Senin, 27 April 2015

Ayam Suwir Pedas ala Bali



Ada stok ayam yang sudah kurebus di kulkas. Pingin olahan lain selain ayam goreng jadi aku cari cari resep yang rasanya khas, termasuk yang satu ini yaitu ala Bali. Ngga ngerti juga maksudnya ala Bali apakah memang ini resep makanan tradisional Bali atau resep ayam yang dibumbu bali yaitu bumbu yang menggunakan banyak cabe macam bumbu balado dari Padang. Karena beberapa resep ayam suwir bali atau sisit ternyata berbeda. Ada yang menggunakan kemiri ada yang tidak. Ada yang menggunakan terasi adapula yang tidak. Ada yang menggunakan santan adapula yang tidak. Resep ini aku lihat di blog andalanku Just Try and Taste. Rasanya enak dengan aroma kencur, terasi dan daun jeruk. Unik! Berikut resepnya dari Mba Endang ya...


Bahan :
- 250 gram daging ayam rebus, suwir-suwir
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 100 ml santan kental 
Bumbu halus : 
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 6 buah cabai rawit merah keriting
- 1 sendok teh terasi
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1 ruas kuyit, bakar sebentar
- 1 ruas kencur
- 1 sendok makan gula merah
- 1 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok makan air asam jawa
Cara membuat :
  1. Panaskan minyak di wajan, masukkan bumbu halus, serai, lengkuas, salam dan daun jeruk, tumis hingga harum dan berubah warna. Tambahkan 50 ml air, aduk-aduk. 
  2. Masukkan ayam, aduk rata, tambahkan santan kental dan masak hingga santan dan air mengering. Cicipi rasanya. Angkat.

4 komentar:

Sashy Nuniek mengatakan...

simple ya mba bumbunya ,,, nanti saya mau nyoba ah , kalo pake resep asli balinya bumbunya banyak banget ..makasi sharingnya Mba Hesti :)

Nisa-mom mengatakan...

another bento alternative nih mba.... Nisa mulai suka pedes skarang loh, tinggal bapak nya harus terus di latih lidah Indonesia hahahah

andriany firdaus mengatakan...

Bikin ayam suwir ini kalau dpt nasi dos bawaan suami dr kampus.. biasa isix ayam panggang tp kurang terasa bumbux pokokx hambar .. jd dr pd ayamx mubasir mending dibikin ayam siwir resep mbak endang hmmm rasax enaaak.. sdh sering pake resep ini.. kalau msk ini pst lariiis maniis hehe..

Hesti HH. mengatakan...

@Sashy : bener mba kalo Bali kan kaya bumbu ^^

@Nisa's Mom : hahaha...kalo belum bisa makan pedes arinya belum terFitrinisasi tuh ^^

@Adriany Firdaus : setujuuuu...nyamangi!!

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails