Rabu, 22 Januari 2014

Kue Cucur



Senangnya bisa bikin kue cucur sendiri. Walaupun nggak yakin punyaku ini udah bener teksturnya apa nggak. Kalau dari seratnya sih kelihatan jadi. Tapi kok kayaknya kue ini berminyak banget ya...apa memang begitu atau aku yang salah cara menggorengnya. Tapi terlepas dari itu yang penting udah mencoba bikin. Makasih tuk Mbak Diah buat resepnya ya. Kuenya enak dan manis ^^

Berikut resep sharing dari mbak Diah Eldibcaff...

Bahan: 
- 400 ml air 
- 225 gr gula merah 
- 3 lbr daun pandan 
- 250 gr tepung beras 
- 50 gr tepung terigu 
- 1/4 sdt garam 
- sedikit minyak untuk menggoreng

Cara membuat : 
  1. Rebus air, gula merah, dan daun pandan sampai mendidih dan gula larut. 
  2. Saring sampai menjadi 500 ml, biarkan sampai uang panas hilang.
  3. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam.
  4. Masukkan sebagian air gula secara bertahap sambil di uleni sampai kalis dan dikeplok keplok kurang lebih 15 menit. 
  5. Masukkan sisa larutan gula merah, aduk rata. Diamkan adonan kurang lebih selama 45 menit. 
  6. Goreng satu-satu dalam minyak panas sedang. 






15 komentar:

Nisa-mom mengatakan...

iih cantiik banget cucur nya, adik ku tuh ya bisa di kategorikan gila cucur .. sementara aku nya mah biasa aja karena unsur kandungan minyak nya banyak bener xixiixix... tapi foto terakhir ga kliatan terlalu berminyak koq mba... ini malah favorite ku nih klo ga berminyak banyak

Rima Rahman mengatakan...

salah satu kue kesukaan rima waktu kecil mbak,,sekarang dah jarang yg buat ini dikampung,,yg masih ada tinggal kue Ali namanya mbak,,bahannya sama kyk kue cucur tp ini lbh padat,,bentuknya kyk cincin makanya disebut Ali (cincin b.sunda).tekstur yg berminyak emang khas dr kue ini mbak

bukucatatanresep mengatakan...

Mbak Hesti
Itu maksudnya adonan dikeplok-keplok itu seperti apa, tolong dijelaskan. Makasih ;-)

Anonim mengatakan...

@mba rima : sama mbaa,kue kesukaan wkt kecil,trs kalo di kampungku digarut di sebutnya cucur itu burayot,kalo kue cincin nya ali agrem..hmmm jd pengen bikin,thanks buat mba hesti,resepnya aku cobain dehh..ngobatin kangen akan kampung halaman..

Salam
Yulia - Bali

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

Konon katanya adonan yg dh jadi itu didiamkan semalaman d suhu ruang mba, untuk fermentasi alami... kan ga pk ragi atopun BP dan SK...
Sehingga menghasilkan serat yg banyak dan kue jadi enteng dan ga terlalu nyerap bnyk minyak....

Aku dh pernah nuoba mba... beneran bagus hasilnya..

Hesti HH. mengatakan...

@Nisa mom : bener mbak, kalo enak sih enak banget cuma minyaknya itu lhooo...

@Rima : iya ya mbak, masih banyak kue tradisional yg jarang diekspose...

@Buku catatan resep : maksudnya ditepuk tepuk mbak biar berserat.

@Yulia : good luck ya ditunggu ceritanyaaa...

@Lina : iya ya mbak, mungkin lebih ringan kalo lama diaminnya. InsyaAllah coba lin waktu. tengkiu tipsnya yaa

Nurbariah Ria mengatakan...

mb hesty... izin catat resep ya..pingin nyoba kue tradisional :)

Hesti HH. mengatakan...

Silahkan, semoga sukses ya bikinnyaaaa

midia theja mengatakan...

Mba Hesti, kalau mama & nenek ku biasa dicampur gula pasir juga sedikit, jadi pinggir2nya kayak garing agak kayak karamel...:) tapi kita biasa di rumah buat langsung aja malah, gak didiamin, kalau dikeplok2 memang iya, hasilnya jadi terus kok dan cepet habisnya, hahaha... Nenek ku dulu malah hebat banget sekali buat sarangnya cantik sekali n berkonde... Yang penting manisnya pas dan suhu kompor juga pas...

Midia

Hesti HH. mengatakan...

Waaaaaa...memang orang orang dulu jago buat kue ya, main cemplang semplung teteup sukses hasilnya. makasih mba Midia, salam buat keluargaaaa

Mega Nanda mengatakan...

kue ini emang berminyak banget mbak... berhasil ga nya tuh dilihat dari tengahnya mbak, lok kata nenekku lok puser nya ga muncul itu ga berhasil. hahhahha...

Hesti HH. mengatakan...

iya yaaa bener kayak pusar lho. Tapi saya gak mau bikin lagi krn walaupun enak minyaknya itu dashyaaattt...wakakakaa

hApPy mOmMy mengatakan...

Assalamualaikum, mba hesti.. Aq sedang mempraktekan resepnya... Dan mengalami kesulitan saat menggoreng... Lengket di bagian bawahnya.. Mohon pencerahan mengenai trik dan tips menggoreng.. Makasih sharing resepnya yaa

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam. Mmng ini minyaknya harus agak banyak mba seperti bikin martabak tapi ngga kayak deep fried jg.

ORENJI KITCHIN mengatakan...

Assalamu'alaikum mb' hesti..mau nanya, adonannya digoreng pake cetakan atw langsung dituang aj ke minyak panas sampe bisa bulat bagus gitu?

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails