Kamis, 02 Agustus 2012

Roti Vla Jagung


Semenjak ramadhan belum pernah bikin roti lagi. Jadi kangen. Apalagi anak anak sudah nanyain terus, pengen makan roti. Cari cari resep yang beda, aku dapat roti vla jagung di majalah Sedap. Segeralah aku bikin.

Ternyata ada accident waktu bikin roti ini. Ketika dioven, rotinya membumbung bagaikan gunung. Tinggi banget. Artinya adonannya lembut hingga mengembang dengan suksesnya. Eeeeeh...tapi setelah beberapa
saat keluar dari oven, kok bagian tengahnya agak mingpes. Vlanya pun menghilang nggak kelihatan ada tanda tandanya. Walaaaaahhh...ternyata karena aku pake resep rotiku sendiri kayaknya nggak cocok untuk roti isi vla ini. Vla kan nggak bisa ngembang...jadi ketika roti mengembang dengan indahnya vlanya ikutan naik tapi ketika perubahan suhu di luar oven eh vlanya menciut meninggalkan roti yang kopong. Vlanya cuman nempel di sekeliling roti. Cenderung kering. Tapi aku pegang rotinya tetap lembut dan empuk...syukurlah!

Nggak hilang akal aku bikin vla jagung lagi dan kusemprotkan ke dalam bagian yang kopong. Jadi cantiiiik lagi, oke lagi deh hehe. Nggak ada jejak jejak kegagalan...pengalaman ni, lain kali ikuti aja resep aslinya. Nggak usah sok sokan pake resep sendiri yg ternyata nggak cocok sama fillingnya...

Jadi di bawah ini aku tuliskan resep aslinya aja ya, biar nggak mingpes kayak punyaku :

Bahan :
- 250 gr tepung terigu protein tinggi
- 150 gr tepung terigu protein sedang
- 2 sdm susu bubuk
- 2 sdt ragi instant
- 100 gr gula pasir
- 50 ml susu cair
- 4 butir telur
- 100 gr margarin
- 1 sdt garam

Bahan Isi :
- 100 gr jagung manis kaleng, tiriskan
- 200 ml susu cair
- 50 gr gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 1 kuning telur
- 1 1/2 sdm maizena dilarutkan dalam 2 sdm air

Cara membuat :
  1. Isi : rebus susu cair bersama gula pasir dan garam sampai mendidih.
  2. Masukkan larutan maizena. Aduk sampai meletup letup. Tambahkan jagung. Matikan api.
  3. Masukkan kuning telur, aduk rata. Nyalakan api, aduk sampai meletup letup. Sisihkan.
  4. Campur tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi. Aduk rata.
  5. Tambahkan telur dan susu cair. Aduk rata.
  6. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis.
  7. Bulatkan hingga licin. Diamkan 45 menit.
  8. Bagi 2 adonan. giling memanjang. Oles isi. Gulung. potong-potong 3 cm. letakkan di cup kertas. Diamkan 30 memnit sampai mengembang. Oven dengan api bawah suhu 180C selama 12 menit sampai matang. Panas panas olesi mentega.



12 komentar:

tata | bonitafood mengatakan...

Mbak Hesti ni paling bisa dan paling top deh! Coba kalo gak dikasih tau pasti pada gak tau kalo ada bekas kegalalannya. It looks perfect! :D

Mom's the little one mengatakan...

wuiiih..kecelakaan pun tetep cantik gini, pasti nular lagi. So kesimpulan nya, jangan diisi vla dulu gitu mba ?

Hesti HH. mengatakan...

Hihihi...iya ya, kenapa juga aku bilang ya...padahal nggak ada yg tau. Tapi nanti kalo ada yg nyoba resepnya dan mingpes juga, matilah akuuuu!!

Hesti HH. mengatakan...

hehe...makasih mbak Fitri. Tapi kalo soal rasa aku lebih suka yang kemaren maren. Kayaknya enak pake vla kalo sama buah kaleng...tapi bingung gimana model rotinya ya ^^

rahyan mengatakan...

Mbak H, salam ukhwah. cantik ya rotinya. Mantap! seperti roti dari bakery di Singapura disini. Aku gak bisa mungkin bikin cantik gini.

Hesti HH. mengatakan...

Salam ukhuwah juga mbak...

Makasih mbak udah mampir dan tinggalin komen manis...insya Allah bisa kalo jamterbangnya udah tinggi. Dulu kan aku juga gitu ^^

Food and story mengatakan...

Assalamualaikum

Rotinya cantik , pasti rasanya pun yum..yum. Koleksi resepnya menggoda :)

analisa ummu abel mengatakan...

selalu cantik fotonya... n look perfect...

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam...

Waaaaaa dapat kunjungan dari Mbak Asri ^^
Makasiiiiih mbak!!

Hesti HH. mengatakan...

Syukron ukh...for visiting my blog and leave a nice comment ^^

me chan mengatakan...

Halo mba Hesti, salam kenal..
Kemarin aku tergiur sama foto rotinya, akhirnya nyoba bikin tanpa fla nya :)rotinya lembut dan eunaaak. Thanks For sharing mba :)

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal juga mbak.

Alhamdulillah kalo suka, aku aja belum coba resep aslinya. Kemaren itu bikin rotinya pake resepku tapi vlanya aja yang nyontek...

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails