Sabtu, 24 Januari 2015

Kaki Naga (Ayam)



Kemarin dikasih kaki naga sama tetanggaku. Belum sempat kuicip habis dimakan anak anak dan hubby. Waaaaa doyan ternyata. Hari ini sudah niat mau bikin. Bahan bahanpun sudah ada di kulkas. Kebetulan punya tepung panir orange beli di mba Diah Didi. Oh iya buat teman teman yang belum pernah membuatnya, kaki naga ini adalah olahan ikan, ayam atau udang yang diproses halus diberi bumbu dan dibentuk bulat dengan gagang stik es krim atau tusuk sate lalu digoreng. Rasanya mirip mirip nugget. Tentu saja yang ini lebih sehat karena kita buat sendiri dijamin ngga ada bahan bahan pengawet. Mau dimodifikasi dengan tambahan sayuran juga bisa, pokoknya sesuaikan selera saja.

Resep aku lihat di blognya mbak Endang "Just Try and Taste". Tapi karena ayamku tinggal  300 gram bahan lainnya aku sesuaikan saja ya. Aku tambahkan 50 gram udang untuk menambah rasa dan aroma gurihnya. Tepung terigu aku ganti tepung sagu supaya hasilnya ada kenyal kenyalnya dikit ^^

Hasilnya enaaaaak pake banget. Langsung habis disantap sebagai lauk nasi. Hasil jadinya sekitar 20 buah ukuran sedang. Senangnyaaaaaa...makasih Mbak Endang tuk resepnya yang mantap. Untuk resep aslinya dan gambar step by step silahkan main ke blognya beliau yaaaa.





Bahan :
- 300 gr ayam
- 50 gr udang
- 2 sdm penuh tepung sagu
- 1/4  siung bawang bombay
- 4 siung bawang putih 
- 1 butir telur
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- 1 sdt saus tiram

Baluran :
- 2 butir telur
- tepung panir

Cara membuat :
  1. Dalam food processor masukkan daging ayam, udang, dan bawang putih yang sudah diulek. Proses hingga halus. 
  2. Tambahkan bahan lainnya dan proses kembali hingga menjadi adonan. Keluarkan dari food processor. Tuang dalam wadah.
  3. Untuk mengecek rasa, ambil sedikit adonan dan goreng/rebus. Cicipi. Tambahkan garam atau bumbu lain yang kurang.
  4. Olesi alas kukusan dengan minyak. Panaskan dandang kukusan hingga air mendidih. Turunkan sedikit apinya.
  5. Beri minyak pada tangan agar tidak lengket. Ambil satu sendok makan adonan dan bentuk adonan bulat lonjong dan beri tusuk sebagai pegangannya ketika matang.
  6. Letakkan dalam loyang. Selesaikan semua adonan, jangan khawatir karena adonan tidak akan saling menempel. Kukus selama 25 menit.
  7. Angkat, dinginkan. Apabila ingin disimpan di freezer bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Bisa juga dilapisi panir terlebih dahulu kemudian disimpan. 
  8. Apabila akan langsung disajikan, celup di dalam kocokan telur lalu gulingkan dalam tepung panir. Untuk hasil yang lebih renyah lakukan proses pemaniran 2x.Goreng dengan api sedang. Angkat dan tiriskan dengan tisu.
  9. Siap disajikan dengan saus sambal.



19 komentar:

Rima Rahman mengatakan...

rima juga pernah coba resep mbak endang,,emang sedap mbak tapi anak2 lbh suka nugget
waktu itu anak2 blm terbiasa sm rasa udang.kapan2 mau bikin lagi ah

nasa mulia mengatakan...

salam mbak, sekarang saya tak dapat natification post terbaru dari blog, mbak tutup ya? udah saya unfollowed and follow back tapi tak keluar any feed....napa ya?

Alamanda mengatakan...

Wahh, thanks banget infonya. Ane jadi pengen langsung bikin nih ^^

Anonim mengatakan...

Salam Bu Hesti, mau lapor nih... willy uda coba puding KFC, puding zebra, cake pisang ketan hitam, moist banana cake, dan kek alunan kasih (topo love map cake). Hmmm, tapi yang paling dapat pujian adalah kek alunan kasih karna warnanya indah pake banget karna willy pake pandan paste homemade dari resep ibu. So thank U very very much ya bu, satu hal yang buat kita rajin coba resep ibu yaitu foto-fotonya yg keren abis....

cara buat perkedel mengatakan...

baru denger masakan yang satu ini...ijin coba dulu kk..

Hesti HH. mengatakan...

@Rima : halo mba Rima sayang...saya bikinnya pake udang dikit mba cuma 50 gr...ngga terasa rasa udangnya cuman nyumbang wangi dan gurihnya...

@Nasa Mulia : waalaikumsalam...betul sekali sis saya tutup url feednya karena banyak sekali pencurian konten blogku. Maaf ya jadi tidak bisa update resep baru, harus rajin rajin menjenguk ke sini...hehe

@Alamanda : yuuuk mbak gampang dan ueeenaaak pake bangeet !!

@Cara buat perkedel : silahkan dicobaaa

Anonim mengatakan...

Halo mbak Hesti, saya Anna dan seneng bgt nengokin blog mbak nih. Btw mau nanya dong, itu setelah diblender kenapa adonannya lembek bgt ya, sehingga susah dibentuk bulat. Mohon sarannya ya mbak. Makasih

Hesti HH. mengatakan...

Halo mba Anna....makasih dah mampir. Iya mbak untuk hasil akhir yang lembut jadinya lembek karena gak banyak tambahan tepungnya. Caranya biar gak lengket tangannya diberi olesan minyak dulu mbak. Atau kalau mau lebih mudah lagi biarkan dulu adonan di refrigerator sampai agak padet baru dibentuk...tetap nholesin tangan dengan minyak tapi yang dari kulkas lebih mudah dihandle ^^

Anonim mengatakan...

Makasih infonya mba Hesti. Nanti saya coba. Kemaren udah sempet nyobain, rasanya enak banget, cuma masalahnya pas ngebentuknya susah karena lembek. :-)

Anonim mengatakan...

kalo ga da food processor, bisa pake blender ga mb??mksh...

#umi#

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : emang kalau lengket lagi ditambah lagi minyak di tangannya mba

@Umi : boleh mba...

Anonim mengatakan...

assalammualaikum,salam kenal mb.mb mau tanya, untuk saos tiram mb pakek saos tiram yg merk apa? seandainya g dkasi gpp ya mb?makasi sblmnya :)

Anonim mengatakan...

kalo mau dikasih wortel perbandingannya berapa ya mba?

Hesti HH. mengatakan...

@Anonim : waalaikumsalam...saya pake saori mba. Kalau gak dikasih juga gak apa apa cuman emang lebih gurih kalau pake

@Anonim : kalau mau dikasih wortel parut langsung tambahkan aja mba sekitar 1 biji yg kecil atau separuh yg besar.

Dian Hariani mengatakan...

Mbak Hesti,aku udah coba resep ini. Walau minus udang tetep enak mbak. Makasih ya...

Hesti HH. mengatakan...

Aiiiiih senangnya, makasih mbaaaa udah info ke aku ^^

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti, pertama coba dan disukai keponakan2. Langsung repeat order! Cuma lengketnya agak susah ya, mbak. Kalau nugget yg kotak2 itu lebih mudah nempel. Memang begitu ya? Terima kasih.
Sisca - Surabaya

Ayam Goreng enak di Jogja mengatakan...

hem kayaknya enak neh, patut dicoba didapurku...

Hesti HH. mengatakan...

@Sisca : hihi iya mba harus sering olei tangan pakai minyak ^^

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails