Senin, 06 Agustus 2012

A Taste of Yellow : Monthly Mingle for Barbara Harris

Puff Pastry with Mango Curd



Postingan kali ini aku bikin tuk mengenang kepergian seorang foodie blogger yang wafat karena kanker bulan Juni lalu, Barbara Harris dari blog Winos and Foodies. Walaupun aku belum pernah bertemu secara langsung ataupun berkunjung ke blog beliau namun sebagai sesama foodie blogger sudah cukup alasan untuk mendedikasikan entry ini untuk beliau. 

Dari cerita cerita yang aku baca dari sesama foodie blogger, beliau adalah sosok yang ramah, asyik, punya selera humor yang tinggi, berani dan inspirasional. Beliau adalah perintis berdirinya acara tahunan blog bagi para penderita kanker  yang bernama "A Taste Of Yellow" untuk mendukung Lance Amstrong Foundation. Event tahunan ini berupa memposting makanan yang berwarna kuning di blog masing masing. Dan lewat Monthly Mingle yang selalu menjadi acara bulanan Meeta Wolff di blognya What's for Lunch, Honey?, Jeanne Duff menjadi host Monthly Mingle bulan Juli ini dengan tema A Taste of Yellow Tribute for Barbara Harris, yaitu dengan memasak makanan dengan bahan-bahan berwarna kuning, seperti misalnya pisang, lemon, kuning telur, keju, dan lain lain. Untuk lebih jelasnya silahkan buka link ini. Di kesempatan ini aku ingin mengucapkan terima kasih kepada mbak Arfi Binsted yang sudah menginformasikan acara ini. Mbak Arfi adalah salah satu sahabat Barbara Harris.

Secara pribadi aku tidak mempunyai teman dekat yang terkena kanker, tapi beberapa keluargaku ada yang mengidapnya. Nenek dari pihak bapak meninggal karena kanker rahim saat bapakku masih berumur 7 tahun, sedangkan nenek buyut dari pihak mama mengidap kanker payudara walaupun beliau bisa hidup sampai umur seratus lebih dengan treatment herbal. Sepupuku juga ada yang terkena tumor payudara. Jadi secara pribadi aku harus tetap aware karena adat bibit dari keluarga.





Untuk acara ini aku membuat pastry. Karena di rumah lagi banjir mangga dari halaman rumah, aku dapat ide tuk dibikin mango curd atau dadih mangga. Kebetulan pula aku punya kulit puff pastry siap pakai. Cocok deh...

Rasa mango curd ini sepintas mirip dengan creamcheese. Benerean...asli enak. Cocok disandingkan dengan kulit pastry yang renyah. Kulit puff pastry tinggal dipotong menggunakan cutter sesuai selera. Lalu ditumpuk lagi dengan kulit yang sudah dilubangi bagian tengahnya untuk menampung mango curdnya nanti. Resep mango curd aku lihat di mydarlinglemonthyme . Cuman karena manggaku kecil ukurannya aku menggunakan 4 buah mangga dan jeruk nipis aku ganti dengan lemon. Aku cuma menggunakan separuh dari resep di bawah.

Bahan : 
- puff pastry siap pakai
- kuning telur untuk olesan

Lemon Curd :
- 2  buah mangga matang, kupas, buang biji dan cincang kasar
- 160 gr butter
- 1 sdt parutan kulit jeruk lemon
- 80 ml air lemon (sekitar 2-3 buah) 
- 1 cup (225 gr) gula pasir
- 4 butir telur, kocok lepas

Cara membuat :
  1. Lemon curd :  blender mangga lalu saring dengan saringan halus sampai menjadi puree. hasil jadinya sekitar 315 ml. Sisihkan.
  2. Lelehkan butter dengan api sedang asal mencair (jangan sampai mendidih), masukkan bahan yang lain sambil diaduk menggunakan whisk agar rata. Kecilkan panas kompor. Aduk adonan curd  menggunakan sendok kayu sekitar 6-10 menit sampai adonan mengental dan sudah bisa menyelimuti bagian belakang sendok kayu. Jangan biarkan mendidih karena telur akan bergerindil karena masak. Matikan api. Saring lagi. Simpan dalam toples kaca dalam keadaan panas lalu tutup rapat. Kalau belum dibuka, tahan 2 bulan dalam kulkas. Kalau sudah dibuka tahan sampai seminggu.
  3. Siapkan kulit pastry dalam loyang. olesi kuning telur permukaannya. Panggang dalan suhu 375-400F selama sekitar 15 menit. Angkat. Biarkan dingin. Beri topping mango curd dan siap disajikan.



12 komentar:

ibundo mengatakan...

Nampak enak sekali. Harus dicoba..
selamat menjalani ibadah puasa.

Anonim mengatakan...

k'hesty.... ^__^ enak kyknya mango curd nya...
maw tanya k'.. mango curd ini bisa kah untuk isian pie? (yosephine)

Hesti HH. mengatakan...

Makasih ucapannya. Silahkan dicoba...rasa curdnya sangat eksotis

Hesti HH. mengatakan...

Hehe...makasih Ienk. Enak..rasanya unik deh.
Bisa dong, kemarin cari di google malah banyak ketemu pake pie. Tapi kalo menurutku bikin kayak vla saja dengan tambahan sedikit maizena supaya lebih kokoh ^^

Jeanne mengatakan...

Beautiful pictures - and I love the idea. So simple and pretty! Thanks for taking part in a very special Monthly Mingle this month.

Hesti HH. mengatakan...

My pleasure Jeanne. She was my friend's best friend...Arfi Binsted
Thanks for dropping by and leave a nice comment...really appreciate it.

Paz mengatakan...

I love anything with mango! Looks delicious!

Hesti HH. mengatakan...

Thanks Paz, thanks for dropping by ^^

acha wahyudi mengatakan...

Salam kenal Mba Hesti..., banyak sekali Food blog yg sering aku kunjungi selama ini, Tapi baru beberapa hari ini aku bertemu dengan blognya mba Hesti, dan herannya seperti ada chemistry yang lain saat aku berkelana di sini...beberapa resep telah aku coba dan hmmm nyamie...salam kenal mba...aku acha, Ibu dari 5 anak, tinggal di Sentul City..suka memasak and love everything about art...incl...photography of course..

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Acha...

Iiiih hobby kita sama persis mbak *tossss dulu*. Makasih dah mampir dan ninggalin komen ya mbak ^^

widia puspitasari mengatakan...

Mbak salam kenal

Saya mau nanya berapa lama ya mbak tahannya gitu itu. Makasih


Widia

Hesti HH. mengatakan...

Ngga bisa lama mba kalau sudah ada isiannya karena jadi lempem

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails