Saturday 28 July 2012

Marmer Cake Tape




Sebenarnya kemarin aku beli tape mau dibuat es poteng tuk buka puasa. Tapi aku pikir pikir lagi, nggak bagus kalo buka puasa makan makanan yang terlalu dingin... jadi aku berubah pikiran. Aku akhirnya dapat resep cake tape dari blognya Mbak Alice. Aslinya cake tape keju. Cuman aku mau bikin varian marmer jadi aku skip kejunya dan kutambahkan cokelat bubuk. Rasanya enak khas tape dengan sedikit sensasi cokelat. Teksturnya kayak kata mbak Alice, nggak terlalu padat tapi nggak kayak sponge juga. Resep aslinya silahkan dilihat di I love. I Cook. I Bake. 

Di bawah ini hasil modifikasiku...dan aku bikin separuh resep mbak Alice ^^ thanks ya mbak Alice tuk resepnya...lain kali mau coba yang aslinya pake keju.

Bahan :
- 250 gr tape, haluskan
- 4 sdm susu kental manis
- 200 gr mentega asin
- 250 gr gula pasir
- 6 butir telur utuh + 1 kuning telur
- 250 gr tepung terigu 
- 3 sdm cokelat bubuk, larutkan dengan 3 sdm air hangat

Cara membuat :
  1. Kocok tape, susu kental manis dan mentega sampai lembut dan mengembang.
  2. Di wadah yang lain, kocok gula dan telur sampai mengembang.
  3. Sambil dikocok dengan kecepatan rendah, masukkan campuran tape ke dalam campuran telur. Kocok asal rata.
  4. Tambahkan tepung secara bertahap sampai adonan tercampur rata.
  5. Ambil seperempat adonan, tambahkan larutan cokelat aduk hingga rata.
  6. Tuang adonan putih ke dalam loyang bulat 24 cm yang sudah dioles dan ditaburi tepung. Sendokkan adonan cokelat di beberapa tempat lalu buat motif marmer.
  7. Panggang dalam oven (yang sudah dipanaskan terlebih dahulu) dengan panas 180C sekitar 35 menit atau ketika ditusuk sudah tidak basah lagi.

3 comments:

fitriput said...

Halo Mbak Hesti..
Untuk cake ini manisnya pas atau terlalu manis?pengen nyobain nih mumpung ada stok tape :) makasih ya mbak :)

fitriput said...

Halo Mbak Hesti...
Saya Iput, ada yg mau ditanyakan untuk resep ini, hasil cake nya manisnya gmn mbak? cukup atau terlalu manis? soalnya mau nyobain bikin karena kebetulan ada stok tape. Makasih banyak ya Mbak Hesti ^^

Hesti HH. said...

Kalau menurutku pas manisnya mbak, kecuali tapenya supeeer manis mungkin gulanya dikurangi dikit aja.

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...