Sabtu, 28 Juli 2012

Sup Bakso Ayam home-made



Paling enak memang berbuka dengan hidangan berkuah panas ataupun dessert berkuah. Rasanya kerongkongan yang seharian kering...langsung basah kembali, hmmmmm nikmaaatt!

Dapat resep bikin bakso kenyal ini dari Mbak Alice. Resep aslinya dari Neckred Kitchen.  Makasih banyak tuk resepnya.
Setelah dicoba beneran baksonya asli kenyal. Hanif dan iyut makannya lahap sekali. Bapaknya nggak ikutan karena memang nggak doyan ayam ^^

Resepnya sama aja cuman aku tambahin sedikit bawang putih dan sedikit bawang goreng. Kan emang itu bumbu khas bakso/pentol Indonesia...hehe. Berikut resepnya dengan sedikit modifikasiku ya...

Bahan bakso :
- 500 gr dada ayam tanpa tulang, potong potong
- 125ml air es
- 1 sdm kecap ikan
- ½ sdm gula
- ½ sdm minyak
- 2 sdm tepung maizena
- 1¼ sdt baking powder

Bumbu halus (ulek halus) :
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdm bawang goreng
- 1 sdt garam

Cara membuat : 
  1. Haluskan daging ayam dalam food processor. Tambahkan air sesendok sesendok sampai 5 sendok supaya menjadi pasta yang halus.
  2. Dalam wadah yang lain, campurkan kecap ikan, sisa air es, baking powder, gula,  minyak dan bumbu halus. Masukkan daging ayam giling. Aduk sampai rata dan airnya terserap dalam daging ayam.
  3. Supaya yakin dengan rasanya bisa dicoba dengan memasak 1 sdt adonan bakso. kalau ada yang kurang tambahkan.
  4. Dalam panci, rebus air sampai mendidih. Matikan apinya. Bentuk bakso bulat bulan menggunakan tangan kiri dan tangan kanan menyendok membentuk bulatan. Tangan dan sendok harus selalu dibasahkan agar adonan tidak melengket. Tuang ke dalam air panas. Setelah permukaan penuh dengan bakso. Nyalakan kembali api kompor tapi tidak sampai mendidih. Cukup sampai simmer saja. Kalau tidak nanti baksonya tidak bisa kenyal.
  5. Sementara memasak adonan bakso gelombang pertama, simpan di freezer dulu sisa adonan. Nanti kalau bakso sudah diangkat, baru lanjutkan lagi membentuk bakso. Setelah bakso mengapung, biarkan beberapa saat lagi dalam panci agar matang sampurna dan dalamnya sudah tidak berwarna pink lagi. Angkat dan masukkan ke dalam wadah berisi air es. Siap digunakan dalam masakan atau bisa disimpan dalam freezer.

  

Untuk membuat sup bakso ayam, resepnya seperti bikin sup ayam biasa. Tinggal merebus tulang ayam kampung atau sekalian dengan ayam kampungnya. Tambahkan potongan wortel lalu diberi tumisan bumbu halus bawang putih, merica dan garam. Kalau mau tambahkan kaldu bubuk silahkan...tapi tanpa itu kaldunya sudah asli gurih. Aku tambahkan 1 sdt minyak wijen. Dan disantap dengan bahan pelengkap telur puyuh, soun, dan bawang daun. Nyaaaaaaam...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails