Rabu, 29 April 2015

Mini Brownie Pie With Butterscotch Sauce




Dah lama gak baking baking serius. Maksudnya??? hehe iya maksudnya bakingnya khusus nyari resep baru tuk postingan di blog. Hari hari juga biasa sih baking tapi rata rata resep yang sudah pernah dipost di blog. Sebenarnya bikin pie brownies juga udah pernah tapi kali ini aku pakai resep yang lain. Selain itu aku tambahkan juga krim dan saus butterscotch di atasnya biar lebih cantik. Seakan akan kurang manis aja ya pake ditambah butterscotch segala >,<. Tapi asli enak. Butterscotch?? apa itu? apa bedanya dengan saus karamel padahal penampakannya sama. Nah ini dia, aku juga baru tau kalau karamel dam butterscotch itu lain. Kalau karamel dari gula pasir yang digosongkan sedangkan butterscotch dari gula palem yag dipanaskan bersama krim dan butter. Yang kedua ini lebih asoi wanginya...dan tidak semanis karamel yang cuma dari gula pasir saja. 

Resep pie brownienya aku lihat di Urban Bakes. Di situ warna browniesnya agak muda mungkin karena menggunakan cokelat bubuk yang lebih light warnanya. Tekstur dan crustnya juga lebih cantik. Tapi kalau rasa kayaknya sama aja deh, Sama sama enak. Pienya renyah dengan brownie moist di tengahnya. Browniesnya manis seimbang dengan kulit pienya yang gurih. Bagi yang tidak suka terlalu manis boleh dikurangi gulanya. Krimnya aku pakai krim kental yang dikocok sampai mengembang. Resep aslinya silahkan lihat di sini ya. Untuk saus butterscotch aku lihat di sini. Bikinnya gampang tinggal campur semua lalu masak hingga mendidih dan kental. Cuma punyaku terbuat dari gula palem dan gula pasir.


Bahan Kulit Pie :
- 2 cup + 2 sdm tepung terigu protein sedang
- 1 sdm gula pasir halus
- 1/2 sdt garam halus
- 2/3 cup salted butter dingin
- 5-7 sdm susu cair

Bahan Brownie :
- 1/2 cup salted butter
- 1 1/2 cup gula pasir halus
- 1/2 cup coklat bubuk
- 1/2 sachet kopi nescafe 3 in 1 "strong"
- 2 butir telur
- 3/4 cup terigu protein sedang

Cara membuat :
  1. Semua bahan kering diaduk rata pake sendok lalu masukkan mentega dan aduk sampe berbutir-butir. Tambahkan susu cair sesendok demi sesendok lalu aduk sampai bergumpal. Masukkan dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit
  2. Giling pipih lalu cetak menggunakan cutter bergerigi dam masukkan ke dalam pan muffin mini. Selesaikan semua adonan kulit. Sisihkan ke dalam kulkas.
  3. Sementara itu bikin browniesnya. Panaskan butter hingga leleh, angkat. Masukkan gula dan cokelat bubuk. Aduk rata. Tambahkan telur dan kopi instan. Aduk rata. Terkahir masukkan tepung. Aduk asal rata.
  4. Sendokkan adonan brownie di atas kulit pie 3/4 tinggi cetakan. Panggang dalam oven suhu 375F atau 180C selama sekitar 15-20 menit. Angkat, keluarkan dari cetakan dan dinginkan.
  5. Hias atasnya dengan krim lalu beri saus butterscotch.

Saus Butterscotch :
- 160 ml krim kental
- 155 gr brown sugar (aku pake 75 gula pasir + 75 gula palem)
- 50 gr butter

Cara membuat :
Panaskan semua bahan dalam panci kecil dengan api sedang sambil diaduk aduk. Setelah larut naikkan api dan biarkan mendidih. Kecilkan kembali apinya. Aduk sesekali hingga kental. Matikan api, biarkan dingin. 



9 komentar:

Nisa-mom mengatakan...

I hear you mba, heheheh... kita sih sebagai ibu RT baking mah tiap hari ya :))) jadi ketawa sendiri kalo baca tulisan mba Hesti "baking serius" maksud nya baking buat di foto ... hahahah...

Saudia "iiko" rakhma mengatakan...

Hwaaa iik dah lama gak baking,semangatnya menurun nih :'( bunda hesti mau tnya butter buat brownie bs diganti margarin gak ya?trs 1cup tepung/gula setara 150 atau 225 g,bun?

selma alan mengatakan...

Wah udah lama nggak blogwalking udah ketinggalan resep mbak hesti...terakhir yang resep pie nangka...enak ni mbak...langsung saya catat resepnya...makasi yaa

Hesti HH. mengatakan...

@Nisa's Mom : hihihi iya mba betul skaleeeee ^^

@Saudia : boleh mba itu saling menggantikan cuman beda di aroma aja. 1 cup gula sama dengan 125 gr mba

@Selma : ditunggu hasil prakteknya ya mba, good luck!!

Anonim mengatakan...

Mbak hesty bolehkah minta resep krim yg diatas brownies nya? Tks sebelumnya

Hesti HH. mengatakan...

Itu cuman krim kental dikocok diberi gula halus dikit mba...

evawani rahadini mengatakan...

Salam kenal mbak....sorry saya pemula nih...bisa minta takaran yg pas (mnrt m.hesti) buat bikin krim yg maknyus...trus krimnya itu bisa dibuat topping cupcake tdk?...thx u

Hesti HH. mengatakan...

KAlau krim ini kurang cocok untuk cupcake yg disimpan di suhu ruang mba karena akan meleleh. Butter krim yang enak bisa dibuat dari butter dan gula halus atau susu kental manis. Bisa juga pake whip cream non dairy mba

Oshin Megume mengatakan...

Ass. Mbak hesti sy pengemar berat nya mbak hesti. Sy slalu lihat blog nya mbak hesti trs. Sy mau tanya 1 cup brp gram ya mbak hesti. Mksih ya mbak hesti.

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails