Minggu, 08 Juli 2012

Dadar Pisang Ijo


Udah deket deket ramadhan...serasa dah kebawa hawanya. Pengen makan yang seger seger. Hari ini bikin pisang ijo tapi dengan cara yang simpel. Kan banyak tuh yang suka makan pisang ijo tapi katanya bikinnya ribet. Nah kalau mau yang lumayan mudah dan cepat, bikin aja dadar pisang ijo. Yang dikukus cuman pisangnya. Setelah itu dibungkus dengan kulit dadar dan digulung. Jadi juga kan pisang ijonya...




Resepnya mirip dengan pisang ijo yang biasa, hanya adonan kulit yang seharusnya dimasak/dikukus dulu, kalau di resep ini dibuat menjadi dadar. Kalau suka tebal kulitnya, adonan dibikin kental. Kalau suka tipis aja, yah adonannya dibikin agak encer. Untuk resep ini aku menggunakan pisang raja yang matang sekali dan berukuran kecil aja dengan kulit yang tidak terlalu tebal. Jadinya pisang ijonya juga agak imut.

Begitu juga dengan saus santannya. Kekentalan tergantung ukuran tepungnya. Kalau suka disajikan hangat cocoknya saus yang tidak terlalu kental. sedangkan kalau suka disajikan dengan es batu/serut adonan saus harus kental seperti bubur sumsum karena apabila saus diberi es maka perlahan es akan mencair dan kuahpun menjadi encer.

Untuk resep adonan kulit tanpa telur ini sudah cukup lembut. Tapi kalau menginginkan kulit yang lebih lembut dan lentur bisa ditambahkan 1 butir telur.

Bahan :
- 250 gr tepung protein sedang
- 300 ml santan (kurang lebih)
- 100 ml air pandan suji
- 1/2 sdt garam
- 1 sdm margarin leleh
- 1 sisir pisang raja yang bagus matangnya, kukus

Saus (larutkan dan masak semua bahan sampai meletup-letup) :
- 1200 ml santan dari 1 butir kelapa
- 150 gr tepung terigu/tepung beras (kalau mau agak encer bisa dikurangi)
- 1/2 sdt garam
- 200 gr gula pasir (atau sesuai selera)
- 2 lmbr daun pandan

Pelengkap :
- sirup pisang ambon
- es serut
- susu kental manis (kalau suka)

Cara membuat :
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, garam, santan, air pandan suji. Aduk rata menggunakan whisk. Kalau perlu saring agar adonannya halus. Tambahkan margarin leleh, aduk rata.
  2. Bikin dadar satu persatu, langsung isikan pisangnya ke dalam kulit seperti gambar di bawah, agar pisang dan kulit saling menempel. Rapatkan ujung ujungnya. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Potong potong dan siap disajikan bersama es serut dan sirup merah.


25 komentar:

  1. halo mba Hesti, saya suka ngikutin blog mb.. :)
    masakan nya enak, fotonya juga cantik.. hehehe..
    mb, saya mau request dong, resep olahan kurma.. >.<
    secara udah deket bulan ramadhan nih, banyak kurma... oh ya mb, kurma itu tahan berapa lama ya?? makasih sebelum ny mb.. :)
    keep blogging ya mb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaaah jadi Ge Er nih, makasiiiih mbak Ike ^^

      InsyaAllah ya mbak, emang udah niat juga bikin snack dari kurma. Udah ada resep yang masuk list. Tinggal tunggu mood bikinnya...
      Kalau daya tahannya setahuku sampai setahunan mbak...malah lebih. TApi kalau mau aman, beli aja yg ada expired datenya ^^

      Hapus
    2. ohhh gt...
      ok dah.. maksihh ya mb.. :D
      seneng deh kalo udah liat postingan baru dari mb.. hehehe..
      saya ijin praktekin beberapa resep ya mb.. :)
      lmyan, keluarga suka, pacarpun suka.. :D

      Hapus
    3. Silahkaaaan MBak Ike,

      my pleasure...

      Hapus
  2. aaaasssssyeeek dapet yang lebih simplee....teteh tea..!! nyari yang loadingnya cepet !! hihihi..thaks #list to do deeh !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...lebih gampang ini teh. Menurutku lhooo, hehe.

      Hapus
  3. mba hesti saya mau tanya kalau kulit dadarnya santan diganti dengan air bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja tapi mungkin agak berkurang kelenturannya. Santan atau susu kan mengandung lemak. Rasanya juga lebih flat...

      Hapus
  4. Mba Hesti , itu resepnya untuk brapa porsi ya mba? Oh ya kalau misalnya pisang ijo disimpan dikulkas masih bisa dimakan hari berikutnya ngk Mba?

    nB:

    Selamat menjalankan ibadah puasa :)

    BalasHapus
  5. Hmmm Yumm!! Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..

    BalasHapus
  6. Sy sudah beberapa kali bikin pisang ijo, tp selalu gagal, suka pecah dan keras bgt kulit nya,, sy akan coba resep dari mbak hesti ini,, mudah2an lancar,, makasih yaa resep nya mbak,,,,



    BalasHapus
  7. Maaf mbak mau tanya : Kalau disimpan di lemari es, nantinya gak akan keras mbak,,trs bisa di kukus lagi atau gimana cara manasin nya,, terimakasih banyak,,,yaa mbak,,info nya

    BalasHapus
  8. Yang ini super gampil mbak. Segampang bikin kue dadar malah lebih mudah karena isinya tinggal dikasih pisang. Kalau di simpan di kulkas nggak keras mbak beda dengan pisang ijo versi lain. Kalau aku sih gak perlu dikukus ini kan kue dadar. Kalau pisang ijo klasik paling enak dikukus kembali. Tapi kalau yang ini dimakan dingin enak kok...

    BalasHapus
  9. Hallo mba, salam kenal dari saya yg hobi banget buka2 blog mba ini,
    makasih banget loh mba sharenya, saya nyobain pake resep ini (dengan sedikit modif gulanya dikurangi sedikit) juga kekentalan dari adonan dadarnya.. praktis bikinnya dan suami dan anak2 saya doyan banget.. kebetulan dapet oleh2 sirup DHT dari adik saya yg dinas di makassar..., makasih mba.. ijin ya mba aku share link blognya ini buat referensi di blog ku klo aku dapet resep dari mba Hesti.. makasih banyak mba

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah kalau cocok mbak, makasih ya...

    BalasHapus
  11. aslkm salam kenal mbak... sy dari mks sy pengagum blog mbak hesti cantik ..mau tanya mbak itu teflon merek apa yah bisa d balik gitu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, salam kenal....apa kareba??? hehehe
      Makasih nah sdh mampir di blogku. Saya pake teflon signora hadiah beli presto signora. Tapi kayaknya adaji yg dijual sendiri. Banyak merk lain. Coba kita cari cari di internet ^^

      Hapus
  12. Maaf nich mba,,sy kan org baru d dunia perkunileran,,hehehe,,mau tanya,klo air daun pandan suji itu buat sendiri ato tersedia d toko2 bahan kue?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibuat sendiri mbak, yang dijual itu pasta pandan

      Hapus
  13. Hai mbak hesti, salam kenal, mau tanya nih ke mbak hesti,ak buat kulit pisang ijo di dadar itu dengan bahan terpung terigu dan tepung beras, yang ak mau tanyakan kenapa setelah jadi itu pada saat digulung bersama pisang kulitnya pecah2 ya, apa karena pakai tepung beras itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya iya karena tepung beras hasilnya lebih padet ^^

      Hapus
  14. Assalamu Alaikum mba Hesti
    datang k lagiii ^^
    sudah bikin yang versi ini, karena masih maju mundur mau bikin yang versi kukus, enaaaak, rasanya ringaaan, dan yang pasti bikin mau tambah lagii, sayang cuma bikin 1/2 resep, jumlahnya pas dengan jumlah orang dirumah :) jadi seorang cuma dapat 1 heheheehe

    btw, ijin pasang resepnya di blog yaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam,

      Hehe syukurlah, gampangji toh nda pake ribet ^^

      Hapus

Related Posts with Thumbnails