Kamis, 16 Januari 2014

Cake Sukun



Beberapa hari yang lalu ketika ke pasar, ditawarin sukun sama mbak penjual sayur langgananku. Katanya sukunnya bagus. Aku beli juga akhirnya. Tapi karena sibuk nggak sempat diolah keburu mateng sekali. Aku tau kalau sudah mateng begini nggak cocok digoreng karena lembek dan menyerap minyak. Jadi aku kukus saja dan kemudian dihaluskan. Aku simpan di freezer dengan niat kalau ada waktu segera diolah. Sempat aku icip sedikit, sukunnya terasa manis. Malah cenderung seperti nangka rasanya. Baru kali ini aku dapat sukun manis begini. 

Akhirnya hari ini aku bikin cake sukun. Resep lihat di blognya Ummu Fatima "Simply Cooking & Baking". Resepnya aslinya sih cake kentang keju. Tapi nggak ada salahnya aku ganti dengan sukun. Beda di aroma. Beda dikit di tekstur sih. Tekstur sukun agak berserat serat panjang. Karena takut susah menyatu dengan adonan jadi aku blender lagi sukunnya sampai halus bener. Resep ini simple. Walaupun tanpa bahan tambahan bisa tetap mengembang dan enak menurut reviewnya Ummu Fatima. Karena aku ingin merasakan rasa asli dari sukun ini aku tidak menambahkan keju ke dalam adonan. Keju aku parut sebagai taburan di atasnya.

Ketika matang, waaaa...wangi juga aromanya. Kecium bau sukunnya. Ketika diicip terasa juga sukunnya tapi kalau orang disuruh icip tanpa diberi tahu kayaknya gak bakalan tau kalau itu ada sukunnya ^^

Hasil cake mengembang walaupun tidak terlalu tinggi. Sama sekali nggak bantat. Malah lembut dan spongy. Nggak beremah. Enak dan unik menurutku. Nggak nyangka sukun bisa dibuat cake. Sedikit modifikasi supaya rasanya lebih gurih aku tambahkan sedikit garam dan susu bubuk full cream. Kue ini menggunakan minyak sehingga kita tidak akan mendapatkan rasa gurih susu tanpa menambahkan butter, margarin atau susu bubuk. Lain kali aku mau coba minyaknya diganti butter atau margarin. Pingin tau beda rasanya ^^
Tuk Ummu Fatima, makasih resepnya ya....





Bahan :
- 160 gr sukun kukus, haluskan
- 100 ml minyak sayur
- 110 gr tepung terigu protein rendah
- 15 gr susu bubuk full cream
- 4 btr telur ayam
- 100 gr gula pasir
- 1/2 sdt garam
 
Taburan :
- 35 gr keju cheddar parut 

Cara membuat: 
  1. Panaskan oven 350F atau 175C.
  2. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang kental berjejak.
  3. Turunkan kecepatan menjadi kecepatan paling rendah. Masukkan tepung, aduk perlahan, setelah rata masukkan minyak, aduk kembali hingga rata. Jangan overmix.
  4. Masukkan sukun, aduk hingga rata.
  5. Tuang adonan kedalam loyang persegi 18 cm yang telah diolesi margarin dan ditaburi tepung. Taburi keju parut. Panggang selama kurang lebih 30-35 menit atau apabila ditusuk sudah kering. 
  6. Angkat. Dinginkan lalu potong potong.


13 komentar:

Nisa-mom mengatakan...

pernah ketemu sukun disini... wuah mahaaal...rek , tapi di beli juga... sudah nya cuma di goreng hehheehheh.. ga kreatip kan aku nih mba...

andi aisyah mengatakan...

kebetulan lg musim sukun...

Anonim mengatakan...

bu hesty, oven ibu yg putih itu suhunya dalam Fahrenheit ya? bukan celcius?

Hesti HH. mengatakan...

@Nisa Mom : hihi iya sih emang paling gampang dibikin gorengan. Renyah dan gurih ^^

@Andi Aisyah : ayooo dibuat...

@Anonim : iya mbak, betul pakai farenheit

ririn mengatakan...

ga perlu pake emulsiefer ya mba..?

Hesti HH. mengatakan...

Nggak mbak,ini aja dah lembut banget kok ^^

Anonim mengatakan...

Gara2 aϑa yg kirim sukun n ga sempet digoreng Jάϑΐ deh sukunnya kematengan lembek sekali. Trs kepikiran dibikin apa gitu yaa. Cari2 ide, dapet deh resepnya mbak Hesti. Enak kok, tp kayaknya memang lebih wangi klo minyaknya diganti margarin atau butter

Hesti HH. mengatakan...

Hihi iya mba mengurangi bau sukunnya yaaaa

Jalina Wyraswasty mengatakan...

Salam kenal mbak hesti..yang baik..saya nubie..yang mau berguru nih..kebetulan sy lagi HHC..apa hayooo..harap2 cemas nunggu cake sukunnya mateng..saya skip susu mbak..karna ga punya..mo beli ke warung..muales...trs 10 ml dari minyak saya ganti margarin yg aroma butter tu lho..moga sukses ya cake sukun perdana saya...

Jalina Wyraswasty mengatakan...

Mbak hesti...mau laporan..dah jadi kuenya..alhamdulillah..ngembang..enak..ya walau ga mrata sukunnya..kuenyang banget makan 2 pot..lembut kayak cake ubi gt...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mba jalina, senaaaang dengarnya. Iya mba memang tekstur sukun gitu...seratnya panjang panjang dan saling nyambung hehe

Ida Hariyanti mengatakan...

Mbak,misal sukunnya masih muda gitu apa bisa ya?dapet sukun tp ada yg masih muda.

Hesti HH. mengatakan...

waaaaah kayaknya kurang mantap mba, tapi mgkn saja bisa soalnya saya belum pernah coba >,<

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails