Jumat, 10 Januari 2014

Cake Pisang Kukus Tepung Beras



Di rumah masih ada beberapa buah pisang mas yang sudah matang sekali. Anak anak udah nggak ada yang berminat kalau begitu penampakannya. Biasanya pisang mas cuman dimakan begitu saja tidak pernah aku olah ke dalam kue. Untuk kue aku seringnya menggunakan pisang raja. Selain manis aromanya juga khas. Tapi daripada pisangnya kebuang, ya aku bikin aja kue. Lagian setahuku di Malaysia pisang mas malah umum digunakan untuk membuat kue. Jadi nggak ada salahnya dicoba.

Resep aku ambil di Sajian Sedap. Pisang ambonnya aku ganti pisang mas, emulsifiernya juga aku skip karena kemarin bikin kue udah pake emulsifier. Takut kelebihan dosis bahan kimianya...hehe
Hasilnya enak dan lembut dengan aroma pisang yang tipis. Sewaktu dikukus mengembang tinggi, ketika keluar kukusan mengkerut dikit. Tapi tetep lembut kok. Penampakannya terlihat ada beberapa bintik cokelatnya karena gula merahnya ada yang nggak hancur sewaktu dikocok. Ternyata menurutku lebih bagus cetakannya nggak dioles minyak. Kalau dioles malah banyak mengkerutnya. Justru yang nggak dioles cantik dan sama sekali nggak lengket kok. Kalau mau lihat resep asli silahkan buka Sajian Sedap ya. Kue ini unik. Walaupun mengandung tepung beras rasanya seperti cake terigu. Enak dan ringan.



9 komentar:

Rima Rahman mengatakan...

mbak,,telurnya hrs dikocok smp kentalkah atw cukup smp mengembang g?mirip2 kue sakura ya..cm beda di bahan j..pengalamnya sama nih,,ngukus kue yg loyangny dioles full dgn minyak / mentega,membuat kue tergelincir alias nyusut,,aplg kol ada komposisi santan dibahannya,,baiknya g usah dioles lagi loyangnya/cetakannya ya mbk,
gambarnya cantik mbk,,^^mksh buat resepnya

Monica Rampo mengatakan...

Salam kenal mba Hesti..
mba..aku suka dgn blog mba..trs nih sdh ada beberapa resep aku cb..trs aku mau posting di blogku..
sebelumnya aku sdh izin sm mba Hesti..cm mba Hesti ga bls komenku..jadinya agak ragu-ragu mau posting..skrg aku komen lg ya mba..he he he..thanks ya mba..

Monica Rampo mengatakan...

mba Hesti..aku lg..he he he..
mba..ada yg ketinggalan..aku sdh cb resep stik sus kering mba..wah mba..anakku yg umur 2thn doyan bgt..berikutnya aku buat lg mba tp yg mini-mini kyk dijual org itu mba..yg pake spuit nyetaknya..mba aku jg sdh cb panada..wah mengingatkan masa kecil..kue favoritku mba..dulu di rmh sering buat..wah kl satu-satu diceritain resep mba yg aku cb bs panjang mba..thanks ya mba resep-resepnya..suka deh..mana ditambah lg foto2 yg keren hsl jepretan mba..

Hesti HH. mengatakan...

@Rima : iya mbak, harus sampai mengembang kental berjejak karena saya skip pemakaiam bahan tambahannya. Walaupun pake emulsifier tetap harus mengembang juga kocoknya. Bener mbak minyak bikin kuenya menyusut. Kue udah imut jadi tambah imut deh...hehe

@Monica : salam kenal mbak...waaaaah silahkan diposting. maaf kalo saya kelewatan balasnya. kadang sehari dapat puluhan komen. Kadang kadang terlewat satu dua balasnya. Maaf yaa
Alhamdulillah kalo cocok sama resepnya mbak, ikutan senang dengarnya ^^

Anonim mengatakan...

Asalamualaikum....
Mb hesti slam kenal yaa, aq suka bgttttt ama blognya mb, & sdah banyak resep yg aq contoh& brhasil.... Mkaasih bgt atas ilmunya y mb...
Oh yaa alamat fb mb hesti apa ya? Pengen berteman jga..

Milatina di gresik

Lina IbunyaAzRaf mengatakan...

Mauuu... sering jg ada sisa pisang yg nganggur... akhirnya krn males hyaaahhh berakhir d t4 smpah deh...

Hesti HH. mengatakan...

@Milatina : salam kenal juga mbak Mila, alhamdulillah kalo cocok sama resepnya mbak ^^
Alamat FB saya Hesti Saifuddin

@Lina : bener mbak, sayang banget...ini aja pisang mas udah enak apalagi pisang raja atau ambon

Anonim mengatakan...

Mba kalo cetakannya pake loyang bisa ga?
Orien

Hesti HH. mengatakan...

Bisa kok tapi waktu kukusnya lebih lama yaaa kan lebih gede

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails