan di pohon sampai matang kadang jadi busuk. Nah ternyata matangnya itu nunggu sekitar 7-10 hari. Alhamdulillah nikmatnya. Manis dan wangi. Tapi karena matangnya langsung banyak nggak habis dimakan begitu aja. Aku cari resep yang menggunakan mangga. Buat variasi biar anak anak ngga bosan.

Resepnya lihat di Manu's Menu. Jasmine and mango panna cotta. Tapi karena aku nggak punya sari melati jadi aku ganti dengan vanilla bean saja. Cuman supaya ngga terlalu banyak bintik hitamnya aku saring. Tapi tetep lolos bintik bintik vanilinya. Tapi tinggal di dasar gelas, jadi gak kelihatan juga, hehe

Karena kulihat porsi krim kentalnya sangat banyak...tiga berbanding satu dengan susu cair, aku ganti sebagian dengan cucu cair jadinya 1 : 1 biar gak terlalu eneg susu ya.
Ternyata hasilnya tetep creamy banget. Enak juga. Karena ada sensasi manis buahnya dari mangga. Resepnya di bawah ini ya
Bahan :
- 200 ml krim kental
- 200 ml susu cair
- 80 gr gula
- 2 sdt gelatin bubuk
- 1 vanili bean, belah, keruk isinya

Mango Compote :
- 100 gr bubur mangga (dari mangga yang diblender halus)
- 1 sdm air
- ½ sdm gula
- ½ sdt gelatin bubuk (tim dengan 1 sdm air sampai larut)

Cara membuat :
  1. Puding : panaskan krim, susu, gula, dan biji vanili. Aduk sampai gula larut. Matikan api
  2. Campur gelatin dengan 4 sdm air lalu tim hingga meleleh, aduk rata. Masukkan ke dalam larutan krim. Aduk sampai rata. Tuang adonan panna cotta ke dalam gelas saji atau cetakan puding. Dinginkan di kulkas.
  3. Mango Compote : panaskan mangga, air dan gulasampai gula larut. Angkat. masukkanlarutan gelatin, aduk rata. Tuang di atas panna cotta. Dinginkan.



Ini tante Hera sama Hanif lagi memetik dan menghitung mangga....banyak juga ya padahal ini belum satu pohon lho ^^



12 komentar:

astika prasetyo mengatakan...

Bagi dong mangganya kak..;)

farida aryo mengatakan...

Assalamu'alaikum.....mba Hesti selalu bisa bikin aku ngilerrr.Mba banyak banget mangganya.Kalo di Jawa musim mangganya sudah mau selesai.Wah perlu dicoba nih.Sayang disini krim kentalnya sering kosong.Kalo pake susu evaporated kira-kira gimana ya.....

Rismayanti megawati mengatakan...

Lagi panen mangga ya mbak.. sama di sini juga lagi panen Di sini mangga manalagi ama mangga golek.. meski udah dikasihin ke tetangga-tetangga mangganya masih numpuk.. ikut ah mangganya dibuat panna cotta.. oh ya mbak untuk mengganti gelatin pake apa ya? Di sini jarang ada yang jualan gelatin, sekali ada muahaal banget....

hera mengatakan...

Ass. Enak sekali kelihatannya mbak Hesti, gambar gambarnya baguuus sekali jadi ngiler liatnya. Kalau gelatinnya pakai merek apa mbak?

Hesti HH. mengatakan...

@Astika : hahahaha....udah dibagi bagi Tik...coba kamu tinggal di sebelah pastinya kebagian hehe

@Risma : Iya mbak alhamdulillah ya mangganya banyak. Tekstur gelatin gak bisa digantikan dengan bahan lain karena memenag veda mbak. Mirip jelli tapi tidak sekenyal jelli. Tapi kalau memang mau bikin bisa diganti jelli bubuk aja mbak, sesuaikan dengan jumlah airnya aja. Ini hasilnya dikit banget cuma 5 cup kecil jadi bisa bikin 2 resep tuk hasil yg banyak.

@Hera : waalaikumsalam, makasih Hera...saya gelatinnya beli dari teman akhwat yg jualan kue. Lupa namanya karena dia udah kemas kemas lagi ukuran 100 gram tapi dijamin halal kok.

jennifer Huang mengatakan...

Hallo mbak, aku jennifer dr riau. Thx ya untuk sharing resepnya. Mau tnya, krim kental itu yang bagaimana ya? Dan merk apa? Trus gelatinnya merk apa? Thank u..

Hesti HH. mengatakan...

Halo salam kenal mba Jennifer, krim kental itu kayak susu cair mba tapi lebih kental. Dijual dalam kemasan karton 250ml atau 1 liter. Biasa juga tertulis whipping cream di kemasannya. Terbuat dari kepala susu...jadi kaau dikocok bisa mengembang. Saya biasa pakai merk Anchor. Kalau gelatin saya ngga tau merknya...karena saya beli dari teman juga mba udah dikemas ulang.

yurike sasaki mengatakan...

Mbak Hesti... Terima kasih resep panna cottanya, mau tanya kalau nggak pake vanili bean bisa nggak ya? D sini agak susah carinya..Tks :)

Hesti HH. mengatakan...

Bisa mba....no problem

rinni antameng mengatakan...

Mba hesti, kalau gelatin bubuk diganti dg agar2 bubuk bisa mba?

Nisa qodriyanti mengatakan...

Mbak hesti.salam kenal ya.suka banget dch liat blognya mbak dan dah mencoba beberapa resep mbak yg paling top ya rvc mbak hmm nyami bgt.oiya mbak mau nanya boleh ya.baru aja eksekusi pannacotanya tpi sudah 1 jam kok belum set ya jadinya belum bisa diberi topping gtu.mhn pencerahannya ya mbak berpa lama setnya.?

Hesti HH. mengatakan...

@Rini : untuk resep pannacota beda mba mmng bisa sih tapi teksurnya kurang kenyal dan jadi puding nantinya

@Nisa : salam kenal mba, makasih ya udah mampir. Kalau gelatinnya cukup dua jam udah set mba seharusnya...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails