Jumat, 31 Agustus 2012

Kue Kurma




Naaaaaaah...kukis ini yang udah lama pengen kubuat. Waktu kecil sering makan di rumah tetangga yang orang Menado. Mereka menyebutnya kue korma. Pokoknya kalo lebaran mesti ke rumahnya karena aku suka kuenya, hihihi...dassssaaaaarr!!

Cari cari ketemu resepnya Mbak Dita yang udah dicobain sama beberapa teman blogger. Pokoknya reviewnya enaaaaaaaak...!! Makasih ya Mbak Dita sekarang aku bisa bernostalgia lagi dengan kukis ini.

Karena kemarin masih ada sisa kacang kacangan bahan kukis lebaran kemarin aku bikin aja pake itu. Nggak punya kacang tanah, adanya mede, kenari dan wijen. Biar tau beda rasanya aku coba semua. Tapi ternyata favoritku yang baluran kenari. Kenari kan lembut gak kayak kacang pada umumnya...rasanya juga sukaaaa...

Tips : supaya karamelnya cepat leleh aku menggunakan gula pasir halus. Dan supaya karamelnya nggak keras, tambahkan air secukupnya. Kalo keenceran tinggal dimasak lagi sampai kental. kalo keenceran entar balurannya belepotan karena nggak set.



Bahan : 
- 250 gr mentega
- 75 gr gula halus 
- 1 btr telur
- 300 gr tepung terigu
- 2 sdm maizena

Bahan lapisan karamel :
- gula secukupnya
- air mendidih secukupnya
- kacang mede sangrai, kacang kenari sangrai, wijen sangrai

Cara membuat : 
  1. Kocok mentega dan gula halus sampai putih, masukkan telur. 
  2. Masukkan tepung terigu dan maizena ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk rata.
  3. Cetak adonan sebesar ibu jari atau sesuai selera. Letakkan dalam loyang.
  4. Panggang dalam suhu 160-180 derajat celcius, selama sekitar 30 menit.
Cara membuat lapisan karamel : 
  1. Masak gula dengan api kecil, sampai meleleh dan berwarna keemasan. Sering diaduk yah. 
  2. Kemudian masukkan air mendidih sedikit demi sedikit. Biarkan rata dan menjadi cairan gula yang kental.
  3. Dalam kondisi panci karamel di atas kompor dengan api kecil, masukkan kue-kue tadi ke dalam panci, baluri sampai tertutup karamel.  
  4. Lalu angkat dan gulingkan dalam wadah yang sudah diisi kacang cincang. 
  5. Biarkan dingin, lalu masukkan dalam toples.


13 komentar:

Krisna mengatakan...

Mbak Hesti, Cantik kuenya, itu ngira2 kalo gulanya sudah pas kentalnya gmn yach, kayaknya kue ini susah ya untuk proses balurinnya. Aku sudah ngeprint respnya dari jaman baheula tapi lom nyoba2, takut gagal pas proses balurin gulanya he he he.

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak Krisna...

Aku juga awalnya agak takut gagal mbak. tapi pas dicoba alhamdulillah langsung sukses. Caranya jangan sekaligus. Gulanya dikit aja dulu lelehinnya. Kalo aku sekitar setengah gelas. Lelehkan dengan api sedang supaya gak gosong. Jangan lupa diaduk. Setelah leleh semua masukkan air mendidih sekitar 3-4 sdm. Jangan diaduk, biarkan larut dulu baru diaduk sampai kental. Kekentalannya yaitu kalau diangkat cairan gulanya mengalir lambat. Coba dulu celupkan kukisnya dan balur di dalam kacang. Kalo balurannya nempel rata dan gulanya ggak leleh ke bawah artinya udah pas, tapi kalo setelah dibalur kacang...karamel+kacangnya meluncur ke bawah artinya masih kurang kental mbak. masak lagi sebentar sampai kental.

~~zana@pb~~ mengatakan...

Salam kenalan Hesti, saya juga suka masak-masak tapi tidak begitu pandai. Moga Hesti boleh tunjuk ajar ya....

Rina Audie mengatakan...

ih bikin ngiler penampakan kuenya mb Hesti. Yang pake kacang mede tuh keliatan menggiurkan...

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga Zana...terima kasih sudah berkunjung.
Dengan senang hati kalau ada yang bisa saya bantu...^^

Hesti HH. mengatakan...

hihi..iya mbak. Pokoknya aku suka sekali kukis ini. Setengah toplesnya habis ama aku sendiri...

Icha mengatakan...

Mbak Hesti, dirimu kayaknya tiap baking apa aja langsung berhasil pada percobaan pertama ya. Kayak kuker ini,rapih dan cantik sekali hasilnya. Dua jempol buat mbak Hesti .^__^.

Mbak, aku nanya boleh ya. Setengah gelas yang mbak maksud gelas yang bagaimana? Kalau pake cup bisa tidak? trus, masukin kukernya ke dalam larutan karamel satu per satu atau bagaimana? trus, membuat larutan karamelnya bagusnya pake wajan yang dasarnya rendah atau dalam. Maaf ya mbak pertanyaannya borongan gini. Soale ini kuker kesukaanku juga ^____^
Thanks b4.

travelbag mengatakan...

Mba Hesti ,

Struktur gambar kue nya cantik2 :))
Mba Boleh minta alamat Email nya mba

Thank You

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak icha complimentsnya...

Setengah gelas tinggi mbak. Jadi kalo satu gelas itu 250 gr ya sekitar 125 gr aja mbak. Pertama aku pake cara turunin kukisnya semua. Tapi hasilnya kukisnya gede kayak bola raksasa hehe. Akhirnya aku celup satu persatu bagian atas dan samping2nya kecuali dasar aku nggak kasih. Jadi manisnya pas...kukisnya juga cantik nggak terlalu penuh kacang kelihatannya. Kalo mau balur semua kukisnya dikecilin lagi ukurannya mbak...

Aku bikin caramel di panci stailess mbak. Memang lebih mudah di wajan...tapi takut aja kalo gula kelamaan di wajan alumunium nanti malah bereaksi ^^

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak...emailku di hesti.ariefs@gmail.com

hera mengatakan...

sy biasa buat kue ini mbak Hesti kalau mau lebaran, resep warisan dari ibu yg katanya juga resepnya sdh lamaaa. Cuma kalau mau buat harus berdua dengan adik soalnya tangan harus lebih dari 2 he he he

klikcake mengatakan...

mb hesti salam kenal.. sblmnya terima kasih banyak nih mb atas resep2 di blog ini yang membawa rejeki buat aq pribadi ..

th ini aq jualan kue lebaran pake resep kue kurma ini ternyata jadi best seller mb ... hahahahah alhamdulilah .. sekali lagi suwun yah mb ..

klikcake mengatakan...

mb hesti salam kenal aq amel .. sblmnya mau ucapain terima kasih banget mb atas blog ini yang membawa rejeki untuk aq pribadi

th ini beraniin jualan kue kering dan aq pake resep kue kurma ini .. alhamdulilah jadi laris maniss .. simple resepnya tapi rasanya maknyosssss

sekali lagi suwun yah mb ..

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails