Rabu, 01 Agustus 2012

Tumpi Silung (Cirebon)



Kalau lihat penampakannya mirip kayak pancake yah? ternyata bahan bahannya juga mirip padahal ini adalah jajan tradisional Cirebon. Bedanya kalo pancake umumnya cairannya menggunakan susu cair nah kalo ini dari santan. Dan tentu saja dengan wangi pandan...aku suka teksturnya yang seperti martabak manis. Legit..apalagi dengan isian tradisional kacang dan gula...pas deh pokoknya. 

Yang penting dalam proses pembuatannya adalah panas kompor. Nggak boleh terlalu tinggi karena dasarnya cepat gosong sementara permukaan masih basah. Sementara kalo terlalu kecil apinya...tekstur kue ini berkurang kelembutannya karena kelamaan kena panas kandungan cairannya banyak menguap. Beda kekenyalannya. Jadi apinya sedang saja. Dan untuk mempercepat proses pematangan aku tutup menggunakan tutup panci setelah ditaburi bahan isian.

Resep aku lihat di Majalah Sedap. Berikut resepnya dengan sedikit modifikasi dari aku :

Bahan :
- 400 gr tepung terigu protein sedang
- 200 gr gula pasir
- 2 butir telur
- 1 sdt ragi instan
- 1/2 sdt garam
- 200 ml air
- 350 ml santan dari 1 butir kelapa
- 100 ml air daun pandan+suji
- 1/2 sdt baking powder 
- margarin untuk olesan (aku skip karena menggunakan teflon)

Bahan taburan :
- 100 gr gula pasir
- 200 gr kacang tanah kupas, sangrai dan cincang kasar
- 50 gr wijen, sangrai (sebentar saja, kalau kelamaan jadi pahit)

Cara membuat :
  1. Aduk rata tepung terigu, gula pasir, telur, ragi instan, garam dan air. Diamkan selama 30 menit.
  2. Tambahkan santan dan air daun pandan suji. Aduk rata.
  3. Panaskan pan dadar, tuang adonan, biarkan setengah matang.
  4. Taburkan campuran bahan taburan. Lipat dua. Biarkan matang. Angkat, sajikan hangat.



2 komentar:

Pepy | Indonesia Eats mengatakan...

Kayaknya enak banget

Hesti HH. mengatakan...

Betul mbak pepy, asli enaaak !!

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails