Senin, 23 Juli 2012

Heimama Egg Tarts



Seperti biasa...jalan jalan ke blog teman, eh ketemu resep asyik. Memang dah lama juga pengen coba tapi belum kesampaian terus. Kali ini pokoknya harus bikin...sekalian buat iftar. Resep ini aku lihat dari Small Small Baker. Namanya eggtart Heimama. Dinamakan demikian karena populer pertama kali dari blognya Heimama. Resep ini terkenal di dunia foodie blogger China. Dan menulari blogger Asia lainnya termasuk aku, hehe ^^

Resep pembuatan kulitnya bisa menggunakan dua cara. Yang satu seperti yang biasa aku praktekkan dengan cara mencampur mentega dingin dan tepung kemudian diaduk dengan menggunakan ujung jari hingga menjadi crumble. Yang kedua caranya mentega dilelehkan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan bahan lain. Untuk lebih jelasnya bisa jalan jalan ke Small Small Baker. Aku menggunakan cara pertama. Tapi sewaktu memanggang adonan fillingnya menggelembung. Jadi aku kecilkan apinya. Jadi yang harus diperhatikan adalah beda jenis oven beda juga panasnya. Jadi menurutku ovenku lebih panas jadi dikurangi panas oven dan ditambah sedikit waktu panggangnya.

Bahan  pie :
- 300 gr tepung terigu
- 2 sdm tepung custard
- 2 sdm susu bubuk
- 1 sdm gula halus
- 1 telur
- 200 gr salted butter

 Bahan filling custard :
- 120 gr  gula pasir
- 350 gr air
- 5 butir telur, kocok lepas
- 100 gr susu evaporated
- beberapa tetes vanila extract (optional, aku pake vanili bubuk)

 Cara membuat :
  1. Potong mentega dingin kecil kecil. Campur tepung terigu, tepung custard dan susu bubuk dan gula. Aduk rata. Masukkan mentega dan telur lalu gosok gosok dengan telapak tangan sampai menjadi adonan yang lembut (aku pake cara biasa) tapi jangan diuleni. Bungkus dalam cling wrap dan simpan dalam lemari es selama 15 menit.
  2. Siapkan bahan filling : panaskan air dan gula asal gula larut. Dinginkan. Kocok lepas telur, susu evaporated, vanila. Tambahkan ke dalam larutan gula. Saring 3x.
  3. Siapkan bahan kulit. Giling tipis lalu potong potong menggunakan cutter bulat. Tuangi bahan filling 90 % penuh.
  4. Panggang selama 20 menit dengan api 180C. Atau tergantung besar kecil cetakan pienya. Semakin besar kecil semakin cepat matangnya.


Alhamdulillah, kulit pienya enak dan renyah...dan fillingnya sangat lembut. Enak deh pokoknya tapi lain kali aku mau coba pake vanilli bean biar lebih wangi.



50 komentar:

Anonim mengatakan...

Liat foto di bawah jadi ngences, pingin buka, hihi... Ketika dibelah keliatan adonan egg-nya lembut ya mbak...

Rina Audie

NamaSaya Farhana mengatakan...

Yum..yum.. egg tart :9 .

Mom's the little one mengatakan...

jiaaah..sebentar lagi nular nih mba Esti, tanggung jawab loh xixixiix..

CT Delima mengatakan...

Assalamualaikum Hesti manisss..

Ya udah lama rasanya enggak kesempatan mampir keblog kesayang k.ct ini..rindu banget sama Hesti dan masakan hasil dari Hesti. Ditambah lagi dengan menu yang sangat2 digemari k.ct egg tart.wahhh..kecur deh hehehe

bole dicoba ni untuk santapan berbuka nanti ya Hesti, picnya makin cantik suka sama sekali :)

Selamat berpuasa buat Hesti juga keluarga ya :)

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikum salam Kak CT sayang,

Waaaaah...terimakasih, jadi malu dapat pujian dari Kak CT, Hesti masih harus banyak belajar dari Kak CT kan? Selamat berpuasa juga akak...

Hesti HH. mengatakan...

Amiiiin, semoga...hihi

Hesti HH. mengatakan...

Buka apa dulu mbak Rina...kwkwkwkww...
Iya lembut banget deh, secara cuman susu ma telur ^^

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih ya sudah mampir di blog ^^

Anonim mengatakan...

Pagi2 disuguhin pic eggtart..jadi pgn cepet2 maghrib hihihi. Met puasa Mba Hesti.

-Ira-

Ayudiah Respatih mengatakan...

cantik banget kuenyaaa.....
sayang aku baru lahiran mbak, belum bisa baking...sibuk ngurus baby sama si balita:(
mudah2an ntar bisa nyobain kue yang inih....^^
kebayang nyamnyam bangeettt..

Lisa - Dapur Vanilla mengatakan...

Assalamualaikum, mbak Hesti. Egg tart-nya kelihatan enak ya, tapi sayangnya sampai sekarang aku blum pernah bikin...hehehe.... Mbak, itu filling-nya berasa telur ga ya? trus bagaimana caranya menyimpan sisa susu evaporated yang baik? tq....

Hesti HH. mengatakan...

Met puasa juga mbak Ira...makasih yaaa

Hesti HH. mengatakan...

makasiiiiiih mbak Ayudiah...

Iya, sabar ya. Kan masih banyak waktu...insyaAllah. Sun sayang buat kakak dan adek baru ya ^^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam...

Iya enak mbak, tapi aku lebih suka pie buah kaleng krn ada sensasi asemnya. Tapi anakku doyan. Jelas berasa telur tapi nggak terlalu karena ada vanilinya. Tapi memang ada orang yang suka kue khas wangi telur ^^

Cara penyimpanan susu evaporated sisa, aku pernah baca di NCC...susu yang sisa langsung dipindah ke wadah kedap udara (mis gelas tupperware bertutup) kalau wadahnya bersih bisa tahan sampe seminggu. Tapi kalo pengalaman pribadiku...buka kalengnya dikit aja asal susunya bisa keluar. Habis itu tutup kalengnya pake tutup gelas lalu simpan di kulkas bisa tahan hampir 2 minggu. Tapi jangan berpatokan sama waktu di atas. Ketika mau dipake selalu perhatikan bau dan rasanya. Kalau berubah dan agak asam segera buang...

Ayudiah Respatih mengatakan...

eh jadi penasaran nih mbak...kalo misalnya cetakannya pake cetakan pie yang besar kira2 gak apa2 kali yah...soalnya kan ribet gitu kalo pake yang kecil kecil, biar bisa sekali cetak masukin isian langsung dipanggang deh hehehe...

Hesti HH. mengatakan...

Nggak ngerti juga mbak, harusnya sih bisa tapi nggak usah ditusuk tusuk garpu...nanti isiannya bocor ke bawah dan bikin lengket. Aku habis browsing dan ketemu resep yg mirip. Dia pake loyang besar.

http://langsungenak.com/baca/2009/09/10/pie-susu.html

Ayudiah Respatih mengatakan...

Udah di check..iyah memang mirip..biar gak penasaran kayaknya harus dicoba aja ini mah heheh..
makasih ya mbak^^

Hesti HH. mengatakan...

Gut laaaaaaakkk yaaa...

annie mengatakan...

assalamu alaikum mba hesti...
selamat menjalankan ibadah puasa yahh
mba hes..mau nanya niyy, kalo 1 resep di atas jadinya berapa buah ??
truss..kalo misalnya mentega diganti sama margarin apa ada pengaruhnya di adonan pie nya??
tengkyuuu.. :))

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam,

Makasih mbak ucapannya.
Kemarin waktu bikin pake loyang muffin ukuran sedang hasilnya 12 biji. 3 di loyang muffin sedang dan 9 di loyang muffin mini.
Bisa aja mbak, palingan beda di rasa n wanginya. Kalo tekstur mentega lebih gampang hancur/rapuh...aku lebih senang dan sering bikinnya 1:1 sama margarin. Tetap kokoh dan wangi butternya pun ada ^^

Neng Ella mengatakan...

Mbak Hesti, aku coba bikin tapi kok gak renyah ya, apa karena aku lupa masukin tepung custardnya? Terus...sudah dua kali bikin pie, selalu gak bisa gilingnya. Maksudnya adonannya itu lengket di gilingan. Akhirnya aku ambil adonannya terus tempel-tempel di loyang. Apa yang salah ya mbak? Yang pasti pie ini enak, meski yang aku buat gak renyah, hehe...

Hesti HH. mengatakan...

Nggak mesti tepung custardnya mbak. Pie biasa juga gak pake custard tetap renyah.
Mungkin manggangnya kurang lama mbak, apinya dikecilin aja. Oven memang beda beda panasnya.

Kalo giling aku selalu ngerjainnya di silicone mat habis itu dilapis atasnya dengan plastik (plastik makanan yang aku potong), insyaAllah nggak lengket. Bisa juga dialasi 2 buah plastik, atau alas kerjanya ditabur dikit tepung permukaan adonan juga ditabur tepung.

Anonim mengatakan...

Halo Bunda Hesti, saya tergoda sekali dengan fotonya di blog ini cantik2^^..saya tertarik nyobain mamaeggtart ini. Yg buat saya penasaran itu mba Hesti kan cetaknya pakai loyang muffin, tp kok bisa rapi dan ada motifnya lagi diatasnya (dilingkaran kulit pienya)..boleh bagi tipsnya Bunda? maklum, newbie^^ terimakasih

Nanda

Hesti HH. mengatakan...

Halo Nanda,

Terima kasih komplimentnya ya. Supaya rapi saya selalu menggunakan cutter bulat yang lebih besar diameternya daripada loyangnya. Jadi tinggal dirapikan aja di dasar loyang. Ini pake cutter bergerigi jadi hasilnya bergerigi jg pinggirannya.

Anonim mengatakan...

Terimakasih Bunda buat tipsnya, Aku doakan tetap sehat & semangat terus membagi ilmu ya Bun supaya kami yg baru2 baking bisa "ketularan" pinter&sregep membuat jajanan yg enak, cantik dan sehat dirumah...^^

Nanda

Anonim mengatakan...

halo mba, aku mau tanya kalo ga pake tepung custard bisa ga ya? thanks!

Hesti HH. mengatakan...

Boleh mbak, ganti terigu aja...

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum mbak hesti....aku udah coba mbak,tapi tepung custard aku ganti maizena hehehe.ngawur ya...enak tapiiiii sayangnya anak2ku kok gak lahap ya?doyan cuma beberapa gigit aja akhirnya dikit2 tiap hari aku yg makan hehehe.oh iya mbak,udah tau belum ada yang njiplak resep mbak hesti tuh coba mbak cek http://aditya566.blogspot.com/2012/07/heimama-egg-tarts.html terimakasih resepnya ya mbak....maaf aku suka nyontek resepnya mbak hesti 'emma"

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, salam kenal mbak Emma. Silahkan dicontek resepnya gak masalah malahan aku senang kalau sukses.

Hehe...kadang selera anak anak emang beda dengan selera ortunya. Penampakannya kan emang gak menarik cuman bulat kuning aja hehe.

Waaaaah aku baru tau mbak. Makasiiih banget infonya itu orang cuman mindahin isi blogku ke blognya. Kacauuu deh. Kemaren ada juga yang begitu tapi selain postinganku dia ambil postingan orang juga dan campur campur bukan resep aja.

Anonim mengatakan...

iya mbak ternyata isinya sama plek.waktu aku googling juga heran,dulu itu kayanya yg njiplak namanya embun pagi (atau apa ya?hehe aku penggemar blognya mbak hesti,jadi agak2 inget),kok ini ada lagi tapi beda nama.bingung karena penampakannya sama blognya mbak hesti.

Hesti HH. mengatakan...

Makasih banyak untuk perhatiannya mbak, aku cuman bisa ngelus dada...karena kalau diladeni habis waktu dan tenaga percuma. Pengalaman yang embun pagi, udah aku lapor dan dihapus eh diambil lagi bahkan blognya disetel nggak bisa diklik jadu nggak bisa aku buka dan laporkan lagi.

Anonim mengatakan...

Mbak hesti salam kenal, diam2 aku suka ngintipin hasil karyami,sesekali nyontek & praktek. Udah coba.resepnya, tapi kenapa pie crustnya gak bisa awet renyahnya

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak udah jadi pembaca setia.

Kalau nggak bisa awet renyahnya memang dikarenakan bahan isinya yang mengandung kelembaban tinggi. Makanya seperti vla buah itu biasanya nanti mau dimakan/disajikan baru diisikan vlanya biar lebih lama renyahnya.

Sedangkan untuk egg tarts ini bisa lebih renyah kalau disimpan di kulkas. Kita kan nggak pake bahan tambahan sepert perenyah atau semacamnya.

aza kayla mengatakan...

Salam mbak seneng buanget msk k blog mbak coz resepx ok semuax,oh iya mbak sy pengemar eeg tart apalg kalo pas k mataram ato k sby slalu jd buruan sy. Sy pingin buanget bs bt sendiri tp saat membc rsp d atas ada yg ganjal maaf loh g nyalahkan rspx mbak tp sy tuh binggung coz dah cr susu evaporated tp g ketemu2 d daerah sy,nah apa bs d ganti susu evaporatetx kalo bs d ganti dgn apa n ukrnx brp ml. Makasih ya mbak maaf bnyk bertanya.

aza kayla mengatakan...

slamat idul fitri mbak,akhirx kesampaian jg sy bt egg tartx filingx ok tp kulitx g renyak bagian bwhx apa memang begitu ato karna sy pake resep kulit pumpkim tart mbak hesti. mhn pencerahanx. makasih sbelumx

Venny SM mengatakan...

Kliatan banget lembutnya...jd pengen coba...ijin copas yaa mbak Hesty...makasiih

Laurentia Yovanka mengatakan...

Mba hesty... sy uda coba bikin resep ini. Fillingnya emg lembut bgt. Tp bau telur nya kenceng bgt ya... pdhal sy uda tambah vanila extract 1/2sdt. Apa msh krg ya? Makasih mba

Hesti HH. mengatakan...

Waaaah maaf baru baca komennya mbak. Terlewat. makasih ucapannya.
Harusnya sih tetep renyah mbak...mungkin agak tebal gilingnya jadi belum terlalu kering dah matang fillingnya...

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbak, makasih

Hesti HH. mengatakan...

Memang mbak, namanya juga egg tart...hehe. Mungkin digaringin aja biar gak terlalu amis ^^

Anonim mengatakan...

Hmmm, gara2 suami pulang dari Bali bawa oleh2 pai -nya sikit banget, jadi kesel...coba2 nyari resep di internet eee... ketemu dengan blognya mbak Hesti jadi ngiler nih.....izin copy resepnya...ya mbak....

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan mbakyu...ditunggu hasilnya yaaaaa

Fathiya Azhar mengatakan...

Assallamu'alaikum Mba Hesti, salam kenal ya aku Tya. Mau report nih mba, pas ulang tahun aku, aku cobain resep egg tart ini. Hasilnya memuaskaan mbaa, hehe, tadinya sempet gak pede sih soalnya ini pertama kali aku bikin egg tart dan takut kulitnya kelembekkan atau rasanya aneh. Aku cobain deh ke keluarga dan temen-temen, mereka pada takjub aku bisa bikin dan bilang rasanya enak, teksturnya bagus, kulitnya crunchy fillingnya juga lembuttt banget. Alhamdulillah deh gak sia" :D. Ohya, fillingnya ada rasa pait dikit sih mba, mungkin aku kebanyakan kasih vanilla bubuknya, tapi so far masih layak untuk dihabiskan. Makasih banyak ya mba, ini link foto egg tartnya aku post di instagram aku: http://instagram.com/p/pjGm1dNVTW/?modal=true pie ukuran kecilnya agak mengkerut sih, soalnya aku coba gantian panggang di oven pakai api atas (maksud aku biar isinya cepet mateng) eh malah menggelembung, jadi aku langsung matiin deh. Klo pie ukuran besar, itu suksess mba. Jadi pengen coba resep mba hesti lainnya ^.^

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam mbak Tya. Salam kenal yaa

Sayang sekali instagramnya gak bisa kebuka mgkn krn saya gak punya accountnya ya. Tapi alhamdulillah ikut senang kalau resepnya sukses mbak.

Tentang vanili, memang kalau dia kurang rata tercampur dalam adonan akan terasa pahitnya. Bisa jg krn kebanyakan sih. Semoga lain kali lebih sukses ya...

Rhena Yuwanita mengatakan...

Mbak hesti...kl susu evaporated+air diganti skm bs ga mbak?...makasih

Hesti HH. mengatakan...

Bisa aja mbak tapi kalau SKM mengandung gula jadi gulanya harus dikurangin. Ada beberapa resep di internet yang menggunakan SKM mbak.

Anonim mengatakan...

Mbak Hesti yg baik.. aku manggang pie isiannya selalu menggelembung, padahal suhu cm 150c, aku turunkan jd 130 malah pienya ga mateng2, sampe 1jm lebih, hasilnya tetap aja ga mulus isiannya. Hiks.. makasih Mbak... Suci

Hesti HH. mengatakan...

Memang menggelembung mba, nanti dia kempes sendiri ^^

listya aderina mengatakan...

Kak hestii.. your recipes are so amazing.. slama ini aku coba resep2 kak hesti ga pernah ada yang gagal.. i love ur blog so much kak.. indra apalagi seneng bgt dia aku masakin terus.. dan slalu nebak "ini pasti resep dr kak hesti yaa" hihihi.. dpt salam dr Pak Deden dan Indra, kak.. keep inspiring us ya kaaak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillaaah, makasih ya dear Listya....senaaaang dengarnya, semoga tambah disayang Indra ya hehehe. Salam balik buat Om dan keluarga yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails