Jumat, 04 April 2014

Berkebun...



Selain baking, aku termasuk tipe orang yang suka mencari hiburan dengan berkebun. Dan biasanya si kecil Hanif juga tidak mau ketinggalan. Memang dia suka eksplorasi alam. Termasuk berkebun ini. Dengan berkebun dia jadi tau beberapa jenis tanaman buah dan tanaman sayur. Jadi kalo emaknya dah bergulat dengan tanah, dah pasti ada asisten siap sedia di samping. Tunggu disuruh ambil tanahlah...atau pupuklah...menyiramlah atau bahkan ikut juga mencangkul, hehehe. Kasihan juga...selain keringatan beberapa bekas bentol digigit nyamuk terlihat. Tapi dia happy...

Bagiku berkebun bisa menghilangkan penat, refreshing, sekaligus juga menghasilkan. Menghasilkan??? iya bukan menghasilkan uang...tapi  hasil kebunku walaupun kecil bisa membantu memenuhi kebutuhan bumbu dapur sehari hari. Seperti cabe rawit, kucai, tomat,  daun seledri dan beberapa sayuran lain. Malah sekarang lagi tertarik membeli bibit impor. Beberapa dapat dengan mudah tumbuh tapi sebagian lain nggak mau hidup. Mungkin gak cocok sama tanah atau iklimnya. Yang mogok tumbuh itu rosemary dan oregano. Beberapa diantara yang bisa tumbuh yaitu bayam, basil, coriander, dan seledri. Bayamnya beda dengan bayam kita pada umumnya. Seledrinya pun memiliki batang besar besar. Basil dan coriandernya juga subur sekali.






Dan ternyata...nggak nyangka aku juga bisa tanam paprika. Iseng aja waktu beli paprika merah bijinya aku tanam. Eh ternyata bertunas. Setelah di pindah ke halaman dia bisa subur dan sekarang berbuah. Walaupun pohonnya kecil, buahnya tetap berukuran normal. Lumayankan...gak perlu beli lagi kalau mau bikin pizza...hehe. Di bawah ini deretan seledriku...disimpan di depan pintu dapur. Begitu butuh...hap hap langsung potong ^^




 

 

 

Daun basilnya gede gede ^^



Beberapa bibit yang aku beli di Ace Hardware...



Di bawah kelihatan Hanif kelihatan serius memotong cabang cabang bunga yang sudah merimbun.



 

 

Di bawah ini kenang kenangan waktu masih berada di rumah yang lama. Teteup judulnya berkebun...




 Bersama kakak Iyut dan mas tukang kebun...



Miss so much rumah jalan Buton ku >,<

37 komentar:

farida aryo mengatakan...

mb hesti apa kabar....duhh senengnya berkebun apalagi kalo memang bisa menghasilkan,bener kata mb Hesti memang bukan uang tapi sayuran atau bumbu dapur(hehe kan bisa hemat juga ya).Wah kalo diSorowako bisa numbuh ya mb seperti seledri,coriander dkk.Beli bibitnya diACkah mb?Dulu sewaktu cerita ke suami(baca minta)dibelikan biji-bijian(basil dkk)suami bilang gini,ya ma diSorowako itu dataran tinggi paling ngak ya numbuh tanaman semacam itu(duhh buruk banget tuh IPSku mb)hahaha....yang ada kalo kita nanam belum tentu numbuh dimakan tikus iya...hhahaha....Sorowako dingin mirip Batu kah mb?O ya mb bayamnya mirip seperti bayam Jepang,horenso

Anonim mengatakan...

Wah, mbak...cantiknya tanaman-tanamannyanya....bisa subur dan ijo royo-royo begitu pasti mbak Hesti ini bertangan dingin:) Salam, Heni

Anonim mengatakan...

Waahhh rajin sekaliii mbakku yg satu iniii.. Ngiler dehh,coba d bali aku bisa kya gini,heheheh

Yulia - Bali

mama andayana mengatakan...

Satu kata mbak..SALUT!
Q jg suka brkebun tp cuma cabe dan sawi,itu aja udah seneeng banget waktu metik hasilnya he3..

mama andayana mengatakan...

Satu kata mbak..SALUT!
Q jg suka brkebun tp cuma cabe dan sawi,itu aja udah seneeng banget waktu metik hasilnya he3..

Rima Rahman mengatakan...

duuh mbak,,berkah banget punya tangan dingin seperti mbak,,selain pinter masak apik juga berkebun.
mbak bagi2 tips berkebun juga dong,,itu seledri pake media tanam apa?

Ririh YWidiastuti mengatakan...

Mbak seneng deh kalo ada cerita tentang sorowakonya selain tentang bakingnya. Bisa mengobati kangen buat orang yg sudah meninggalkan sorowako......

cosmiclove12 mengatakan...

wah, saya selalu pengen begini.. suatu saat pengen punya rumah yang sayurannya lengkap :D

Sashy mengatakan...

bener-bener menginspirasi mba Hesti, saya jadi semakin pengen bikin kebun sayur ,,,, makin ngk sabar nunggu pindahan rumah dan punya kebun sayur kayak mba Hesti ini ..keren

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah sehat mbakyu....
Iya mbak, alhamdulillah. Kadang bosan juga di dapur pelariannya ya berkebun itu.
Kalau tanah di Sorowako sini sebenarnya gak terlalu bagus mbak. Gak semua tanaman jg cocok karena tanahnya merah (tanah banyak mengandung nikel). Tapi allhamdulillah ada juga yg bisa tumbuh walaupun rada rada kerdil hehe. yang paling cocok di tanam di sini merica dan cokelat mbak.

Cuacanya dingin sekali juga nggak. Tapi di sini enggak ekstrim musimnya kayak di Makassar. Kalau di Makassar hujan terus...di sini enggak terlalu. kalau di Makassar lagi kemarau di sini masih hujan. Terutama malam suka hujan padahal siangnya panas terik.

Iya mbak bayamnya memang mirip horenso yaaa...

Hesti HH. mengatakan...

Makasiiiiiiih mbak Heni ^^

Hesti HH. mengatakan...

makasih mbak, yuk berkebun, bisa kok dgn halaman kecil ^^

Hesti HH. mengatakan...

Makasih mbak....beneeer asyik pas panen yaa ^^
Aku malah pengen nanam sawi cuman belum ketemu bibitnyaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Ini menghilangkan penat aja mbak. Memang dari kecil suka main tanah...cuma pas udah besar selain main tanah ada juga yang ditanem...hehe

Kalau seledri saya pake tanah, pasir, pupuk kandang, dan sekam bakar mbak...

Hesti HH. mengatakan...

Hehe iya mbak, insyaAllah rajin rajin posting Sorowako yaaa

Hesti HH. mengatakan...

Amiiiiiin mbak, aku doakan yaaaa

Hesti HH. mengatakan...

Semoga cepat terlaksana ya mbak Sashy...aku doakan. Biar bisa panen bersama ^^

Ayu mengatakan...

Mbak Hesti..

hidupnya kok perfect banget ssiiihhh.. hehe..lagi-lagi aku iri.. hehe

Rosemarynya gak tumbuh, itu maksudnya gimana mbak? Soalnya aku baru mau beli, denger2 di dekat rumah ada yang jual tanamannya.

Soalnya kalau masak ayam pakai rosemary enak banget. DI tempatku, antar supermarket harga rosemary bisa beda 4x lipat, jadi harus teliti

erlina damayanti mengatakan...

Kagum sama mba Hesti... Jago mask, berkebun..menginspirasi. Jangan-jangan kalau Hanif sudah besar ingin istrinya seperti bundanya

Anonim mengatakan...

yeeeeey...asyiiiik kita punya hobi yang sama mbak....uplek di dapur n berkebun hehehe...tapi kalo urusan dapurnya sih lebih jago mbak hesti. mbak beli bibit di ace hardware lewat online atau di dekat tempat mbak hesti ada tokonya?emma

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah mbak, kalo perfect kayaknya enggak mbak. Itu kelihatannya aja kalo di blog yg di posting kan cerita cerita menariknya saja,,hehe. Tapi alhamdulillah bersyukur banget udah dapat rezeki yg luar biasa.

Mungkin gak cocok mbak tanahnya soalnya saya beli benih biji...nggak mau keluar tunasnya >,<

Hesti HH. mengatakan...

Alhamdulillah, makasih apresiasinya mbak. Hihihi....ngga tau juga gimana Hanif kalo besar nanti, semoga dapat yg soleh mbak ^^

Hesti HH. mengatakan...

Tooossssss...seneng punya teman yg sehoby ^^

Kalo saya belinya di Ace Makassar mbak. Kalau kebetulan cuti ke sana baru beli. Di sini kota kecil nggak ada mall mbak >,<

Netty M Leo mengatakan...

Rajin memang ini Hesti... 2 jempol untuk supermon....

Hesti HH. mengatakan...

Eeeeeeeehhh ada Kak Netty *cipika cipiki*
Tengkiuuuu kakak Netty sayang, semoga bisa jadi supermom betulan ^^

Resna Nurhantika mengatakan...

salam kenal mbak udah lama suka contek resep dari blog mbak hesty
baru tahu mbak hesty suka berkebun juga
itu seledrinya nanam dari benih atau gmn mbak?

Hesti HH. mengatakan...

Salam kenal mbak Resna...

Alhamdulillah mbak, berkebun bisa mengusir kebosanan...sekalian cari keringat, hehe
Seledrinya dari benih biji mbak...beli di Ace Hardware kemasan sachet

peduli hijau mengatakan...

Selamat berkebun, aneka jenis tanaman merupakan sumber makanan sekaligus penghasilan, mari menjadi pebisnis perkayuan dan sekaligus peduli sama lingkungan, salam

Hesti HH. mengatakan...

Terima kasih "Peduli Hijau"

Anonim mengatakan...

Dear Mba Hesti, saya salah satu dari sekian banyak silent readermu. Assalamu'alaikum, mbak beli benih coriander di ACE juga kah? bikin dompet saya bolong kalau beli terus. Huhuhuuu..

Salam dari Yogya,
Cindera

Hesti HH. mengatakan...

Waalaikumsalam, makasih mbak udah jadi pembaca setia ^^

Iya mbak saya beli di ACE, kirain kayak gimana ternyata bibitnya itu ketumbar beneran yang kayak kita bisa buat bumbu dapur. masig dalam bentuk bulat utuh ^^

TaniOrganik.com mengatakan...

berkebun memang banyak manfaatnya dan sangat berkesan dalam hidup :)

Hesti HH. mengatakan...

Terimakasih TaniOrganic...

PSC Indonesia mengatakan...

sangat menarik, selain bisa mengisi waktu luang juga sangat bermanfaat untuk keluarga dan juga lingkungan

Jual Bibit Tanaman Buah, Bunga, dan Sayur
Telp. 0852 9208 8944
WA. 0856 4307 7157
BB. 7585807C
www.bibittanamansuper.com

ludfiansyah bandung mengatakan...

Terimakasih informasinya sangat bermanfaat ,saya suka artikelnya, ini bisa jadi alternatif untuk persiapan pensiun,pendidikan,dll :
Melipatgandakan asset cara aman terukur dengan berkebun jabon
http://i-gist-indonesia.blogspot.co.id/p/blog-page_9.html

Anonim mengatakan...

Gilaa, hebat sekali mbak hesti, dah rajin bikin kue, berkebun pula, ckckckk ga kebayang dimana tuh atur waktunya, kayanya aku urus anak 2 ajaaaaa, mau bikin kue tunggu 2-2nya bobo dulu hiikkss

Hesti HH. mengatakan...

Walah mba....atur waktunya kalau ngga lagi bikin kue saya berkebun atau sebaliknya. Saya ibu rumah yang kalau pagi ditinggal anak anak sekolah sampe jam 4 sore kesepian di rumah....wakakaka

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails