Jumat, 13 Maret 2015

Hasil Kebun


Alhamdulillah hari yang cerah..."Mari kita panen sayuuuur" kata Hanif. Pagi pagi dah bersemangat mau petik kacang panjang. Lumayan banget kegiatan berkebun ini teman teman. Mungkin hasilnya nggak banyak sekali tapi bisalah tuk memenuhi kebutuhan beberapa sayur dan bumbu dapur harian. Soalnya di rumah perusahaan ini halamannya luas sekali, sayang kalau tidak diberdayakan. Memang sih tanahknya tidak sesubur tanah di daerah lain. Di sini tanahnya tanah merah, mengandung nikel sehingga berkadar asam tinggi. Tapi walaupun beberapa pohon sayurku seperti cabe rawit, cabe merah dan paprika tumbuhnya kerdil...buahnya tetep  banyak.




Ini Hanif lagi serius menghitung hasil perolehan kacang panjang, buncis dan cabe hari ini. Bisa buat oseng sayur ini  ^^




Kelihatan kan paprikanya cuman sebesar tomat...tapi dibuat pizza lumayanlaaahhh...hehe. Ada juga tomat ranti dan jeruk purut. Fresh from the garden...




Aku juga menanam rosella. Bunganya kan berkhasiat obat...mengurusnya  juga ngga ribet karena tahan sama suhu panas.




Sawi ini sengaja aku tanam di pot karena kalau di tanah hasilnya lebih kurus. Di pot juga cantik dan segar...walaupun aku baru sebar benih lagi di tanah.Semoga yang berikutnya bisa gemuk gemuk juga.


Pas musim mangga, mangga harum manispun yang pohonnya kecil turut berbuah. buahnya rendah, ngambilnya gak perlu pakai galah.



Naaah...yuuuk buat teman teman yang punya pekarangan luas...mari berdayakan. Lumayan banyak manfaatnya, selain mata jadi seger lihat yang hijau hijau, aktifitas fisik berkebun juga lumayan banyak membakar kalori, plus bonus hasil kebunnya bisa dinikmati ^^

20 komentar:

Anonim mengatakan...

Lam kenal mb hesti..haduuu mbaa..tanganmu 'ajaib' bgt kayaknya...bikin kue pinter...bercocok tanam jg ok...pengen deh kaya mba..

Hesti HH. mengatakan...

Amiiiinnnn mbaaaa....makasih. ngga semua juga sih bisa tumbuh. Beberapa seperti oregano dan rosemary gak mau hidup mba. Mungkin tanah dan iklim gak cocok *ngeles* hehehe

mpuss den mengatakan...

waaaw ... kereeen mbaak, mbak rajiiiiin .. :D :D
den pengen rosella'a tuh mbak . kebetulan di rumah blom punyaaa .. :D

vanissa yulia irfan mengatakan...

mbaaaaa.... rajin bangettttt...

Anonim mengatakan...

Mba Hesti sy penggemarmu sdh banyak resep yg sy coba dari blog ini,empal, ayam kecap, coto makasar, baso tahu, egg less cake, stick sus kering, mantou, sampe roti semua enak dan masih banyak resep yg sdh sy catet nunggu untuk di praktekin.Semoga mba Hesti selalu semangat, saya selalu nunggu postingannya. Salam
Lis

Rismayanti megawati mengatakan...

Wahhh mbak, saya seneng banget lihatnya.... tanaman cabeku baru tumbuh kecil dan tumbuh beberapa daun udah di makanin ama burung, jangkrik dan ulat. Tanaman jerukku juga jadi gundul daunnya, jadi lama berbuahnya... hikshiks....

andriany firdaus mengatakan...

Senangnya kalau punya halaman rumah yg luas.. mauki tanam2 bebas.. krn rmhku halamannya hanya sejengkal mkx disiasati dg tanaman dlm pot..supaya lebih irit z pake bekas tempat minyak goreng yg refil.. alhamdulillah cabe keritingx sdh mulai tumbuh.. n tomat jg ih senangnya buat sambal dr kebun sendiri..

Hesti HH. mengatakan...

@Mpus Den : iya Den lumayan tuk dibuat suplemen tuh...menyehatkan. Tanamnya gampang dari bijinya aja. Ini saya juga ambil biji dari teman.

@Vanissa : makasih mbaa

@Lis : waaaaaaa dah banyak sekali yg dicoba. Semoga semuanya cocok ya, ikut senang kalau resepnya berhasil. makasih ya dah coba resepnya ^^

@Rismayanti megawati : iya mba memang butuh kesabaran nanamnya. Alhamdulillah di sini aman mba dari hama....

@Andriany Firdaus : hehe betuuuullll, maceku juga halamannya sempit jadi cuma bungaji yg ditanam kodong. Iya nikmatnya itu kalau bisa menikmati hasil tangan sendiri...

Anonim mengatakan...

Wah...what a amazing garden :). Mba hesti sharing dong gmn nanam paprika. Ak prnh coba nanam tapi mati. Benih nya bs dari biji paprika nya trus dijemur ga? Thanks.from monika

alvi novi mengatakan...

Lam kenal mba hesty..mau nanya jenis paprika-y..paprika apa mba..??paprika alma ato yg lain..??trus khusus utk paprika-y di taruh di pot ato di tanah aja..

Anonim mengatakan...

Mba hesti lam kenal yach..??mw nanya iti paprika jenis paprika apa..??alma ato yg lain..nanem paprika gampang yach..??

nasa mulia mengatakan...

Sedapnya buah mangga....buat kek mangga.

Hesti HH. mengatakan...

@Monika : ini saya langsung tanam biji paprika merah mba. Nggak dikeringin kok...dan gak ada treatment khusus. Saya sebar di tanah...begitu tumbuh saya pisah dan beri jarak dan diberi pupuk kandang aja.

@Alvi : salam kenal juga mba, ini saya beli paprika di supermarket mba gak tau jenisnya apa pokoknya ditanam di tanah aja...hehe. tanamnya gak susah kok kayak nanam cabe rawit aja...

@Nasa Mulia : betuulll inipun sudah dibikin puding mangga sis ^^

Odang Adek mengatakan...

Waaaa... pengin mangga metik dari pohon. Meski tanahnya spt itu toh di tangan dingin mb hesty semua tumbuh juga ya...

Anonim mengatakan...

Ga hanya resep-resepnya,, rumahmu pun bikin jatuh cinta mba... ♥♥ :D
Mmakinnn ngfanss m mba hestii resep-resepnya uda banyak bener yang aku coba n semuanya memuaskan!!!! Thx yaa mba...*hug
Humaira :)

Hesti HH. mengatakan...

@Odang Adek : alhamdulillah bisa jg menikmati hasil kebun sendiri hehe

@Humaira : peluuuk juga mba Humaira. Iya mba ini numpang di umah perusahaan...jadi selama tinggal di sini manfaatkan fasilitas yang ada ^^

Nisa-mom mengatakan...

pingin nginep di tempat mba Hesti deh , aduuuh... indah nya.. mba ga ada rencana pelihara ayam sendiri kah ? ato bikin kolam air tawar gitu ? laaah kalo ada semua di belakang rumah ga usah lagi ke pasar ya mba, kecuali mau beli daging sapi :)

Hesti HH. mengatakan...

Hayuuuukkkkk mba segera daku menyambutmu sambil jingkrak jingkrak bawa pom pom hehehehe...
Kalau di kompleks perumahan gak boleh pelihara unggas mba semenjak flu burung dulu. Pingiin sih pingin...

Anonim mengatakan...

Halo mbak, boleh info kalau benih sawinya beli atau dapat di mana?

Hesti HH. mengatakan...

Saya dapat bibit dari teman yang nanem juga mba di sini. Pernah juga beli di FBnya Xiaotha Finseeds

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails