Senin, 09 Maret 2015

Pie Nanas




Beberapa hari yang lalu beli nanas bogor. Saking besarnya sampai dimakanpun gak habis. Untuk memberdayakan sisanya aku bikin pie nanas saja. Ternyata rasanya mirip dengan pie apel bedanya yang ini ada sedikit sensasi asam dan tentu saja aroma nanasnya. Nanas ngga perlu dibikin selai tapi cukup dipotong kecil saja biar teksturnya masih kerasa.

Kalau kata anakku seperti makan nastar ...hehehe. Yuuuk disimak resepnya



Bahan Kulit pie :
- 300 gr tepung terigu protein sedang
- 150 gr margarine/butter
- 5 sdm gula halus
- 1/2 sdt garam
- 2 kuning telur
- 5 sdm air es

Bahan Filling Nanas :
- nanas, potong-potong kecil (sekitar 500 gr)
- gula pasir secukupnya
- kayu manis bubuk
- 1/4 sdt garam
- 1 sdm butter
- sedikit maizena + air

Cara membuat :
  1. Siapkan isian : masak nanas, gula bersama sedikit air sampai mendidih. Tambahkan kayu manis bubuk, butter dan garam. Masak sampai lembut tapi tidak hancur, masih bertekstur. Setelah airnya menyusut, beri larutan maizena yang dicampur sedikit air. Aduk rata sampai meletup-letup. Matikan api. Dinginkan.
  2. Kulit pie : tuang terigu, gula, garam dalam wadah. Aduk rata. Masukkan margarine/butter. Aduk menggunakan garpu atau ujung jari-jari sampai berbutir-butir.
  3. Tuang telur, aduk asal rata. Tuang air es sesendok demi sesendok sambil diaduk terus menggunakan ujung jari-jari sampai bergumpal. Jangan diuleni atau akan menghasilkan kulit pie yang keras.
  4. Simpan di kulkas selama 15-30 menit.
  5. Giling tipis menggunakan 2 buah plastik. Bulatkan dengan gelas atau cutter bulat. Letakkan dalam cetakan pie. Sisakan adonan kulit pie untuk bikin penutup pie. Potong memanjang menggunakan cutter bergerigi. Tangkupkan di atas adonan isi. Rapatkan ujung-ujungnya agar tidak terlepas pada saat pemanggangan.
  6. Tusuk-tusuk dengan garpu. Beri isian nanas. Oles kuning telur. Taburi gula pasir kasar.
  7. Panggang sampai kuning keemasan dengan api 175 C selama kurang lebih 45-50 menit Angkat.

7 komentar:

AR Amelia mengatakan...

wah...baru mau cari2 ide bikin pie lagi, setelah sebelumnya sukses bikin pie pake resep mbak Hesti. Makasih resepnya mbak, mau coba juga. Di Balikpapan banyak nanas jg, tp bukan nanas bogor sih :D

Dian Zakiah mengatakan...

Assalamu'alaykum mbak Hesti :)
Pie nya cantik banget. Sayang dirumah lagi tidak ada nanas. Kalau misal saya ganti strawberry bisa atau tidak mbak? Terima kasih sebelumnya

Hesti HH. mengatakan...

@AR AMelia : nda masalah bukan nanas bogor yang penting ngga asam yaaaaa hehe

@Dian Zakiah : waalaikumsalam, boleh mba, divariasikan dengan buah lain pasti cantik warnanya...

Yenny Chai mengatakan...

Halo mbak Hesti, terima kasih sdh share resepnya. Boleh tau mbak, ukuran loyang yg dipakai brp? Y
Thanks.
Yenny

Hesti HH. mengatakan...

Ini diameter bawahnya 22cm mba

fina wati mengatakan...

Hai mba hesti apa kabar? mba uda lama mba ngak posting resep2 baru,kenapa ya? Mba saya uda coba buat pai nenas ini,tetap aja dasar pie ngak matang,oven otang mba,trus dipanggang 45-50menit.. pinggiran matang sih,apa karena tebal? atau karena isian nenas ya mba? apa kulit nya harus dipanggang dulu,baru masukkan isian trus panggang lagi? Tapi rasa pai nenas ini enak mba,suami n temen2 kantor suka hahahahha.....ditggu balasan nya ya mba... terima kasih mba...

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah baik mba...iya saya lagi mengurangi waktu di depan komputer mba. Dan resep yg udah dicoba udah banyak bangt udah mau 900 mba jadi bingung mau posting apa lagi ^^

KAlau kurang matang biisa karen dua mba. Bisa karena ketebalan kulitnya atau selali nanasnya terlalu cair. Atau bisa juga waktu panggangnya kurang lama. Ini langsung diisi mba. Kalau kawatir ngga matang bisa bikin di cetakan yg kecil mba

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails