Selasa, 21 April 2015

Pie Nangka (Jack Fruit Pie)


Tadi ada teman yang antarin buah nangka hasil kebunnya. Alhamdulillah...dapat rezeki. Tapi lumayan besar tuh nangkanya. Aku mau coba resep pie dengan isian nangka ah. Dulu sudah pernah coba versi yang digoreng. Nah ternyata versi pie ini gak kalah enaknya. Yang penting sewaktu memasak isian nangkanya nggak kelamaan jadi masih ada sedikit tekstur renyah nangkanya. Kalau nangkanya jenis nangka yang lembek alias nangka bubur ngga usah dibikin pie ya bu ibuuu...dimakan aja langsung....hehe

Rasanya mirip mirip pie apel tapi minus tendangan asamnya. Yang ini manis saja dan wangi nangka. Aku menambahkan sedikit sekali kayu manis tapi bukan untuk menghilangkan aroma nangka. Justru seballiknya dia memperkuat aroma nangkanya. Yang penting pakainya sedikit saja yaaa...secubit aja.





Bahan Isi:
- 250 gram nangka, potong kotak
- 20 gram gula pasir 
- 20 gula palem
- 50 ml air
- 1 sendok makan maizena
- secubit kayu manis

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Angkat, dinginkan.

Bahan kulit pie :
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 120 gr margarin
- 1 kuning telur
- 1/2 sdt garam halus
- 3 sdm gula halus
- 2-3 sdm air es (secukupnya sampai bisa bergumpal)

Cara membuat :
  1. Kulit pie : tuang terigu, gula, garam dalam wadah. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk menggunakan garpu atau ujung jari-jari sampai berbutir-butir.
  2. Beri kuning telur. Aduk asal rata. Tuang air es sesendok demi sesendok sambil diaduk terus menggunakan ujung jari-jari sampai bergumpal. Jangan diuleni atau akan menghasilkan kulit pie yang keras.
  3. Simpan di kulkas selama 15-30 menit.
  4. Ambil 3/4 bagian. Giling tipis menggunakan 2 buah plastik.Taruh di loyang pie diameter 18 cm. Tusuk tusuk dengan garpu dasarnya. Beri isian nangka. Tutup lagi dengan sisa kulit pie yang sudah digiling tipis. Toreh tengahnya supaya uapnya keluar. Olesi kuning telur. 
  5. Panggang sekitar 50 menit dengan panas 350F atau 175C.
  6. Angkat. Biarkan dingin baru dipotong. Dalam keadaan panas kulit masih lembek dan belum kokoh.
 

9 komentar:

inge&arkan@mom mengatakan...

wah nangka, buah yang jarang laku saat tinggal di Semarang. sedari masih muda, selalu saya tawar tawarin ke tetangga, jikalau ada yang mau nyayur nangka, sesudah tua, dipotong potong buat dibagi bagiin. dimakan langsung menurut saya udah repot, getahnya itu lho, apalagi sampai jadi pie. telaten banget, Mbak, salut.
Sekarang di sini, jarang ketemu nangka, paling beli pas bulan puasa, itu pun yang udah dikupas, bersih, buat campuran es campur.
Sepertinya perlu dicoba ya, Mbak, ntar kalau nemu nangka, sekarang ijin copas dulu resepnya, masuk Pocket.

Aldino Sya mengatakan...

langsung laper nih liat pie nangkanya..
aromanya sampai di sini Bund..:)

AR Amelia mengatakan...

aduh mba Hesti, selalu menjadi sumber inspirasiku dgn karya2mu mbak. Jadi pengen nyobain itu Pie Nangka. Kalau Pie Cempedak enak jg gak ya? soalnya disini masih musim buah cempedak :)

Hesti HH. mengatakan...

@Inge&Arka Mom : makasih mbaaa...iya ini kurang kerjaan saya eh tapi ternyata gak rugi dicoba hasilnya memuaskan mba ^^

@Aldino : hahaha yuuuk dibikin jugaaaa

@AR Amelia : iya mba ayooo dicoba jugaaaa...kayaknya kalau cempedak teksturnya terlalu lembek mba, takutnya pas dimakan jadi kayak bubur hehe

resep soto mengatakan...

krispi ga mbak? secara saya belum pernah nyoba yang namanya pai apel apalagi pai nangkanya mbak hesti. tapi kalo liat gambarnya mah kayaknya krispi.. nanti minta saya istri coba bikin.

Hesti HH. mengatakan...

Krispy sih ngga juga mas...tapi agak renyah kalau betul betul kering panggangnya. YUp ditunggu hasilnya ya semoga memuaskan...

Nisa-mom mengatakan...

waduuuh... baru liat ada pie nangka, so we can call this "Indonesian signature pie" ya mba Hesti. Rasa nya piye mba ? disini nangka muahal...dan ga manis...

ika syafriani mengatakan...

hi mbak hesti...izin copy resepnya ya mbak...saya penggemar pie..baru pemula mencoba coba membuat mbak....

Hesti HH. mengatakan...

@Nisa's Mom : hahaha, iya kayaknya baru di Indonesia niy ada pie nangka ^^

@IKa : silahkan mba...semoga sukses bikinnya yaaa

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails